6 pencak silat terkenal di Indonesia

6. Pencak Silat terkenal di Indonesia Indonesia

Halo Semuanya!!

Siapa sih yang gak kenal sama salah satu jenis Olahraga di Indonesia yang satu ini? Yaps... Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga bela diri yang ada di Indonesia. Dan gak salah-salah nih olahraga yang satu ini gak cuma populer di Indonesia tapi juga di Mancanegara

Mungkin juga diantara beberapa pembaca sekalian ada yang ikut pencak silat, hmm.. Yuks.. Dibaca sampai habis ya 

1. Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT ) 

Organisasi yang berdiri di Madiun, Jawa Timur oleh KH. Hardjo Utomo  pada tahun 1922. Pencak silat ini merupakan organisasi terbesar dan paling terkenal di Indonesia. Di mana organisasi ini sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia, bukan hanya di Indonesia tapi juga mancanegara. Dan tau gak sih? Kalau Presiden RI Saat ini Bapak Joko Widodo adalah salah satu anggota dari Pencak silat PSHT?

Untuk menjadi Anggota PSHT harus melalui beberapa proses dan tingkatan serta latihan yang terbilang cukup berat agar menjadi Warga PSHT.

2. Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TS) 

Organisasi pencak silat ini yang berdiri pada tanggal 31 Juli 1963, di Kauman, Yogyakarta. Adalah Organisasi selanjutnya yang cukup familiar di telinga Masyarakat Indonesia.

Organisasi ini selain sebagai tempat untuk berlatih pencak silat tapi juga sebagai wadah silahturahmi bagi seluruh anggota organisasi Muhammadiyah

3. Ikatan keluarga silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti

IKSPI Kera Sakti, atau yang lebih dikenal dengan nama Kera Sakti ini berdiri pada tanggal 15 Januari 1980 oleh R. Totong Kiemdarto yang perupakan pendiri sekaligus guru besar perguruan pencak silat tersebut.

Pencak silat yang berdiri di kota Madiun ini, memiliki gerakan beladiri beraliran Kung fu, namun kerohaniannya lebih cenderung ke Banten dan ulama jawa. 

4. Silat Nasional Perisai Diri. (PD) 

Pencak silat yang didirikan oleh RM. Soebandiman Dirdjoatmodjo ( mendapat penghargaan pemerintah sebagai pendekar purna Utama )  pada 2 Juli 1955 di Surabaya ini memiliki Teknik yang mengandung lebih kurang 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia. Aliran-aliran tersebut juga ditambahkan dengan aliran Shaolin (Siauw Liem) dari Cina yang sebelumnya telah dipelajari pendirinya. 

Pak Dirdjo (sapaannya) yang merupakan pendiri pencak silat ini pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat Nusantara dan kung fu Shaolin selama 13 tahun 

5. Merpati Putih 

Merpati Putih merupakan singkatan dari "Mersudi Patitising tindak pusakane titising Hening"  yang berasal dari Bahasa Jawa jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti " Mencari sampai mendapatkan kebenaran dengan ketenangan". 

Merpati Putih merupakan pencak silat tangan kosong (tanpa senjata) yang berdiri sejak tahun 1550-an 

Merpati Putih memiliki motto : "Sumbangsihku tak berharga, namun keikhlasanku nyata" 

  6. Pagar Nusa

Pagar Nusa atau dengan nama lengkap Ikatan Pencak Silat Nahdatul Ulama ( IPSNU ) Pagar Nusa ini berdiri pada tanggal 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur. 

Pencak silat ini merupakan satu-satunya Wadah yang sah bagi organisasi Pencak Silat di lingkungan Nahdatul Ulama berdasarkan muktamar. Pada tanggal 16 Juli 1986 ( 9 Dzulhijjah 1406 ) NU mengeluarkan surat keputusan yang berisi pengesahan pendirian Pencak Silat Pagar Nusa ini. 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Des 25, 2019, 1:50 PM - Alifia Nurensa
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah