3 Tips Untuk Menunda Menopause Pada Wanita

Sumber: Sini

Untuk wanita di seluruh dunia mau tidak mau  pasti akan menghadapi yang namanya menopause. Hal ini seolah menjadi momok yang mengerikan bagi wanita. Bayangan  tidak bisa lagi jadi wanita seutuhnya akan terbersit setiap kali mendengar kata menopause. Pengertian menopause adalah keadaan tidak adanya periode menstruasi selama 12 bulan.

Menopause sendiri terjadi saat wanita menginjak usia 50 tahun, tetapi tidak sedikit juga ada yang mengalaminya ketika usia baru 40 tahun. Faktor yang menyebabkan menopause dini antara lain akibat terpapar oleh radiasi, mengonsumsi alkohol, rokok, makanan yang tidak sehat seperti junk food. 

Gejala yang dialami oleh wanita saat menopause adalah, mengalami insomnia, mood swings atau berubah-ubah, jantung berdebar kencang, mudah lelah, cepat marah, depresi, sakit kepala/migrain, merasa sakit pada otot dan persendian, sering buang air kecil/frekuensi urinasi meningkat dan masalah kontrol pada kandung kemih, libido menurun, vagina kering dan kurang elastis akibat penipisan jaringan vulva, vaginal dan serviks. 

Berikut ini tips untuk menunda agar menopause tidak datang secara dini :

1. Rutin mengonsumsi madu.

Sumber: Sini

Kandungan pada madu dipercaya bisa menunda menopause. Madu pun memiliki rasa yang enak jadi bisa rutin diminum setiap hari. Madu diketahui mengandung banyak zat yang baik bagi kesehatan tubuh misalnya  protein, asam lemak esensial, asam amino, vitamin B kompleks, enzim dan mineral yang sangat bagus apabila dikonsumsi untuk para wanita.

Kandungan yang ada dalam madu tersebut berkhasiat untuk proses regenerasi sel, memperbaiki proses reproduksi wanita, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan otak dan mencegah osteoporosis yang rentan di alami oleh wanita di usia paruh baya. Mengonsumsi madu pun juga bisa menghambat penuaan atau tetap awet muda. 

2. Menghindari untuk mengonsumsi alkohol, minuman soda dan kafein.

Sumber: Sini

Membatasi minum kafein konon dipercaya dapat menghilangkan beberapa gejala fisik yang tidak menyenangkan ketika memasuki fase menopause. Anda bisa mengganti minuman yang lebih sehat misalnya susu dan yoghurt serta keju. Berkurangnya kadar kafein dalam tubuh Anda (wanita) maka sistem metabolisme tubuh akan berjalan lebih baik dan seimbang. Memang tidak bisa dipungkiri cukup sulit atau tidak mudah untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Namun, Anda harus berpikir jangka panjang untuk menunda masa menopause itu datang. 

3. Menggunakan bahan alami misalnya daun kemangi untuk menunda menopause.

Sumber: Sini

Bagi Anda yang belum tahu bahwa daun kemangi itu mengandung banyak manfaat dan khasiat. Dalam satu tangkai daun kemangi mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk merangsang produksi hormon estrogen dan androgen. Daun kemangi juga banyak mengandung senyawa boron, anetol dan zat stigmaasterol yang dapat merangsang pembentukan sel telur dan zat triptofan yang mampu menunda datangnya menopause pada wanita. 

Sumber: 

Sini

 

 

 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Tya
Tya

Menulis untuk mengingat.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah