Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner Secara Online

Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang paling menjanjikan. Disebabkan siapa yang tak butuh makan dan minum? Pastinya setiap manusia membutuhkan makan dan minum setiap hari bahkan berkali-kali per hari untuk bertahan hidup dan menunjang aktivitas kegiatan sehari-hari. Sebagai usaha yang paling menjanjikan, tak aneh jika usaha kuliner termasuk jenis usaha yang memiliki banyak pesaing. Sangat mudah bagi anda menyaksikan di sudut kota atau desa, outlet gerai kuliner. Contohnya: mie ayam, bakso, martabak, roti bakar, dan lainnya dalam bentuk gerai tenda, gerobak dan keliling.

Bagi anda yang memiliki keterampilan memasak sangat bagus menekuni profesi sebagai pengusaha kuliner. Apalagi saat ini dimudahkan dengan adanya teknologi media sosial. Anda dapat membuka bisnis kuliner di rumah secara online dengan pangsa pasar yang ditentukan.

Cara memulai bisnis makanan dan minuman adalah mempersiapkan modal usaha yang meliputi peralatan memasak, bahan baku makanan, gerobak atau gerai usaha. Ada banyak jenis bisnis kuliner yang bisa anda jalankan di kota maupun desa yang menguntungkan sangat besar, seperti jualan makanan fried chicken, roti bakar, donat, martabak manis, nasi goreng, bakpau, burger, roti maryam, minuman thai tea dan lainnya.

Pentingnya Promosi

Salah satu elemen penting dalam setiap usaha adalah promosi. Bagaimanapun bagusnya usaha itu kalau tak didukung oleh promosi yang baik maka usaha itu akan gulung tikar. Sebaliknya, usaha kecil-kecilan dapat menjadi sukses dalam waktu singkat jika didukung oleh sistem promosi yang baik. Lalu bagaimana sistem promosi bisnis kuliner yang baik dan benar supaya laris manis? Berdasarkan analisa penulis, sistem promosi harus dilakukan secara offline dan online.

Untuk sistem promosi secara online dapat menggunakan media sosial. Seperti Facebook, twitter, Line, Whatsapp, Instagram, Telegram, Youtube, blog dan lain sebagainya.

Namun ada baiknya sebelum memulai cara-cara dibawah, ada baiknya Anda memahami strategi pemasaran 4P, sebagai pemahaman dasar melakukan kegiatan promosi.

Cara Promosi Usaha Kuliner di Facebook

Salah satu media sosial yang sangat tepat digunakan untuk mempromosikan bisnis kuliner secara online agar laku keras adalah Facebook. Medsos ini mempunyai fitur terbaru bernama Marketplace yang bermanfaat bagi pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkannya. Dan juga bermanfaat bagi para penjual untuk memasarkan produknya secara luas menggunakan teknik COD atau delivery.

Ada banyak alasan bagi anda untuk memilih fokus berpromosi di Facebook. Salah satunya media sosial ini paling banyak digunakan orang di Indonesia baik di perkotaan maupun pedesaan terpencil. Selain itu, Facebook senantiasa menghadirkan fitur yang membantu penjualan terbaru dengan sistem yang mudah dalam mengelolanya.

Selain menggunakan Facebook, anda dapat berpromosi di GoFood atau Grab Food. Berikut ini cara mempromosikan bisnis kuliner secara online di medsos Facebook yang terbukti berhasil dan membuat laris manis, antara lain:

1.Aktifkan koneksi internet pada smartphone

2.Masuk ke Akun Facebook klik tulisan Marketplace yang berada di sebelah tengah atas bersimbol rumah.

3.Ada banyak pilihan. Anda bisa menjual dengan menekan tombol JUAL. Lalu anda bisa mencari barang dengan menekan tombol CARI.

4.Untuk memulai membuat iklan promosi di marketplace Facebook maka anda tinggal menekan tombol JUAL

5.Anda harus mengisi formulir secara akurat. Misalkan : Apa yang anda jual? Contohnya anda menjual donat kentang karakter  maka isikan “ jual donat kentang karakter murah Cimahi”

6.Per item harga? Anda dapat memasukkan harga jual barang. Contohnya Rp 80.000

7.Kategori? Anda dapat memilih kategori : Rumah, kendaraan, taman, perkakas dan lain-lain. Pilihlah kategori sesuai barang yang anda jual  yakni kategori makanan dan minuman.

8.Pada kolom keterangan masukkan deskripsi barang yang anda jual. Misalkan barang dalam kondisi baru, bisa COD, diskon, alamat kantor, pengiriman gratis dan nomor telepon atau WA yang dapat dikontak

9.Pada kolom tambahkan foto maka anda bisa memasukkan gambar yang sesuai. Gambar bisa berasal dari galeri smartphone maupun mengambil foto secara langsung lewat ponsel. Setelah selesai klik KIRIM.

10.Anda dapat membagikan hasil postingan ke berbagai grup yang anda ikuti. Seperti Grup jual beli di daerah anda. Tak menunggu lama, anda pastinya akan mendapatkan pesanan pengiriman barang ke daerah sekitar sampai luar kota.

Tips Sukses Promosi

Setelah mempunyai usaha warung makan, restoran dan warung sederhana dengan beberapa menu andalan yang lezat, lokasi yang mudah dijangkau dan nyaman maka berikutnya bagaimana mempromosikan usaha kuliner itu di sosial media? Supaya usaha kuliner kita lebih dikenal semakin banyak orang dan semakin laris.

Yang paling pokok dalam mempromosikan bisnis kuliner kita kepada sosial media adalah konsistensi atau kerajinan kita dalam posting usaha makanan dan minuman kita ke sosial media. Satu hari bisa posting usaha kuliner kita sebanyak tiga sampai empat kali postingan. Selebihnya jangan. Karena bisa dianggap spam oleh pihak Facebook.

Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner Secara Online

Berikut ini cara mempromosikan bisnis kuliner secara online di sosmed, antara lain:

1.Promosi sebanyak mungkin

Salah satu cara efektif mempromosikan bisnis kuliner secara online di media sosial adalah menggunakan faktor kali. Anda tidak bisa mengandalkan di media sosial Facebook, blog, twitter, youtube, instagram dan whatsapp. Tapi anda bisa menggunakan media sosial yang lain untuk menambahkan promosi dan penjualan.

2.Promosi yang unik

Kebanyakan promosi online saat ini biasa-biasa saja. Tidak ada sesuatu yang luar biasa. Untuk mempromosikan secara online dimulai dari posting iklan di media sosial secara gratis. Misalkan anda menggunakan Facebook Marketplace. Kemudian membuat iklan yang tak biasa. Seperti beli 1 gratis 1, beli 1 gratis 4 bonus, memberikan garansi dll.

3.Buka Cabang

Buka cabang merupakan salah satu promosi efektif sekaligus faktor kali. Dengan membuka cabang maka produk akan semakin dikenal banyak orang. Bukan hanya di satu wilayah tapi dikenal di wilayah lain. Anda pun bisa menerapkan sistem bagi hasil atau waralaba.

4.Mendatangkan pengunjung

Jika anda membuat toko online di media sosial maka supaya penjualan kuliner laris manis membutuhkan pengunjung. Dari asalnya sekedar mengunjungi toko anda menjadi pembeli dan pelanggan. Teknik mendatangkan pengunjung di toko online berupa blog ataupun website menggunakan teknik SEO. Sedangkan bagi toko online di media sosial adalah rajin posting tentang bisnis toko online anda yang fokus di makanan dan minuman dalam bentuk artikel atau gambar dan video.

Cara promosi online dan offline sebenarnya hampir sama yang bertujuan untuk memperkenalkan usaha kita kepada orang lain. Untuk promosi secara offline bisa menggunakan reklame, spanduk, mulut ke mulut, neon box, iklan di majalah, surat kabar, koran, pamflet, brosur,souvenir dan lain sebagainya.

Tujuan Promosi Produk Secara Online

Adapun tujuan untuk mempromosikan barang secara online di media sosial adalah untuk mendapatkan uang. Pengertian uang menurut para ahli berbeda-beda. Ada yang mengatakan uang adalah nilai tambah. Robert T Kiyosaki mendefinisikan uang adalah ide. Pendek kata, tujuan promosi barang adalah  mendapatkan penjualan dan uang.

Berdasarkan pengalaman, promosi bisnis kuliner tidak bisa hanya dijalankan secara offline. Namun membutuhkan promosi online. Bagaimana anda sudah melakukan cara mempromosikan bisnis kuliner secara online? Jika belum maka saatnya sekarang.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 24, 2019, 1:44 AM - Penyair Muda
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani