Cara ampuh mengatasi rambut ubanan secara alami

Ubanan adalah salah satu ciri ciri penuaan yang pasti akan di alami setiap orang, bahkan yang belum menginjak usia lansia pun juga bisa mengalami uban, contohnya saya sendiri sebagai penulis di tulisanku.co.id. saya sendiri sudah memiliki ubah sejak usia saya sekitar 23 tahun, dan apa yang saya alami ini cukup mengganggu aktifitas saya sehari hari, dimulainya gatal2 dan rasa minder. Karena jujur saja wajah yang ganteng kok bisa bisanya ubanan hehehe… saya juga bisa memastikan penyebab uban ini ialah waktu saya masih kecil. 

Dulu saya pernah di sengat tawon/tabun di kepala saya, karena waktu itu saya suka melempari sarangnya bersama teman-teman saya. Rasa enak sekali ada nyut nyut selama sekitar 3 hari. Saya juga sudah mencoba berbagai cara dan hasilnya agak mengecewakan, kemudian saya coba browsing google cara menghilangkan uban secara alami dan alhamduliah tutorialnya cocok dengan saya uban saya sudah sedikit berkurang dan beberapa cara yang saya lakukan mungkin bisa anda terapkan juga seperti dibawah ini:

jeruk nipis dan minyak kelapa

1. Menggunakan campuran jeruk nipis dan minyak kelapa

Cara ini terbilang cukup mudah karena ada hanya perlu mencampurkannya pada telapak tangan anda kemudian usapkan merata pada rambut anda bila perlu sampai kekulit kepala anda agar hasilnya maksimal. Tunggu kurang lebih sekitar 30 menitan agar semua bahan tersebut meresap ke rambut anda, dan untuk membersihkannya nanti anda bisa menggunakan air hangat. Silahkan lakukan cara ini 2 kali sehari supaya hasilnya maksimal.

Cara mengatasi uban secara alami- minyak kemiri

2. Menggunakan minyak kemiri

Dari dahulu minyak yang satu ini memang dikenal sebagai minyak yang membantu pertumbuhan rambut, karena minyak kemiri sendiri mengandug zat penting yang dibutuhkan rambut yaitu Vitamin E dan antioksidan yang fungsinya juga bisa melawan pertumbuhan uban anda.

Cara mendapatkan minyaknya yaitu anda cukup menyangrai kemiri tersebut sampai mengeluarkan minyak, kemudian ambil minyak tersebut dan langsung usapkan kerambut anda sampai merata. Jika anda kesusahan menemukan kemiri anda bisa membeli langsung minyak kemiri yang biasanya banyak dijual di toko.

Cara mengatasi uban secara alami- Daun jambu Biji

3. Menggunakan daun jambu biji

Jika dirumah anda banyak pohon jambu biji maka anda beruntung sekali karena daun jambu biji itu banyak manfaatnya, bukan hanya sekedar untuk menghilangkan sakit perut tetapi juga bisa menghilangkan uban anda.

Caranya cukup ambil beberapa helai daun jambu biji yang masih muda kemudian bersihkan daun tersebut dan rebus menggunakan air mendidih. Lalu tumbuk daunnya secukupnya dan usapkan hingga merata ke rambut anda.

Biarkan beberapa menit agar dapat meresap ke rambut anda, jika sudah bersihkanlah menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara ini cukup sekali saja dalam seminggu.

Cara mengatasi uban secara alami- biji pepaya

4. Menggunakan biji buah papaya

Saya yakin bahan yang satu ini mudah untuk ditemukan, karena selain buahnya yang enak dan bisa di olah untuk sayuran ternyata kita juga bisa memanfaatkan biji papaya untuk melawan uban dan cara ini sangat efektif menurut saya, karena pada biji papaya sendiri mengandung zat Alkaloid, tannin dan streid yang sangat tinggi, bisa dipastikan mampu melawan pertumbuhan uban anda.

Cara menggunakannya : anda perlu mengeringkan terlebih dahulu biji papaya tersebut kemudian sangrai biji tersebut dengan sedikit air, jika sudah tumbuk hingga menjadi bubuk. Ambil bubuk tersebut sekitar 3 sendok teh dan campur dengan minyak kelapa atau bisa juga minyak kemiri lalu usap hingga merata ke rambut anda dan biarkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas rambut anda menggunakan air hangat.

Cara mengatasi uban secara alami- Vitamin B

5. Mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin B.

Selain perawatan dari luar akan lebih lebih jika kita juga melakukan perawatan dari dalam dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B , karena vitamin B itu sangat penting untuk mengembalikan pigmen pada rambut anda.

Contoh makanan yang mengandung vitamin B : Telur, kacang kacangan, gandum, sayuran hijau, dan biji bijian.

Baca Juga : 7 cara mencegah penyakit hipertensi (Darah tinggi)

Nah itulah tadi 5 cara yang bisa anda terapkan dirumah untuk menghilangkan uban yang meresahkan anda selama ini, semoga cara diatas bermanfaat untuk anda sekian dan terimakasih telah membaca artikel saya.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah