11 Manfaat Putih Telur untuk Wajah Sebagai Masker Alami

Masker telur biasanya dibuat dari bagian putihnya saja. Manfaat putih telur untuk wajah pakai masker ini bisa langsung dirasakan atau dicampur dulu dengan bahan lain seperti lemon, jeruk nipis, atau yang lainnya.

Telur mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Sementara protein memiliki fungsi yang bagus untuk tubuh dan kulit.

Secara umum, Anda bisa mendapatkan manfaat masker putih telur dengan memisahkan putih dengan kuning telur. Kemudian mengocok bagian putih sampai berbusa. Selanjutnya, Anda bisa mengoleskan masker ini langsung ke wajah untuk merasakan khasiat masker telur untuk kecantikan.

Setelah diaplikasikan, diamkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bersihkan atau bilas masker menggunakan air yang hangat.

Jika Anda mau mencerahkan kulit dengan masker telur, maka tambahkanlah perasan lemon ke dalam masker. Baru kemudian diaplikasikan ke wajah.

Itulah cara umum yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat masker putih telur. Anda bisa membuat masker alami untuk wajah yang berbahan dasar cairan bening dalam telur untuk tujuan-tujuan tertentu. Apa saja? Keep scrolling untuk tahu jawabannya.

11 Khasiat dan manfaat putih telur untuk wajah sebagai masker muka alami

Manfaat masker putih telur

Ada dua bagian telur, yakni kuning dan putih. Si putih merupakan bagian yang juga disebut dengan albumen yaitu cairan bening yang ada di dalam telur.

Pada ayam, bagian yang putih terbentuk di sekitar kuning telur. Tugas utamanya adalah melindungi kuning telur. Selain itu, ia juga memberikan nutrisi tepat untuk pertumbuhan embrio.

Kandungan putih telur sebagian besar adalah air, yakni sebanyak 90%. Sementara 10% sisanya adalah protein yang dilarutkan.

Berikut adalah beberapa jenis protein yang ditemukan dalam kandungan putih telur:

  1. Albumin
  2. Globulin
  3. Mucoprotein
  4. Ovalbumin

Ovalbumin sendiri merupakan protein utama dalam cairan bening telur. Jumlahnya sekitar 55% dari total protein yang ada.

Sementara itu, kuning telur lebih banyak mengandung lemak sedangkan putihnya telur hampir tak mengandung lemak. Karbohidrat di dalamnya adalah sekitar 1 %.

Berikut ini adalah beberapa khasiat masker muka alami dengan bahan telur:

1. Masker putih telur untuk mengencangkan kulit

Saat menggunakan masker putih telur, Anda akan merasakan wajah Anda kencang. Bahkan hanya beberapa menit setelah masker diaplikasikan ke wajah. Efek kencang ini biasanya bertahan hingga 1 jam setelah Anda membilas masker.

Masker ini bisa mengencangkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati tepat pada saat dibilas.

2. Manfaat masker putih telur untuk menyerap minyak

Selain mengencangkan pori-pori, telur juga bisa menyerap minyak yang ada di kulit. Untuk mendapatkan manfaat putih telur untuk wajah satu ini, Anda bisa mengombinasikannya dengan bahan lain seperti masker putih telur dan madu atau oatmeal.

Dengan mencampurkan ketiganya, maka manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah kulit kencang, sel kulit mati yang terkelupas tapi tak sakit, dan kulit yang bersih.

3. Menghilangkan komedo putih

Ada dua jenis komedo, hitam dan putih. Komedo putih merupakan jenis komedo yang cukup sulit untuk diangkat. Komedo ini diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit wajah. Kabar baiknya, Anda bisa membersihkan komedo ini dengan masker muka alami dari bagian putih dari telur.

Caranya adalah dengan membuat masker berbahan dasar telur dan lemon. Manfaat lemon untuk mengangkat komedo, sementara putihnya telur akan menyehatkan dan menyembuhkan kulit yang rentan iritasi setelah dibersihkan komedonya.

4. Meningkatkan hidrasi kulit

Salah satu manfaat masker putih telur adalah menghidrasi kulit. Protein yang ada di dalamnya bisa berfungsi sebagai humektan.

Humektan adalah zat higroskopis yang memiliki struktur molekul dengan beberapa gugus hidrofilik. Misalnya gugus amina dan atau hidroksil (OH).

Humektan memperlambat air agar tidak menguap dan bisa menjaga kulit supaya tetap terhidrasi.

5. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Manfaat putih telur untuk wajah berjerawat

Manfaat masker putih telur lainnya adalah untuk menghambat aktivitas bakteri. Dengan kandungan protein lisozim, ia bisa bersifat sebagai antibakteri yang hebat.

Lisozim memiliki kemampuan untuk memecah dinding bakteri, salah satunya adalah bakteri P. Acnes yang bisa menyebabkan jerawat. Dengan protein inilah masker telur bisa memberikan manfaat pencegahan dan penyembuhan pada jerawat.

6. Revitalisasi kuku

Selain sebagai masker alami untuk wajah, Anda juga bisa memanfaatkan telur untuk merevitalisasi kuku.

Artinya, Anda bisa menguatkan kuku yang rapuh namun tetap lembut. Untuk merasakan manfaat ini, Anda bisa ambil bagian kuning telurnya.

Kemudian campurkan dengan sedikit susu. Jika sudah tercampur, celupkan kuku ke dalamnya selama 10 menit.

Selain bisa mencegah kuku yang retak, cara ini bisa meningkatkan pertumbuhan kuku dan mencegah kuku terkelupas.

7. Perawatan mata

Lingkaran hitam di bawah mata bisa dihilangkan menggunakan putihnya telur, lho!

Siapkan bagian putih dari telur, kemudian oleskan di bagian bawah mata. Diamkan sampai kering masker alami untuk wajah ini. Baru bilas menggunakan air dingin.

8. Masker alami untuk wajah berkulit kering

Masker telur dan madu untuk kulit kering

Jika Anda memiliki kulit kering dan ingin membuat masker telur, maka yang paling cocok digunakan adalah bagian kuningnya.

Campurkan kuning telur dengan minyak almond 2 tetes dan 1 sdm madu. Campur hingga rata kemudian oleskan di wajah.

Diamkan 20 menit atau sampai mengering. Selanjutnya Anda bisa membersihkannya menggunakan air hangat.

9. Masker telur untuk kulit berminyak

Manfaat masker telur untuk kulit berminyak bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan telur dan oatmeal.

Oleskan ke wajah sambil digosok secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan. Untuk hasil optimal, pakai masker sebanyak dua kali dalam 1 minggu.

10. Mencerahkan kulit

Bagian putih dari telur mengandung lebih banyak protein ketimbang kuning telurnya. Dengan kandungan ini, Anda bisa mendapatkan manfaat kulit yang lebih cerah dan kencang.

Anda bisa mencampurkannya dengan parutan bengkoang dan wortel untuk mendapatkan manfaat ini.

11. Menghaluskan kulit

Kandungan putih telur kaya akan riboflavin dan kolagen. Keduanya sangat baik dalam memberikan manfaat halus karena bisa menghilang kerutan dan garis halus.

Di samping itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa menghindarkan kulit dari radikal bebas. Juga menyehatkan kulit, mengangkat kulit mati, dan tetap kenyal saat disentuh.

Anda bisa membuat masker yang berasal dari bagian putihnya telur, lemon atau ekstrak vitamin C. Masker campuran lemon dan putihnya telur ini bisa menyehatkan kulit karena nutrisinya terpenuhi.

Masker alami ini pada dasarnya aman digunakan. Tapi jika Anda memiliki alergi, sebaiknya perhatikan dengan seksama saat menggunakan maskernya.

Sebab faktanya, beberapa orang memiliki alergi telur dan ketika mengonsumsi telur mereka merasa gatal.

Riwayat alergi semacam ini bisa menjadi catatan penting buat Anda saat hendak melakukan perawatan tertentu.

Namun demikian, karena manfaat masker telur yang cukup banyak, Anda perlu mencobanya sesekali. Kalau pun memang alergi. Toh ini pemakaian luar.

Baca juga : Jangan terkejut! perubahan sikap wanita hamil wajib diketahui calon papa muda

Dengan masker ini, Anda bisa menghemat banyak sekali uang yang biasanya habis untuk membeli krim wajah atau perawatan facial di salon.

Saat memakai masker Anda juga masih bisa multitasking mengerjakan pekerjaan rumah dengan lebih nyaman.

Sudah tidak perlu antre, Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa membuat masker telur dengan bahan-bahan lain. Misalnya yogurt.

Pastikan Anda memilih manfaat putih telur untuk wajah yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit ya?

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Seorang introvert yang ingin menjadi blogger tapi jarang menulis.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah