Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Hallo gaess,

 

Pernah gak sih kalian berpikir,bagaimana caranya menajamkan daya ingat?? Kalau pernah berarti kalian tidak sendiri. Daya ingat seseorang memang berbeda beda ada yang bertahun tahun gak lupa,ada yang hanya berbulan bulan,dan ada juga yang hanya beberapa saat saja.

Seiring berkembangnya usia,kemampuan daya ingat seseorang akan secara bertahap menurun,berikut cara sederhana yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi di otak :

 

1. Olahraga teratur

Gambar olahraga teratur(romadecade.org)

 

Siapa yang ingin meningkatkan daya ingat,tetapi malas untuk berolahraga???

Jika kalian malas,mungkin kalian harus mengubur hidup-hidup keinginan kalian untuk meningkatkan daya ingat.

Olahraga adalah cara pertama serta sangat mudah untuk dilakukan dalam meningkatkan kinerja otak. Kalian bisa berolahraga 1-2 kali dalam sepekan. Dengan berolahraga organ-organ akan berfungsi sesuai fungsinya tak terkecuali otak kita karena,pada dasarnya otak kitalah yang mengatur organ-organ di tubuh kita untuk bergerak.

Saya sarankan olahraga yang cocok untuk meningkatkan daya ingat adalah joging karena,sangat simpel,tetapi bisa membuat seluruh organ bergerak. Kalian juga bisa berolahraga yang lainnya tergantung kesukaan kalian.

 

2. Bermain teka-teki

Gambar orang bermain teka teki(kumparan.com)

 

Jika kalian berpikir bermain teka-teki hanya ada di surat kabar saja dan bermain catur harus menggunakan papan catur,berarti kalian kurang update.

Sekarang ini era digital,men. Sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi dan game yang berkaitan dengan teka-teki mulai dari teka-teki silang, gambar,warna,angka,catur.dll.

Kabar baiknya ternyata permainan teka-teki ini baik sekali untuk kinerja otak dan dapat merangsang otak untuk berpikir dan konsentrasi dalam memecahkan masalah.

Dari sekian banyaknya cara,cara inilah yang paling gak ribet karena,bisa dimainkan dimana-mana tidak butuh tempat yang luas hanya bermodal gadget,tetapi jangan lama-lama karena,radiasi dari gadget juga tidak baik.

Kalo penulis sendiri lebih senang teka-teki permainan angka seperti sudoku.

Kalian gunakan gadget kalian sekali-kali buat download aplikasi yang bermanfaat. Jangan hanya dibuat stalker mantan saja. :p

 

3. Diskusi

Gambar orang sedang diskusi(scout.id)

 

Diskusi atau pembicaraan yang bermanfaat ini ternyata berfungsi baik untuk merangsang kinerja otak. Mulai dari pembicaraan masalah pribadi,berita yang sedang viral,sampai ke pembicaraan pengalaman.

Dengan ini,kita bisa menerima banyak informasi,banyak pendapat, dan  dapat melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda serta kalian dapat menyampaikan pendapat  kalian. Dengan kalian berpendapat artinya kalian telah melibatkan otak untuk berpikir,mencari kata dan merangkai kata-kata untuk disampaikan.

Baca Juga : Kampung kerapu, spot wisata bahari eksotis di situbondo jawa timur

 

4. Membaca dan menulis

Gambar orang sedang menulis(hipwee.com)

 

Siapa yang tidak suka membaca dan menulis??? Jika kalian tidak suka artinya kalian telah memenggal keinginan kalian untuk meningkatkan daya ingat.

 

Membaca.

Di era digital ini kalian tidak lagi susah payah untuk membaca dan membawa buku kemana mana. Kalian bisa gunakan hanphone pintar kalian untuk mencari berbagai informasi di internet.

Dengan membaca artinya kalian telah melibatkan otak untuk menyimpan informasi-informasi yang suatu saat akan bermanfaat dan dibutuhkan.

 

Menulis.

Jika kalian berpikir menulis hanya bisa dilakukan di buku dan membuat ribet karena setiap hari harus bawa buku maka kalian salah besarr.Sekarang ini banyak media-media untuk menulis mulai dari aplikasi sampai blog atau website. Saran penulis,mulailah menulis diary kalian sendiri.

Dengan menulis,kalian secara tidak langsung telah melibatkan otak kanan dan otak kiri untuk bekerja seperti menuangkan ide-ide ke bentuk tulisan,berpikir mencari ide dan merangkai kata-kata yang sesuai dengan ide kalian.

Baca juga : Seoul: kota wisata korea selatan modern

 

5.Rekreasi

Gambar orang sedang rekreasi(pusatrekreasi.wordpress.com)

 

Ternyata otak juga bisa merasakan penat. Untuk itu kalian diharuskan mengistirahatkan otak kalian dari kepenatan ini. Salah satunya dengan rekreasi ke tempat yang menyenangkan.

Pasti kalian semua setuju kalau Rekreasi ke tempat menyenangkan ternyata bisa membuat otak segar kembali setelah kerja berhari-hari dan berjam-jam lamanya. Untuk para penulis sendiri rekreasi ini sangat penting untuk mengistirahatkan otak  dari kepenatan dan mencari ide-ide yang tersembunyi untuk dituangkan ke dalam tulisan. 

Nah,kalian bisa meniru cara ini untuk mengistirahatkan otak dari kepenatan.

 

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan,bahwa otak adalah organ penting yang sudah semestinya kita menjaga otak agar bisa bekerja secara maksimal dan terhindar dari kepikunan karena,sejatinya kepikunan disebabkan karena rusaknya saraf-saraf yang ada di otak.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Dulu aku hanya menyukai membaca sebagai hobiku,tetapi entah darimana asalnya,aku mulai menyukai menulis dan menjadikannya sebagai hobi kedua. Bagiku menulis adalah hobi yang sangat luar biasa karena,melibatkan otak kanan dan otak kiri secara bersamaan.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah