Dampak yang Muncul Akibat Keseringan Tidur Terlalu Lama

 

Dalam dunia kesehatan manusia diharuskan tidur selama 8 jam perhari. Namun, terkadang banyak orang yang sangat menyepelekan hal ini, di antara mereka ada yang hanya tidur beberapa jam sehari atau bahkan lebih dari yang harus semestinya.

Sejatinya melakukan segala hal secara berlebihan tentunya sangat tidak dianjurkan karena, bisa berdampak tidak baik bagi kehidupan termasuk tidur terlalu lama. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas dampak-dampak yang muncul akibat tidur terlalu lama.

 

Dampak Apa Saja yang Muncul Akibat Tidur Terlalu Lama?

Kebutuhan tidur setiap orang bisa saja berubah-berubah tergantung kualitas tidur yang dibuat. Seseorang bisa dikatakan tidur terlalu lama apabila sering merasakan ngantuk yang berlebih padahal telah melakukan aktivitas seperti tidur siang dan lain sebagainya.

Jika hal tersebut terjadi hampir setiap hari atau bahkan berulang-ulang, tentunya hal itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Lalu apa saja dampak yang akan muncul dari aktivitas tidur terlalu lama? Dampak tidur terlalu lama yang perlu kamu ketahui  adalah sebagai berikut;

 

1.   Kepala Akan Terasa Pusing

Kepala terasa pusing merupakan dampak yang paling umum terjadi akibat tidur yang tidak sesuai dengan porsinya. Hal ini bisa terjadi karena senyawa kimia dalam otak ikut terganggu akibat aktivitas tidur yang tidak teratur.

 

2.   Masalah Pada Jantung

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tidur terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kinerja jantung. Resiko masalah pada jantung bisa terjadi pada mereka yang tidur dengan durasi 9-11 jam setiap harinya, dan resiko ini lebih rentan terjadi pada wanita. Masalah pada jantung ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang menjadi lemah akibat sering terlalu lama tidur.

 

3.   Terjadi Gangguan Pada Mental

Mereka yang sering tidur terlalu lama kebanyakan mengalami kesulitan tidur di malam hari (Insomnia), hal inilah yang membuat orang yang tidur terlalu lama cenderung mengalami gangguan pada mentalnya. Hal ini mengacu pada data yang menunjukan bahwa sebanyak 15% seseorang yang memiliki gangguan mental (depresi) juga akan mengalami gangguan pada tidur.

 

4.   Punggung Akan Terasa Sakit

Sama seperti rasa sakit kepala, punggung yang terasa sakit juga merupakan efek yang sering timbul akibat tidur yang terlalu lama. Dampak ini muncul dikarenakan seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk tidur akan melakukan sedikit gerak, sehingga badan terasa kaku yang menjadikan punggung sakit saat bangun tidur.

Baca juga : Khasiat air lemon hangat

 

5.   Daya Ingat Semakin Menurun

Tidur memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan terutama untuk meningkatkan daya ingat otak, oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih belajar setelah tidur daripada setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, disamping manfaatnya untuk meningkatkan daya ingat otak, tidur terlalu terlalu lama justru membuat daya ingat semakin menurun dikarenakan sel-sel otak tidak akan berfungsi secara maksimal.

Berdasarkan banyaknya dampak negatif yang timbul akibat terlalu lama tidur maka, sebaiknya mulai dari sekarang hindarilah kegiatan-kegiatan yang bisa membuatmu tidur terlalu lama. Disamping itu, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari efek buruk terlalu lama tidur.

●      Mengatur jadwal tidur secara teratur setiap hari.

●      Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat membuat tidur terlalu lama seperti, kopi ataupun alkohol.

●      Melakukan olahraga secara teratur beberapa kali seminggu.

●      Selalu berpikir tenang, karena dengan selalu berpikir tenang maka resiko depresi akan semakin kecil.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah