5 Alasan Kenapa Kamu Harus Suka Sejarah!

Sejarah?? Penting?? Ngapain juga kita mikirin sesuatu yang udah terjadi, mending kita move on. Kata-kata tersebut seakan-akan telah menjadi stereotip bagi orang-orang yang benci sejarah. Ada yang bilang "yaudah sih yang udah terjadi ya biarin aja terjadi ya gak usah diungkit-ungkit lagi". Ada juga yang bilang "sejarah itu susah banyak ngafalin tahun dan tokoh-tokoh berpengaruh".

Ya, hal itu memang ada benarnya, tetapi bukan berarti kita tidak perlu mempelajari sejarah. Lalu apa pentingnya sejarah? Dan mengapa kita harus suka sejarah? Kita akan membahasnya namun sebelum itu, kita harus tau apa sebenarnya pengertian dari sejarah sendiri. Ada banyak sekali pengertian sejarah menurut beberapa sumber tapi menurut saya, sejarah adalah kejadian dan peristiwa penting yang terjadi di masa lampau entah itu berupa penemuan, peperangan, dan lain-lain. Sebenarnya, perspektif sejarah bagi setiap orang itu berbeda-beda.

Sesuatu bisa dikatakan sejarah apabila peristiwa itu dianggap penting oleh pihak yang mengalami kejadian itu. Sebagai contoh yaitu perang kemerdekaan Indonesia. Itu adalah sejarah bagi Indonesia karena itu adalah peristiwa penting tentang bagaimana kita merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Lalu ada lagi yaitu perang dunia. Itu merupakan sejarah bagi seluruh dunia karena itu merupakan kejadian yang sangat penting tentang konflik paling berdarah di seluruh dunia yang pasti tidak dapat dilupakan. Nah kali ini kita akan membahas kenapa kalian harus suka dengan sejarah.

 

1. Sejarah Itu SERU!!!

Ya sejarah itu sebenarnya sangat seru untuk dipelajari. Bagi kalian yang tidak suka dengan sejarah hanya karena harus banyak menghafal tahun kejadian ataupun tokoh-tokoh sejarah berarti kalian belum bisa menikmati sejarah. Buatlah belajar sejarah seperti membaca cerita-cerita karena banyak sekali cerita yang seru untuk diikuti di dalamnya. Contohnya seperti bagaimana Genghis Khan menyatukan Bangsa Mongol hingga bisa menancapkan kekuasaannya sampai hampir seperlima bumi, bagaimana Mahatma Gandhi memperjuangkan kemerdekaan India, dan bagaimana Kekaisaran Jepang bisa mengembangkan teknologinya denhan sangat pesat dalam waktu kurang dari 100 tahun setelah Restorasi Meiji.

 

2. Kita Bisa Belajar Dari Kesalahan Di Masa Lalu

Semua manusia yang diciptakan di muka bumi ini pasti tidak luput dari kesalahan maka, ada baiknya kita belajar dari kesalahan itu. Jika kita lihat dari point 1 mungkin memang seru untuk membaca sejarah mengenai peperangan-peperangan di masa lalu. Namun,  kita semua pasti tidak menginginkan adanya perang. Jadi kita bisa belajar apa yang membuat perang itu bisa terjadi agar tidak terjadi perang yang serupa/lebih besar di masa depan. Waktu memang tidak dapat diputar, tetapi kita bisa belajar dari masa lalu untuk mencegah kesalahan yang sama di masa depan.

 

3. Sejarah Mengajarkan Kita Tentang Apresiasi

Dalam sejarah kita pasti menemukan banyak sekali tokoh-tokoh penting dan berpengaruh di dunia. Kita diajarkan untuk menghargai dan mengapresiasi jasa-jasa dari tokoh-tokoh itu. Memang itu menjadi hambatan untuk tidak menyukai sejarah bagi beberapa orang tapi memang itulah tugas kita untuk mengenang jasa mereka. Pasti ada beberapa kejadian di masa lalu yang memiliki dampak baik buat kita sekarang dan itu disebabkan oleh suatu tokoh. Dan kalau tokoh itu tidak ada mungkin nasib kita akan berbeda sekarang atau bahkan kita tidak akan terlahir di dunia ini sama sekali. Sebut saja Soekarno dan Mohammad Hatta. Tanpa ada mereka, mungkin Indonesia tidak akan meraih kemerdekaannya dan nasib kita sekarang pun akan berbeda.

 

4. Sejarah Adalah Akar Dari Semua Ilmu Pengetahuan

 

Ada banyak sekali macam ilmu pengetahuan di dunia ini seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Filsafat, dan masih banyak lagi. Untuk mempelajari ilmu pengetahuan tersebut, kita harus mempelajari apa hakikat ilmu tersebut dan bagaimana ilmu tersebut tercipta. Contoh pada pelajaran kimia, saat kita belajar tentang atom kita akan diajarkan terlebih dahulu bagaimana asal-usul atom ditemukan dan siapa yang menemukannya. Lalu pada pelajaran biologi saat kita belajar tentang sel kita akan diajarkan bagaimana sel ditemukan mulai dari adanya penemuan mikroskop sampai tokoh-tokoh yang menemukannya.

 

5. Cobalah Untuk Membuat Sejarah Sendiri

Tulislah sejarah anda sendiri
Tulislah sejarah anda sendiri

 

Mungkin ini adalah sebuah anjuran dan mungkin juga tidak ada kaitannya dengan poin-poin diatas. Tapi jika kita kilas balik tokoh-tokoh di masa lalu pasti akan terbesit dalam pikiran kita kalau kita juga ingin menjadi orang-orang itu. Jika kita mendefinisikan sejarah lebih sederhana lagi, maka segala sesuatu yang sudah terjadi pun sudah menjadi sejarah. Jadi ada baiknya jika kita turut andil dalam sejarah tersebut. Sejarah itu bagaikan cerita/film. Jika kita menjadi aktor utama dalam sejarah maka kita akan dibayar sesuai dengan kerja keras kita. Tetapi jika kita hanya menjadi penonton, kita tidak akan mendapat apapun karena tidak ada yang membayar penonton. Tetapi terlepas dari hal itu, kita harus membuat sejarah yang positif seperti inovasi teknologi, pemecah rekor dalam olahraga, dan lain-lain.

Baca juga : Mahasiswa jurusan sastra jawa pasti mempelajari 5 hal ini

Bagaimanapun sejarah adalah salah satu ilmu pengetahuan yang penting untuk dipelajari. Meskipun cabang ilmu ini tidak populer cabang-cabang ilmu lain tapi bukan berarti sejarah tidak penting. Jadi ada baiknya kita juga belajar sejarah meskipun bukan untuk menguasainya tetapi setidaknya untuk menghargai jasa-jasa tokoh-tokoh yang hidup lebih dahulu dari kita. Jadi ada baiknya dan tidak salah pula jika kita juga mempelajari sejarah dan menganggapnya sebagai ilmu pengetahuan yang sangat penting.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu