9 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Berbagai macam makanan menggunakan bahan tersebut untuk memperoleh cita rasa yang lezat. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi bawang putih mentah menyimpan berbagai macam khasiat bagi tubuh kita?

bawang putih

Belum tahu? Wah, sepertinya Anda sedikit ketinggalan info nih. Baiklah, bagi sobat yang belum tahu apa saja manfaat mengonsumsi bawang putih mentah bagi kesehatan, langsung saja simak informasi di bawah ini.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Manusia

 

1. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat pertama dari bawang putih adalah mampu mengurangi kadar kolesterol yang ada pada tubuh kita. Tentu dalam hal ini kolesterol yang dimaksud adalah kolesterol jahat. Menurut penelitian, mengonsumsi 10 gram bawang putih dalam kondisi mentah dapat menekan dan mengurangi kadar kolesterol dengan cukup drastis.

Fakta tersebut semakin diperkuat dengan sebuah studi dalam international journal of medical science dan public health pada tahun 2016 silam. Pada penelitian tersebut terdapat 50 responden berkolesterol tinggi yang secara rutin mengonsumsi 3 gram bawang putih setiap makan.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa para responden tersebut kadar kolesterolnya mengalami penurunan mulai dari 10 sampai dengan 13 persen. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Ternyata rahasianya ada pada kandungan Alicin yang ada pada bawang putih. Alicin merupakan zat yang mampu menghambat kinerja enzim yang memproduksi kolesterol. Dengan begitu, mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Masalah kesehatan ini dapat terjadi dikarenakan pola makan yang tidak sehat. Namun, tahukah Anda bahwa bawang putih mampu untuk mengatasi itu semua?

Kemampuan bawang putih untuk menstabilkan tekanan darah tinggi sebenarnya telah dikenal cukup lama. Bahkan bawang putih sendiri dinilai sebanding dengan obat generik hipertensi.

Lalu, hal apa yang membuat bawang putih mampu mengatasi hipertensi? Yap, jawabannya masih sama yaitu karena Allicin. Uniknya, zat tersebut hanya akan keluar pada saat bawang putih di kunyah atau diuleg.

Selain Allicin, zat Polisulfida pada bawang putih juga berperan penting dalam menstabilkan tekanan darah. Polisulfida mampu melebarkan pembuluh darah yang nantinya akan membuat tekanan darah menjadi lancar.

3. Mencegah Risiko Terkena Penyakit Jantung

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini sejalan dengan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Apabila kolesterol dan tekanan darah sehat tentu kita akan terhindar dari bahaya penyakit jantung.

Manfaat terbaik untuk mengatasi masalah penyakit jantung ini lebih banyak terdapat pada bawang putih yang telah dikeringkan (ekstrak). Ekstrak bawang putih ini dapat mencegah munculnya plak serta mampu mengatasi penumpukan plak di arteri.

4. Menekan Risiko Terkena Kanker

Menurut sebuah penelitian dari National Cancer Research Institute, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya beberapa macam sel kanker. Beberapa kanker yang dapat dicegah oleh bawang putih antara lain adalah kanker kerongkongan, kanker payudara, dan juga kanker prostat.

Semua hal tersebut dapat terjadi karena bawang putih dalam kondisi mentah memiliki kandungan zat sulfur aktif yang mampu mencegah dan menghambat terbentuknya sel kanker pada tubuh kita.

5. Membuat Otak Sehat

Selain menjaga kesehatan kardiovaskular, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat bagi otak kita. Pada bawang putih mentah terdapat FruArg yang berfungsi memberikan perlindungan kepada sel otak terhadap penyakit dan penuaan.

Zat FruArg juga dapat menekan kadar nitrat oksida yang dihasilkan oleh sel Microglia dalam otak pada saat terjadi stres oksidatif dan peradangan. Sel Microglia sendiri memiliki manfaat yang saling berlawanan. Pada satu sisi, microglia mampu menjaga sistem saraf. Sementara di sisi lainnya, zat tersebut menghasilkan oksida nitrat yang jika berlebihan dapat merusak otak.

Pada saat tersebutlah FruArg yang ada dalam bawang putih mampu berperan dalam mengontrol Microglia dalam produksi oksida nitrat. Dengan kata lain, bawang putih mampu melindungi sel otak dari risiko terkena penyakit seperti demensia serta alzheimer.

6. Memberantas Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat yang membandel, sebaiknya mencoba mengatasinya menggunakan bawang putih. Selain murah dan mudah, cara ini juga tidak menggunakan bahan dan alat yang dapat menyiksa.

Cukup dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, berbagai keluhan seperti peradangan dan pembengkakan kulit serta masalah rona kulit yang memudar. Hal tersebut karena pada bawang putih terkandung mineral dan vitamin seperti vitamin C, B-6, selenium, seng dan juga tembaga yang mampu melenyapkan jerawat.

7. Menyehatkan Tulang

Banyak dari kita mungkin menganggap zat yang dapat menguatkan tulah adalah kalsium serta vitamin D. Namun, ternyata tidak hanya kedua zat tersebut saja. Zat lain yang mampu menyehatkan tulang kita adalah flavonoid.

Zat flavonoid ini ternyata banyak terdapat pada bawang putih. Zat ini mampu menghambat pengeroposan mineral tulang dan meningkatkan proses pembentukan tulang sementara.

Baca juga : Cara mengobati berbagai penyakit dengan bawang merah

 

8. Mengatasi Pilek, Batuk, serta Radang

Bawang putih dikenal memiliki manfaat alami dalam menjaga daya tahan tubuh kita. Berbagai zat yang terkandung di dalamnya sangat ampuh dalam memberantas berbagai jenis kuman yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti radang, flu, dan juga pilek.

Oleh karena itu, pada saat Anda mengalami sakit, mengonsumsi bawang putih mampu mengurangi efek gejalanya. Selain itu, dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin juga mampu meningkatkan imunitas kita dari terserang berbagai macam penyakit seperti yang disebutkan di atas.

Itulah tadi beberapa manfaat bawang putih yang bisa sobat rasakan. Meski memiliki banyak manfaat, Anda hanya disarankan untuk mengonsumsi bawang putih paling banyak 2 siung saja. Apabila mengonsumsi secara berlebihan dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan pada organ hati kita.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Just write, no matter what

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah