Cara Jitu mengatasi PMS dan Gangguan Menstruasi Bagi Wanita

assalamualaikum ukhti......🙋

kali ini saya akan sharing tentang bagaimana sih cara mengatasai PMS dan nyeri sewaktu menstruasi.....semoga saja artikel ini bisa bermanfaat khususnya bagi wanita di indonesia...yuk mari kita simak..!!!!!

 

 

sebelum kita membahas lebih lanjut ,terlebih dahulu kita harus tau apa sih itu PMS??? banyak yang tau tentang istilah tersebut namun belum memahami betul apa arti dari PMS.

 

PMS (Pre- Menstrual Syndrome) adalah gejalah fisik atau non fisik pada diri seorang perempuan akibat dari reaksi tubuh terhadap fluktuasi kadar hormon yang terjadi menjelang menstruasi.

adapun gejalah dari PMS itu sendiri sebagai berikut :

  • nyeri dan kram perut
  • payudara yang kencang dan nyeri
  • kecanduan makanan tertentu
  • mood yang tidak jelas kadang mudah marah dan suka tersinggung
  • merasa depresi
  • perubahan nafsu makan
  • sakit kepala ringan dan sulit untuk berkosentrasi
  • timbulnya jerawat pada wajah
  • gampang lelah dan susah tidu

nah itu semua adalah tanda-tanda dari PMS ukhti...mungkin ukhti pernah mengalaminya ..

trus aadak cara yang bisa mengatasi gejalah gejalh tersebut !!!😮

 

ya tentulah ada ukhti...😉

untuk mengataasi PMS, lakukanlah hal -hal berikut :

 

  1. kurangi makanan yang bergaram seperti kentang,kacang-kacangan, dan makanan yang berbumbu yang bertujuan untuk mengurangi penahanan air berlebihan
  2. kurangi makanan bertepung,gula,kafein, dan coklat
  3. banyak -banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C , seminggu sebelum menstruasi
  4. konsumsi makanan yang berserat
  5. dan perbanyaklah minum air putih ,jangan yang lain.
  6. konsumsilah makanan yang mengandung zat besi seperti sayur jika menstruasi cukup mengeluarkan darah banyak sehingga tidak mengakibatkan anemia.
  7. sering mengganti pembalut setidaknya 4 jam sekali ..karena kenyamanan vaniga juga bisa mempengaruhi mood seseorang.
  8. konsumsi jus wortel ya.hehehe..

semoga artikel ini bisa bermanfaat...

 😉😉

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Kholifatul islamiyah lahir di Lamongan, 20 Maret 1990. Buah dari pasangan khamim dan sulika. Beliau merupakan anak ke dua dari empat bersaudara. Terlahir dari keluarga golongan kebawah dan sejak kecil sudah terbiasa terdidik sebagai anak yang hidup sederhana. Ayahnya merupakan pedagang bakso disurabaya sehingga mengharuskan beliau ikut serta. Sebelum kembali ke lamongan beliau sempat bersekolah di taman kanak-kanak disurabaya selama 1 tahun Lifa,nama sapaan keluarga.Kembali ke lamongan ketika menginjak kelas TK B dan setelah lulus lifa meneruskan ke MI ASSAFIIYAH yang kebetulan satu lembaga dengan TK. Sebelum lulus MI, beliau berpindah tempat ikut orang tua tempat dimana ayah beliau dilahirkan. ditempat baru ayahnya bekerja sebagai tukang service sedangkan ibunya sebagai buruh tani.Setelah lulus MI melanjutkan ke MTS, pada saat inilah lifa sudah menunjukkan bakat sebagi seorang guru dan termotivasi untuk maju menggapai cita-cita. Setelah tamat MTS, lifa melanjutkan ke jenjang madrasah aliyah negri yang berada di kota lamongan sembari mencari ilmu agama di pondok pesantren miftaqul qulub. Meski tak banyak prestasi namun lifa mampu menduduki peringkat 60 se indonesia dalam ajang karya ilmia pelajar tak hanya itu dia juga pernah menjuarai kejuaraan lomba matematika ketika ada lomba disekolahannya. Lulus madrasah aliyah lifa sempat berhenti tidak langsung melanjutkan ke perguruan tinggi dan selama 1 tahun lebih memilih untuk bekerja. Karena sudah merasa tabungannya cukup lifa mendaftarkan diri ke perguruan tinggi suwasta yang ada dikota lamongan. Dia memilih jurusan FKIP bhs inggris karena dia mengiginkan bisa menjadi guru suatu hari kelak. Setelah lulus lifa mengajar di sekolah taman kanak-kanak mungkin lifa mengajar tidak sesuai dengan ijazahnya namun seiring berjalannya waktu lifa lebih suka menjadi guru taman kanak-kanak hingga sekarang.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah