10 Makanan Teraneh yang Ada di Dunia, Salah satunya berasal dari Indonesia!

Jika harus menyebutkan jenis makanan, biasanya kita akan menjawab bakso, nasi goreng, nasi padang, mi ayam, dan lain sebagainya. Semua makanan tersebut merupakan makanan yang sering kita makan dan temui sehari-hari.

Namun, tahukah kamu bahwa di belahan dunia lain terdapat makanan yang unik dan cukup aneh bagi kita? Penasaran? Langsung saja kamu simak info tentang makanan unik dan aneh yang ada di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

10 Makanan Aneh di Dunia

 

1. Balut

qarao.com

 

Makanan pertama yang mungkin menurut kita aneh adalah balut. Balut merupakan salah satu makanan khas dari Asia Tenggara khususnya Filipina. Balut sendiri merupakan makanan yang terbuat dari telur bebek yang sudah terbentuk embrionya dan kemudian direbus.

Meskipun terdengar cukup menggelikan untuk memakannya, namun menurut orang setempat balut memiliki rasa yang lezat. Penasaran ingin mencobanya? Atau kamu malah geli membayangkannya? Jika kamu suatu saat berkunjung ke Filipina rasanya harus mencoba makanan ini.

2. Ikizikuri

en.wikipedia.com

 

Makanan aneh berikutnya adalah Ikizikuri. Ikizikuri merupakan makanan yang disantap dengan cara yang cukup brutal. Bahkan di negara Jerman dan Australia, makan Ikizikuri sudah tidak diperbolehkan.

Pelarangan tersebut tentu bukan tanpa alasan. Proses masak dan penyajian Ikizikuri dapat dikatakan cukup sadis. Mula-mula, pelanggan dapat memilih ikan langsung dari akuarium. Kemudian, si koki akan memotong daging ikan secara langsung tanpa membunuh si ikan terlebih dahulu.

Lebih mengerikannya lagi, ikan tersebut kemudian dihidangkan bersama dengan jantung yang masih berdetak. Duh, bukannya bikin laper malah jadi ngeri ya?

3. A Ping (Tarantula Goreng)

iyaa.com

 

Tarantula merupakan hewan yang dikenal memiliki racun yang mematikan. Namun, di tangan orang-orang Kamboja, tarantula justru menjadi salah satu hidangan yang dianggap lezat. Menyantap tarantula di Kamboja dimulai atau diawali karena musibah kelaparan pada saat zaman pemerintahan Khmer Merah.

Sejak saat itu, menu tarantula goreng menjadi populer dan menjadi jajanan dan makanan favorit masyarakat Kamboja. Bagaimana menurut kalian sob? Tertarik untuk mencobanya?

4. Mopane

travelnewsnamibia.com

 

Mopane merupakan makanan yang menjadi kesukaan jutaan orang di Afrika. Mopane sendiri merupakan jenis ulat yang biasa ditemukan di pohon Mopane. Ulat Mopane biasanya diolah untuk dijadikan camilan yang gurih dan renyah.

Mungkin bagi kita, menjadikan ulat sebagai camilan cukup menggelikan. Namun, bagi jutaan orang Afrika, ulat mopane menjadi sumber protein yang penting untuk kelangsungan hidup mereka.

5. Mata Tuna

kanal247.com

 

Makanan aneh selanjutnya adalah mata tuna. Makanan ini dapat kita jumpai jika kita pergi ke Jepang. Pada toko kelontong di Jepang banyak sekali menjual mata ikan Tuna. Mata ikan tuna ini menjadi favorit banyak masyarakat Jepang karena selain murah rasa dari mata ikan tuna juga lezat layaknya cumi-cumi.

6. Kopi Luwak

food.detik.com

 

Nah, makanan atau lebih tepatnya minuman aneh berikut ini merupakan khas Indonesia. Yap, apa lagi kalau bukan Kopi Luwak. Mengapa aneh? Tentu tidak lain karena kopi Luwak berasal dari biji kopi yang ada pada kotoran hewan Luwak.

Bagi sebagian orang, mungkin akan merasa geli atau jijik ketika mengetahui dari mana biji kopi Luwak diperoleh. Namun, soal rasa tentu tidak perlu kita ragukan lagi. Berbagai macam kalangan pecinta kopi baik dari dalam ataupun luar negeri sangat menyukai kopi yang satu ini.

7. Casu Marzu

pinterest.com

 

Makanan aneh selanjutnya adalah Casu Marzu. Makanan ini tepatnya berasal dari Sardinia. Makanan ini terbuat dari susu domba yang telah diolah menjadi keju. Nah, yang aneh pada makanan ini adalah adanya banyak larva yang hidup di olahan keju tersebut.

Meski larva ini hanya berukuran 8mm, namun tetap saja akan menimbulkan rasa geli dan aneh bagi siapa saja yang baru pertama kali mencobanya.

8. Udang Mabuk

kumparan.com

 

Yap, kamu tidak salah baca kok. Makanan aneh selanjutnya memang disebut dengan udang mabuk. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang cukup terkenal di beberapa daerah di China.

Udang mabuk merupakan makanan yang terbuat dari udang hidup yang direndam di minuman dengan kadar alkohol yang sangat tinggi. Oleh karena itulah, makanan ini disebut dengan udang mabuk.

9. Escamole

merdeka.com

 

Escamole merupakan makanan yang dibuat dari larva semut yang berasal dari tanaman agave. Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari negara Meksiko, Amerika Utara. Menurut masyarakat setempat, rasa dari larva semut ini seperti mentega dengan rasa yang agak pedas.

Baca juga : Kuliner indonesia ini sering diburu para pelancong

10. Hakarl

indozone.id

 

Makanan aneh yang terakhir ini berasal dari Islandia. Hakarl merupakan makanan yang terbuat dari daging hiu yang telah difermentasi. Makanan ini dikenal sebagai makanan dengan aroma terbusuk yang ada di dunia.

Bahkan, banyak orang yang mengatakan bahwa Hakarl ini merupakan makanan yang paling mengerikan dan menjijikkan yang ada di dunia. Tertarik mencobanya sob? Hehe

Itulah tadi beberapa makanan yang dianggap aneh di dunia. Jika kamu tertarik untuk mencoba dan merasakan makanan tersebut, langsung saja datang ke negara tersebut. Mungkin memang makanan tersebut terdengar menggelikan dan aneh, tetapi itu semua merupakan salah satu contoh keindahan dalam keberagaman kehidupan manusia di dunia.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Just write, no matter what

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah