7 cara mencegah penyakit hipertensi (Darah tinggi)

cara mencegah penyakit hipertensi

Hallo sahabat tulisanku - sebelumnya sudah ada yang tau apa sih itu hipertensi?

 

Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah anda berapa pada posisi 130/80 mmHg atau lebih. Pada posisi ini cukup berbahaya karena membuat jantung anda memompa darah lebih keras ke tubuh anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Silahkan simak 7 cara mencegah penyakit hipertensi (Darah tinggi) yang ada dibawah ini:

1. melakukan olahraga

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan tekanan darah kita yang tinggi tentunya dengan olahraga supaya menghindarkan kita dari penyakit ini. Kita dianjurkan untuk melakukan olahraga setidaknya 3x dalam seminggu. Jika kondisi anda sedang tidak enak badan atau lemah anda bisa melakukan olahraga yang ringan misalnya jogging selama 30 – 60 menit. Ini berguna untuk tetap menjaga kebugaran tubuh anda dan melatih kinerja jantung atau istilahnya yaitu jantung sehat.

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat potassium/kalium.

Potassium/kalium merupakan mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, biasanya mineral ini bisa kita dapatkan pada makanan sehari-hari contohnya: kacang polong, kol, bayam, kurma, dan papaya. Dengan mengkonsumsi potassium secara teratur dan tidak berlebihan dapat mencegah anda terhindar dari penyakit hipertensi.

3. Mengurangi  berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih memiliki resiko yang cukup besar terkena penyakit hipertensi. Namun anda masih bisa mengatasinya dengan cara olahraga secara teratur supaya mengurangi tekanan darah sistolik hingga 20 – 10 point.

4. Berhenti merokok

Berhentilah merokok karena rokok bukan hanya bisa menyebabkan kanker saja namun bisa juga menyebabkan tekanan darah yang tinggi. Mungkin anda juga tahu bahwa rokok itu mengandung zat nikotin, zat inilah yang nantinya akan mengakibatkan hormone adrenalin anda meningkat dan jika berlebihan menyebabkan kinerja jantung dan tekanan darah semakin cepat.

5. Hindari konsumsi garam yang berlebihan

Makanan yang tanpa garam mungkin kurang sedap atau terasa hambar dilidah, namun apa daya bila penyakit ini sudah menghampiri sebaiknya konsumsi garam anda sebaiknya dikurangi, kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi garam setidaknya kurang dari 1500mg/hari (2/3 sendok teh). Karena garam mampu meningkatkan volume pembuluh darah yang ada pada arteri anda.

6. Hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol

Selain tidak sehat untuk tubuh anda mengkonsumsi alcohol bisa menyebakan tekanan darah anda tinggi dan memperburuk kondisi kesehatan anda jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

7. Menghindari keadaan stress

Stress erat kaitannya dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi karena jika stress akan membuat otak anda melepaskan hormone adrenalin, kortisol dan norepinefrin yang dapat menyebabkan  peningkatan denyut jantung anda, maka dari itu sebaiknya hindari stress dan focus menatap masa depan anda.

Baca juga3 Tips Untuk Menunda Menopause Pada Wanita

Terima kasih telah membaca artikel tulisanku, semoga kita semua terhindar dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah