Cara Ampuh Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Gadget merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari aktivitas kita sehari-hari. Bagimana tidak? gadget bisa mengakses hal apapun dan dimanapun kita berada. Tidak heran jika anak mengenal gadget pada zaman saat ini. Pada dasarnya anak boleh kita perkenalkan dengan gadget, tapi hal yang harus kita garis bawahi yakni dalam memberikan gadget kita harus membatasinya sehingga anak tidak menjadi kecanduan.

Gambar Anak Kecanduan Gadget(insanmedia.co.id)

 

            Kecanduan gadget merupakan hal yang tidak sepele  terutama pada anak-anak. Bagi orang tua mestinya harus mencari cara agar si buah hati mereka tidak lagi kecanduan gadget. Pada era saat ini tidak jarang kita menjumpai hampir setiap anak kecil memegang gadget. Hal itu apabila dibiarkan akan memiliki dampak yang negatif bagi fisik, mental ,dan juga sosial tentunya untuk kedepannya. Bayangkan saja waktu kecil sudah kecanduan gadget , makin dewasa makin lama semakin banyak hal buruk yang akan menimpanya.

Sebelum terlambat, mari kita atasi hal tersebut dengan beberapa cara berikut:

1. Batasi waktu pemakaian

a. anak anak dibawah umur 2 tahun tidak dianjurkan mengakses segala gadget tanpa dampingan dari orang dewasa khususnya orang tua.

b. anak anak usia 2-4 tahun hanya diperbolehkan memakai gadged maksimal 1 jam per hari

c. anak anak berusia 5 tahun keatas hanay diperbolehkan mengakses gadgetmaksimal 2 jam perhari

2. Berbanyak aktivitas anak

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk anak anak untuk menunjang aktivitas anak didalam dan diluar rumah misalnya jalan jalan, olahraga, mainan tradisional, ataupun mengikutsertakan anak untuk kursus ataupun bimbingan belajar.

3. Bersikaplah displin dan tegas

Sebagai orang tua kita harus memiliki sikap yang tegas serta displin, mungkin Anda merasa tak tega ketika sikap anda lebih tegas dan disiplin dari biasanya tapi itu untuk kebaikan anak kita. Cobalah untuk lebih disiplin dan tegas dalam mengatur pemakaian gadget pada anak  agar anak tidak semakin kecanduan gadget.

4. Sediakan mainan alternatif dirumah

Banyak mainan alternatif yang bisa diberikan pada anak seperti robot, masak-masakan, boneka, mobil-mobilan, atau mainan lain yang disukai anak-anak. Apalagi saat ini bnayak juga mainan alternatif yang juga mendidik salah satu nya adalah lego. Dengan lego juga mengasah kreativitas si anak dan tentunya akan mengurangi kecanduan akan gadget.

5. Batasi dalam penggunaan Internet

Batasi lah dalam penggunaan internet, terutama tipe anak yang kecanduan mengakses konten-konten tidak bermanfaat  yang bisa mempengaruhi perkembangan mental anak.

6. Biarkan anak bergaul dengan teman

Kurangnya teman merupakan salah satu penyebab anak kecanduan gadget. Dengan tidak adanya teman anak akan menggunakan gadget sebagai teman setianya. Sebagai  orang tua kita harus mengajak  anak bermain dengan teman sebaya baik dilingkungan rumah maupun sekolah. Apabila hal itu tidak biasa dilakukan.

7. Berikan penghargaan

Berikan reward atau penghargaan pada anak. Misalnya apabila anak tidak menyentuh maupun memakai gadged selama berberapa hari , berikan pengahargaan seperti makanan atau mainan. Dengan hal itu anak akan lebih termotivasi untuk bisa mengurangi pemakaian gadget setiap harinya.

8. Berikan Tauladan terbaik

Apabila Anda tidak ingin anak kecanduan gadget kita sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada sang anak. Jangan menggunakan gadget yang kurang bermanfaat  di depan anak, sebab jika Anda menggunakan gadget isalnya untuk game anak akan meniru apa yang telah diperbuat oleh orang tua.

9. Berikan waktu luang pada anak

Sediakan waktu luang anda untuk anak untuk bermain dan juga berinteraksi dengan anak, dengan begitu ikatan batin antara anak dan orang tua akan semakin bertambah dan anak lebih memilih untuk berkumpul dengan orang tuanya daripada dengan gadget.

10. Kembangkan minat dan bakat anak

Setiap anak pasti memiliki minat dan bakat tersendiri. Hal itu perlu untuk digali agar mengetahui minat dan bakat anak. Sebagai orang tua kita harus mendukung serta membantu dalam mengembangkan minat dan bakat tersebut. Setelah kita sudah mengetahui minat dan bakat anak Anda dampingi mereka untuk mengembangkannya.

11. Kenalkan mereka pada alam.

Ketika semua pekerjaan anda selesai, cobalah untuk mengajak anak untuk melihat dan menikmati pemandangan indah disekitar rumah Anda di sore hari. Dengan begitu mereka akan sejenak melupakan gadgetnya.

12. Diskusi

Ketika anak mengakses hal yang tidak sesuai dengan usia mereka. Berikanlah mereka pemahaman bahwa konten yang diakses membawa dampak yang negatif. Apabila jika anak  kita melihat konten yang buruk atau negatif bagi perkembangannya, segera tanyai pendapat anak tentang informasi yang telah mereka lihat dan ajak mereka untuk  berdiskusi serta berikan pemahaman bahwa tidak semua konten dapat kita akses dan juga berikan informasi mengenai dampak yang akan terjadi pada perkembangannya.

 Baca juga : Jangan mengeluh dan biarkan masalah disampingmu

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah kecanduann gadget pada anak. Apabila hal itu terjadi segera lakukan hal diatas untuk memberantas masalah pada si buah hati. Agar mereka dapat berkembang dengan baik baik fisik maupun mental.

 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah