Cara Mengatasi Gagal Download Pada Play Store (Error 492)

Tulisanku - Jika anda pernah mengalami ketika mendownload aplikasi di Play Store muncul pesan "Error 492". Apa maksudnya itu? Pesan tersebut menandakan anda tidak bisa menginstal aplikasi tersebut. Kebanyakan orang yang belum mengetahui akan merasa kebingungan untuk mengatasi hal tersebut, ditambah hal tersebut akan merugikan anda dalam hal waktu dan kuota internet. Baca Juga : Kumpulan Market Selain Playstore.

 

Jika anda menggunakan Wifi atau Hotspot tentu hal tersebut tidak terlalu merugikan dikarenakan anda tidak membuang-buang kuota internet anda, mungkin hanya dirugikan dalam hal waktu. Memang dalam kasus ini hampir jarang sekali dialami, namun informasi yang akan Unlimitechno bagikan kali ini mungkin bisa jadi wawasan baru yang bermanfaat atau membantu teman yang mengalami hal seperti ini.

 

Contohnya kejadian ini pernah dialami salah satu sahabat saya, dimana ponsel Samsung Galaxy S3 yang dia miliki, mengalami eror ketika aplikasi yang di download sudah berjalan, dan eror 492 ini muncul pada pertengahan download. Dengan tampilan lebih tepatnya seperti gambar dibawah ini. Lalu bagaimana cara mengatasi error 492 di playstore?

Cara Mengatasi Error 492 Saat Download Di Playstore

Dampak "Error 492" ini dapat terjadi bukan hanya pada ponsel dengan spesifikasi rendah saja, namun spesifikasi tinggi sekalipun juga dapat terjadi, jadi bisa dipastikan penyebabnya bukan karena perangkat anda tidak kompatibel dengan aplikasi yang anda unduh.

 

Langkah yang saya lakukan, menggunakan dua cara, satu diantaranya menggunakan sebuah aplikasi, namun untuk menggunakan aplikasi ini ponsel anda harus sudah dalam keadaan Root, dan cara yang satu menghapus cache Aplikasi play store tersebut, langsung saja simak dua langkahnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Gagal Download Pada Play Store (Error 492) :

1. Menghapus cache yang ada pada Playstore

  • Silahkan masuk ke Setting/Pengaturan dan pilih menu Apps
  • Selanjutnya silahkan anda cari dan tap aplikasi “Google Play Store”
  • dan tekan tombol “Hapus Cache”
  • Setelah itu, silahkan lakukan pengunduhan ulang di play store
  • Jika anda berhasil mengunduh aplikasi dan sukses menginstall, berarti permasalahan telah selesai, namun jika belum bisa, maka anda dapat lanjutkan ke langkah ke 2.

2. Menghapus cache menggunakan aplikasi “Cache Fixer”

  • Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pastikan perangkat yang anda gunakan anda telah di root dan juga telah menginstall aplikasi BusyBox
  • Jika persyaratan tadi telah lengkap, silahkan anda unduh dan install aplikasi “Cache Fixer”
  • Setelah selesai menginstall aplikasi Cache Fixer, jalankan dan tekan tombol “Wipe cache”
  • Kemudian lakukan pengunduhan aplikasi pada Playstore lagi. Apabila ternyata masih belum bisa, kembali jalankan aplikasi “cache fixer” dan pastikan anda memilih opsi “Tmpfs (Faster, less compatible)”, selanjutnya tekan tombol “Move Cache”.
  • Sekarang silahkan anda coba download aplikasi di Google Play Store kembali.

Catatan : Tutorial tersebut berhasil saya terapkan pada Samsung Galaxy S3 saya, dan untuk ponsel merk lain saya belum mencobanya.

Demikian artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Error 492 Saat Download Aplikasi di Playstore, Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya dan selamat mencoba.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah