22 Cara Mengatasi Efek Patah Hati

Orang pacaran maunya tentu saja ingin terus langgeng, lalu berlanjut ke pelaminan. Setelah ke pelaminan, inginnya terus bersatu dalam suka duka sampai ajal memisahkan mereka. Itu tekad bulat sepasang kekasih yang sedang menjalin hubungan cinta.

Namun semudah itukah untuk mencapainya? Tidak, Ferguso, tak semudah itu! Banyak onak berduri, aral melintang, atau pun halang menghadang hubungan antara dua insan yang menjalin hubungan asmara. Karena sesuatu, yang tidak sesuai dengan pemikiran kedua insan, maka terjadilah putus hubungan cinta. Lalu apa yang terjadi? Patah hati!

Efek Patah Hati(brilio.net)

 

Patah hati itu menimbulkan sakit hati. Sakit hati sakitnya menyayat-nyayat sakit sekali. Saya pernah merasakan, duluuu….! Kamu, para pembaca yang budiman, sebaiknya jangan sampai merasakannya deh. Bagaimana caranya agar tidak sampai merasakan patah hati?

Gampang. Tidak pacaran. Betul, kalau tidak pacaran, tidak menjalin hubungan cinta, maka tidak akan beresiko putus cinta yang bisa berefek patah hati. Namun, hidup ini warna-warni. Kalau tidak ada hubungan asmara, maka dunia akan sepi. Sepi sekali dari kisah-kisah yang menginspirasi.

Kalau kamu menjalin hubungan cinta, lalu putus di tengah jalan, kamu tidak lepas dari apa yang disebut patah hati. Patah hati tentu ada efeknya. Efek dari patah hati itu biasanya tidak baik, kurang baik. Tidak baik bagi kesehatan fisik, kurang baik bagi kesehatan jiwa. Maka dari itu, gunakan jurus-jurus berikut untuk menangkal dan menaggulangi efek patah hati.

 

1.   Berani menghadapi kenyataan

Orang yang paling kuat bukan ditunjukkan kekekaran ototnya. Orang kuat bisa dilihat dari kekuatannya dalam menghadapi kenyataan. Begitu juga ketika dirinya patah hati, maka kuat atau tidaknya bisa dilihat di situ. Kalau dia sosok yang kuat mentalnya, maka bisa menghadapi kenyataan.

Kenyataan bahwa dirinya putus cinta dengan orang yang pernah dikasihinya, tidak bisa ditolak. Manakala sang kekasih memutus cinta, entah apa pun alasannya, tetap harus diterima. Tidak ada guna bicara benar atau salah. Benar atau salah, tetap saja putus cinta.

Tidak perlu patah hati. Tidak ada gunanya patah hati. Hadapi semuanya dengan hati tegar sekuat baja. Cinta tidak harus memiliki, cinta bukan berarti akan memiliki orang yang dicintai.

 

2.   Jangan bersikap cengeng

Entah kamu cewek atau cowok, tidak ada manfaatnya meratapi kenyataan, bahwa diri kamu dan dirinya telah putus cinta. kalian sudah tidak pacaran lagi, untuk apa ditangisi? Kalau ditangisi dan diratapi, lantas bisa mbalik lagi? Tidak kan?

Ketika putus cinta tidak boleh nangis? Boleh, tapi jangan sampai ketahuan banyak orang. Selain malu,itu adalah cengeng. Tetap tegas di hadapan banyak orang, lebih-lebih di hadapan mantanmu itu.

Intinya, jangan cengeng. Tetap terlihat bahagia, dan akan benar-benar bahagia setelah waktu sedih berlalu.

 

3.   Meminta masukan dari orang yang mumpuni

Beberapa detik setelah kamu putus cinta, segera berpikir untuk cari orang yang bisa dijadikan tempat untuk curhat. Dia benar-benar harus orang yang mumpuni, artinya mampu memberikan solusi terbaik bagimu. Siapa orang itu?

Terserah kamu karena hanya kamu yang tahu siapa yang terbaik untuk memberi jalan keluar atas masalah yang kamu hadapi. Orang yang mumpuni itu bisa ibumu, ayahmu, kakakmu, adikmu, pamanmu, bibimu, sahabatmu, atau siapa saja, terserah keinginanmu.

Dengan adanya masukan dari orang yang mumpuni, kamu bisa mendapatkan solusi, jalan keluar, saran, kata-kata penghibur, atau apa saja yang bisa membuat hatimu lega, meskipun itu hanya sebentar atau baru sementara.

 

4.   Ngobrol dengan sahabat yang bisa dipercaya

Ini penting sekali dilakukan. Ngobrol-ngobrol dengan sahabat yang benar-benar bisa dipercaya akan membuat hati terasa lega. Bukan hanya lega dalam jangka singkat, tapi bisa jangka lama.

Seorang sahabat bisa menyimpan rahasiamu. Dia bisa membuatmu tenang, lega, aman, dan terlindungi. Beda kalau saat sedang galau diketahui teman yang reseh, bisa tambah runyam!

 

5.   Buang kenangan bersama mantan

Kenangan indah bersama mantan, untuk sementara, atau sesaat setelah putus, segera buang jauh-jauh dari ingatan. Tidak ada manfaat memelihara kenangan bersama mantan karena akan membuat hati resah, jiwa seperti terjerat.

Terjerat apa? Ya terjerat kenangan yang dulunya terasa indah saat menjalani. Namun setelah putus, justru kenangan itu akan menjadi semacam kue basi yang mesti ditelan kembali. Tidak enak kan?

 

6.   Hindari tempat-tempat yang mengingatkan mantan

Taman hiburan, mall, atau tempat-tempat lain yang paling menoreh kenangan indah bersama mantan, dihindari untuk sementara waktu. Kenapa? Untuk mengobati luka batin.

 

7.   Singkirkan segala benda yang ada hubungannya dengan mantan

Benda-benda yang ada hubungannya dengan mantan, sebaiknya disingkirkan dari pandangan mata. Kenapa? Karena bisa membuatmu selalu teringat mantan. Terserah mau diapakan. Mau diberikan orang lain yang tidak dikenal, silakan! Atau bisa juga dijual ke loakan, lalu uangnya untuk makan-makan!

 

8.   Berpikir lebih dewasa

Ini penting sekali. Kalau kamu bisa berpikir dewasa, maka kamu bisa tenang menghadapi kenyataan. Orang dewasa secepatnya melupakan mantan begitu dirinya putus hubungan cinta. Tidak ada gunanya meratapi hubungan yang sudah tidak harmonis. Hubungan yang tidak nyaman, kalau dilanjutkan malah akan menyiksa hati.

 

9.   Jangan bertindak emosional

Orang yang putus cinta, lalu patah hati, kebanyakan melakukan tindakan konyol karena terbawa emosi. Itu yang disebut tindakan emosional. Mabuk, ngamuk, membuat kerusakan dalam bentuk apa saja untuk melampiaskan sakit hati adalah tindakan bodoh. Hindarilah tindakan seperti ini kalau masih ingin disebut manusia waras.

 

10.        Melakukan olahraga yang disenangi

Setiap orang tentu pernah berolahraga, entah suka atau tidak suka. Kalau suka olahraga, misalnya lari, maka larilah. Kalau suka renang, maka renanglah. Apapun olahraga yang kamu suka, lakukanlah untuk menangkal efek patah hatimu.

Kalau kamu tidak suka olahraga, lakukan olahraga apa pun yang pernah dilakukan. Misalnya jalan cepat, lompat jauh, atau bisa juga catur. Lakukan olahraga apa saja meskioun tidak kamu suka demi melupakan kesedihan akibat patah hati.

 

11.        Menyanyikan lagu-lagu riang

Kalau kamu berbakat menyanyi, itu kebetulan. Kebetulan yang menyenangkan. Saat patah hati, bisa ditangkal dengan menyanyikan lagu-lagu merdu yang mendayu. Hati menjadi senang, terhibur, dan syahdu, serta kesedihan pun berlalu.

Bila kamu tidak suka menyanyi, bernyanyilah lagu apa saja yang kamu sukai. Yang penting hatimu gembira agar dukamu cepat terlupa.

 

12.        Berteriak keras sekali

Nah, berteriak sekeras-kerasnya bisa mengurangi penderitaan batin apa saja, termasuk karena efek patah hati. Namun, jangan sembarangan berteriak! Harus tahu tempat dan situasi yang tepat. Kamu bisa berteriak di lembah yang sunyi, di pantai yang sepi, atau di tepi sungai yang tidak ada penghuni. Bisa juga kamu berteriak di keramaian pentas musik yang hingar bingar.

 

13.        Mencoba kuliner yang belum pernah dicicipi

Kuliner, makan-makan, makan di rumah makan atau warung, atau tempat makan apa saja itu perlu kamu lakukan saat frustrasi. Itu bisa menangkal efek patah hati. Itu kesenangan yang bisa melupakan kesedihanmu. Apalagi kalau kamu makan menu dari kuliner yang belum pernah dimakan, tentu tambah nikmat sekali.

 

14.        Berlibur ke lokasi yang belum pernah didatangi

Pada saat suntuk karena habis diputus kekasih, larilah ke tempat wisata yang belum pernah kamu kunjungi. Dijamin kamu akan cepat melupakan mantanmu.

 

15.        Menambah Pergaulan

Bergaulah seluas-luasnya agar bisa cepat melupakan mantanmu. Dengan menambah teman baru, maka wawasanmu akan makin bertambah. Pengetahuanmu bisa bertambah, dan tentu saja mantan bisa segera terlupakan.

 

16.        Lebih rajin beribadah

Kamu lebih baik rajin beribadah dari sebelumnya saat sedih akibat patah hati. Kamu mendekatkan diri pada Tuhan agar menjadi tenang jiwamu, sehingga bisa melupakan mantanmu.

 

17.        Putus kontak sampai waktu tak terbatas

Nomor HP, telepon, WA, FB, atau pun jalinan medsos lain yang ada hubungannya dengan mantan, kamu putus semua. Kamu akan cepat sembuh darisakit hati karena efek patah hati kalau bisa putus komunikasi dengan mantanmu, meskipun hanya untuk sementara waktu. Soal kelak kalau waktu sudah berlalu ingin menjalin hubungan kekerabatan sebagai sesama manusia, itu urusan nanti.

 

18.        Menyibukkan diri dengan kegiatan positif

Kegiatan positif itu banyak sekali. Kerja bakti, membantu orang tua, menolon sahabat, ikut ronda kampung, atau apa sajalah yang penting positif, bisa kamu lakukan untuk menangkal efek patah hati. Namanya saja kegiatan positif, maka efeknya juga positif bagi kesehatan jiwamu.

 

19.        Menuliskan ungkapan hati untuk diri sendiri

Tulis perasaan hatimu di buku harian, atau secaris kertas, atau satu buku tebal, terserah kamu. Intinya, hal itu itu bisa mengurangi derita batin akibat ditinggal mantan.

 

20.        Menekuni hobi yang menguntungkan

Hobi atau kegemaranmu bisa kamu tekuni lebih intens. Siapa tahu di balik isengmu saat menangkal efek patah hati, kamu bisa membuat karya spektakuler dari hobimu.

 

21.        Tidak perlu menghadiri pernikahan mantan

Saat mantanmu menikah duluan, tidak usah datang. Meskipun orang sekampung menyarankan kamu untuk hadir, kamu tidak perlu hadir. Sekuat apa pun kamu, kamu tetap akan terlihat culun kalau hadir karena kamu tetap akan dianggap orang kalah. Hal itu bisa membuatmu lebih sakit hati. Paham?

Baca juga : Cara untuk meraih sang pujaan hati

 

22.        Mencari pengganti yang lebih baik

Ini yang terpenting. Kalau bisa, secepat-cepatnya cari pengganti. Mungkin ada kekurangan, bisa juga malah banyak kelebihannya dibandingkan sang mantan. Kalau kamu sudah menemukan pengganti yang baru, otomatis kamu tidak patah hati lagi. Kamu sudah berbinar gembira, kamu sudah bahagia.

*****

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Penulis fiksi dan nonfiksi.

Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu