10 Tips Menghindari Tersambar Petir Pada Saat Hujan Deras Melanda

Musim hujan baru saja tiba, kita sebagai makhluk Tuhan yang baik harus bersyukur atas hal tersebut. Berbagai manfaat hujan dapat dirasakan oleh semua makhluk yang ada di bumi. Namun, dibalik semua itu terdapat sesuatu yang harus diwaspadai pada saat musim hujan tiba.

 

petir

 

Hal tersebut adalah petir. Petir sendiri merupakan sebuah kejadian alam yang terjadi akibat perbedaan potensial dari permukaan bumi dengan awan yang ada di langit.

Datangnya petir pada saat hujan memang merupakan perilaku alami yang wajar, namun kita harus waspada karena petir dapat menyambar apa yang ada di permukaan bumi. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ada tips yang dapat dilakukan ketika petir sedang menyambar.

Tips Menghindari Sambaran Petir

 

1. Masuk Ke Dalam Rumah

Tips yang pertama adalah masuk ke dalam rumah. Pada saat suara gemuruh petir terdengar sangat besar, Anda dapat masuk ke dalam rumah. Namun jika Anda berada cukup jauh dari rumah, Anda dapat masuk ke dalam alat transportasi seperti bus ataupun mobil.

Agar aman, sebaiknya Anda pastikan semua kaca dan pintu mobil tertutup dengan rapat. Hal ini untuk menghindari adanya pantulan energi yang disebabkan oleh petir ketika menyambar.

2. Hindari Berlindung di Bawah Pohon

Pada saat hujan deras dan petir melanda, usahakan jangan pernah sekali-kali berlindung di bawah pohon. Hal tersebut karena pohon merupakan tanaman yang tinggi sehingga berpeluang besar untuk menerima sambaran petir.

Namun jika Anda terpaksa harus berteduh di pohon, pilihlah pohon yang tidak terlalu tinggi dibandingkan pohon yang lain. Selain itu, Anda juga harus menjaga jarak dari pohon tertinggi yang ada di sekitar untuk menghindari dampak pelepasan energi pada saat petir menyambar.

3. Menghindari Tempat Berair

Pada saat hujan petir terjadi, jangan sekali-kali Anda mencoba untuk berenang. Hal tersebut karena air merupakan salah satu benda yang dapat menghantarkan listrik. Untuk itu, apabila hujan dan petir terjadi pada saat berenang, lebih baik segera menepi dan berlindung di dalam rumah.

4. Melepas Kabel Telepon Rumah

Bagi Anda yang memiliki telepon kabel, lebih baik segera melepasnya. Hal tersebut dikarenakan petir cenderung akan menyambar benda yang terbuat dari logam. Untuk keamanan, sementara waktu Anda tidak perlu menggunakan telepon tersebut sampai hujan reda.

5. Hindari Menyalakan Barang Elektronik

Benda-benda elektronik juga mampu untuk menarik petir untuk menyambar. Oleh karena itu, Anda dapat mematikan untuk sementara waktu barang elektronik seperti TV, radio komunikasi, dan alat elektronik lainnya sampai hujan dan petir mereda.

Meski tidak terkena sambaran petir secara langsung, barang elektronik tersebut tetap dapat menimbulkan dan memantulkan energi listrik dari petir yang dapat membahayakan kita.

6. Mengatur Jarak

Apabila Anda sedang dalam keadaan berkelompok pada saat hujan petir melanda, ada baiknya bagi kalian untuk memberikan jarak atau berpencar. Hal itu karena berkumpul pada saat hujan petir dapat memancing petir untuk menyalurkan energinya.

Apabila memungkinkan, sebaiknya Anda dan teman-teman segera mencari tempat berteduh yang aman seperti warung makan, toko, dan lain sebagainya.

7. Menggunakan Alas

Pada saat hujan dan petir besar melanda, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan alas kaki. Selain air, tanah juga merupakan media yang dapat menghantar listrik dari sambaran petir. Untuk itu, gunakan alas kaki yang terbuat dari bahan karet untuk meredam aliran listrik.

8. Menghindar Dari Tanah Lapang

Apabila Anda sedang dalam perjalanan, usahakan untuk menghindari jalan atau tempat yang lapang seperti taman, lapangan, dan lain sebagainya. Hal tersebut karena petir memiliki sifat menyambar benda apapun yang paling tinggi di suatu area.

Nah, apabila Anda berada di lapangan atau taman, otomatis Anda lah objek tertinggi yang ada di situ. Tentu hal tersebut akan membuat Anda berada dalam keadaan yang berbahaya.

Namun apabila Anda benar-benar terpaksa dan terjebak di tanah lapang saat hujan petir, Anda dapat mengambil dataran rendah dan jongkok dengan kepala merunduk. Hal ini dipercaya dapat melindungi dari dampak sambaran penting.

9. Hindari Menggunakan Aksesoris dari Logam

Sambaran petir tidak hanya mampu memberikan efek ke area yang tersambar, tetapi juga pada daerah sekitar terjadinya sambaran. Salah satu cara untuk menghindari efek sambaran petir tersebut, Anda dapat melepaskan segala aksesoris logam dari tubuh.

Hal tersebut karena pantulan energi sambaran petir dapat merambat melalui benda yang terbuat dari logam. Jadi, jika sobat kebetulan mengenakan benda logam pada saat petir menyambar pada jarak yang lumayan dekat, Anda dapat merasakan energi listriknya.

10. Hindari Berteduh Tiang Pemancar

Sama halnya berlindung di pohon tinggi, Anda juga tidak disarankan untuk berteduh pada tiang pemancar yang tinggi seperti sutet, tiang telepon, ataupun sejenisnya.

Hal tersebut karena tiang-tiang tersebut merupakan sasaran empuk bagi petir untuk menyalurkan energi negatifnya ke bumi. Untuk itu, sangat disarankan bagi sobat yang berada di luar untuk berlindung ke dalam bangunan seperti rumah.

Baca juga : Cara mengatasi kecanduan handphone atau gadget di usia dini

 

Dampak Sambaran Petir Pada Manusia

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, petir merupakan suatu elemen yang terdiri dari arus listrik yang sangat kuat. Hal tersebut tentu dapat memberikan dampak atau efek yang dahsyat bagi apapun yang disambarnya.

Apabila menyambar manusia, petir dapat menyebabkan seseorang mengalami kerusakan saraf, kerusakan indra pendengaran dan penglihatan, lumpuh, serangan jantung, dan yang paling parah adalah kematian. Untuk itu, memasuki musim penghujan, kita harus lebih waspada dan berhati-hati lagi ketika hujan dan petir melanda.

Itulah tadi beberapa tips yang Anda dapat terapkan ketika terjadi hujan petir. Dari semua tips tersebut, berada di dalam rumah merupakan langkah yang paling aman dan tepat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dari terjadinya hujan petir. Jadi, bila keadaan di luar sedang hujan deras disertai petir, lebih baik sobat berdiam diri di rumah sampai hujan mereda. 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Just write, no matter what

Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu