7 Cara Buat Lingkungan Kerja Menyenangkan Dan Produktif Buat Karyawan

Lebih dari sekedar pekerja yang bekerja untuk suatu instansi atau organisasi bisnis, karyawan merupakan asset yang perlu diperhatikan dan juga dikembangkan.

Ada banyak upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk bisa membuat karyawan menjadi lebih produktif, salah satunya pemenuhan hak-hak karyawan seperti jaminan sosial, kesehatan, gaji yang mencukupi serta insentif dan reward yang membuat hasil kerja mereka benar-benar dihargai.

Selain itu membuat lingkungan kerja menjadi nyaman dapat meningkatkan kualitas kerja, seperti adanya fasilitas hiburan untuk sejenak melepaskan penat, tempat untuk bersosialisasi, dan juga coffee maker yang bisa membuat karyawan dapat menikmati pekerjaan mereka.

Dan pada artikel kali ini kita akan mengulas 7 cara membuat lingkungan kerja menjadi menyenangkan dan produktif.

Buat Lingkungan Kerja Menyenangkan Dan Produktif

1 ) Dekorasi Ruangan

Gambar dekorasi ruangan

Sebelum membicarakan proses onboarding karyawan dan lainnya, ada baiknya kita memperhatikan hal yang paling mendasar yakni dekorasi ruangan kerja. Tidak harus mewah, memaksimalkan cahaya matahari masuk atau pencahayaan yang terang, udara yang segar dan kebersihan merupakan syarat paling dasar untuk menciptakan lingkungan yang nyaman.

Kemudian untuk mempercantik tampilan dekorasi, kita bisa menambahkan ornamen tambahan seperti tanaman, lukisan, atau pola warna pada cat dinding yang dapat menambah mood seseorang yang berada di dalamnya.

2 ) Onboarding Karyawan

Gambar onboarding karyawan

Onboarding merupakan suatu proses adaptasi karyawan baru terhadap lingkungan kerja mereka yang baru. Onboarding tidak bisa di anggap sepele, proses ini harus dijalankan sesempurna mungkin, agar karyawan yang baru bisa cepat beradaptasi dan mendapatkan arahan yang tepat.

Proses onboarding karyawan harus membuat karyawan terintegrasi penuh ke dalam tim dan organisasi di perusahaan, ada 3 upaya yang bisa ktia lakukan untuk membuat proses ini menjadi efektif :

  • Beritahu visi dan perkenalkan karyawan tentang bisnis perusahaan
  • Perlihatkan cara tim bekerja, dan ajari cara melakukannya agar bisa mengikuti irama yang sama
  • Buat sesi adaptasi lebih komunikatif
  • Buat sesi adaptasi lebih santai dan jauh dari kesan formal
  • Beri waktu dan setelahnya tinjau progress onboarding

3 ) Budayakan Menyapa Dan Tersenyum

Gambar budayakan menyapa dan tersenyum

Langkah kecil untuk membangun suatu hubungan yang baik antar sesama adalah membudayakan menyapa dan senyum. Kita bisa menciptakan budaya kecil yang berdampak besar kepada teamwork ini dimulai dari level eksekutif sampai cleaning service.

4 ) Buat Ruang Untuk Bersosialisasi

Gambar buat ruang bersosialisasi

Ketika sapa dan senyum jadi budaya, maka akan lebih mudah bagi kita untuk melangkah ke level selanjutnya, yakni membuat ruang dan waktu bagi karyawan untuk mereka bertemu dan saling bersosialisasi.

Dengan bersosialisasi orang-orang di tempat tersebut bisa lebih komunikatif, berbincang satu sama lain akan membuat lingkungan kerja menjadi cair dan santai. Dengan suasana yang cair seseorang bisa lebih produktif dalam mengerjakan sesuatu.

Sesama pekerja bisa saling berdiskusi satu sama lain, pada tempat inilah ide-ide brilian bisa muncul dan kemudian disampaikan kepada yang lain. Sehingga dari budaya bersosial ini sesama karyawan bisa menyampikan ide, dan mengerjakan ide untuk menyelesaikan pekerjaan.

5 ) Community Minded

Gambar community minded

Dari bersosialisasi akan menciptakan sebuah community minded yang sendirinya akan terbentuk. Disinilah tingkatan level yang lebih tinggi, ketika sejumlah orang berkumpul untuk membahas suatu gagasan atau ide, serta langkah-langkah untuk mencapainya.

6 ) Berikan Kebebasan Berkreasi

Gambar berikan kebiasaan berkreasi

Salah satu upaya membuat karyawan menjadi nyaman dan produktif bekerja adalah dengan memberikan kebebasan mereka untuk berekspresi dan berkreasi. Salah satu contoh kecilnya adalah dengan membebaskan cara mereka berpakaian, selama itu masih sesuai dengan norma dan kebijakan perusahaan yang berlaku.

Termasuk membiarkan karyawan untuk mendekorasi meja kerja, cara orang untuk menciptakan mood yang baik saat bekerja berbeda-beda. Mungkin saja dengan mendekorasi meja sesuai selera mereka dapat meningkatkan kualitas kerja.

7 ) Entertainment Dan Gathering Holiday

Gambar entertainment dan gathering holiday

Setelah bekerja 8 jam sehari (minimal) 5 hari dalam seminggu dalam setahun, pastinya menguras pikran dan tenaga. Untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran karyawan, perusahaan bisa membuat gathering holiday rutin setiap tahunnya, cara ini juga bisa meningkatkan silaturahmi antar karyawan dan atasan.

Baca juga : Bagaimana cara menghasilkan rupiah di tulisanku?

Selain gathering holiday, perusahaan juga bisa menyediakan fasilitas hiburan untuk karyawan seperti meja pingpong, dartboard, coffee maker atau bahkan console game untuk menghilangkan penat sejenak di sela-sela kesibukan mereka.

Demikian adalah 7 cara membuat lingkungan bekerja menjadi menyenangkan dan membuat karyawan lebih produktif. Namun sistem manajemen SDM juga harus diperhatikan, karena ini berkaitan langsung dengan absensi dan gaji karyawan.

Untuk manajemen SDM yang lebih baik perusahaan bisa menggunakan sistem atau software HRD untuk pengelolaan absensi, payroll, dan adminstrasi kepersonaliaan seperti cuti, reimbursement dan lainnya.

 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah