7 Cara menghindari Bau mulut

Siapa sih di sini yang sering merasa tidak percaya diri saat berbicara dengan sahabat, rekan bisnis, dan lain- lain hanya karna bau mulut? Hmm.. pasti sangat tidak nyaman ya dan membuat kualitas pembicaraan menjadi buruk

Bau mulut ( Halitosis ) adalah kondisi yang dapat dialami oleh orang-orang yang kurang dalam menjaga kesehatan giginya.

Untuk itu mari kita simak apa saja sih cara agar terhindar dari bau mulut ? Ayoo...kita simak bersama-sama

 

1. Selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kita semua tau sikat gigi yang wajib itu adalah 2 kali sehari dan dilakukan dengan baik dan benar. Karna kesehatan gigi juga bisa berpengaruh pada kualitas kesehatan mulut

Gigi juga merupakan salah satu tempat bersarang nya bakteri-bakteri dan plank penyebab bau mulut. 

 

2. Menghindari makan makanan penyebab bau mulut

Ayo jujur siapa disini yang hobi makan jengkol dan kawan-kawan? Nah jengkol dan kawan-kawan memiliki aroma yang khas saat dikonsumsi dan bisa membusuk kemudian menghasilkan aroma tidak sedap. 

Selain Jengkol dan kawan-kawan ada juga makanan atau minuman penyebab bau mulut yaitu, makanan yang mengandung bahan kimia dan juga minuman beralkohol.

 

3. Perbanyak minum Air putih

Salah satu penyebab bau mulut bisa disebabkan karna keringnya rongga mulut karna kualitas air liur yang buruk. Untuk itu, perbanyak minum air putih dapat meningkatkan kelembapan mulut, selain itu air putih juga bisa membantu membilas sisa-sisa makanan .

 

4. Rutin memflossing gigi

Flossing gigi adalah suatu teknik membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan alat yang bernama benang gigi. Benang gigi ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi.

 

5. Pakai Obat Kumur ( Mouthwash )

Berkumur dengan obat kumur dapat menghilangkan bau mulut dan membersihkan seluruh rongga mulut, gunakan obat kumur yang tidak mengandung Alkohol karna alkohol dapat menyebabkan mulut kering.

Berkumurlah dengan obat kumur secara teratur yaitu 2 kali sehari setelah menyikat gigi dan flossing. Jangan menggunakan obat kumur secara berlebihan karna dapat menyebabkan overdosis.

 

6. Rutin membersihkan lidah

Sayang nya berkumur dengan obat kumur saja tidak ampuh untuk membersihkan bakteri-bakteri di lidah. Untuk itu kita perlu juga membersihkan lidah kita menggunakan alat khusus vernama Scraper. Namun, jika tidak ada bisa juga menggunakan sikat gigi.

Cara membersihkan lidah cukuo mudah yaitu dengan cara gosok mulai dari pangkal lidah paling dalam sampai bagian ujung secara perlahan menggunakan sikat gigi atau scraper, terakhir kumur dengan air bersih.

Baca juga : Cara mengobati berbagai penyakit dengan  bawang merah

 

7. Berhenti Merokok

Perokok aktif umumnya lebih rentan terkena masalah mulut . biasanya perokok lebih sering terkena masalah gusi dan bau mulut jika sudah begini jalab satu-satunya adalah dengan cara berhenti merokok.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah