Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Di Wattpad

Pembaca yang banyak adalah impian para author atau Penulis, karena dengan adanya pembaca, sang Penulis bisa lebih semangat lagi dalam menyelesaikan tulisannya. Dengan banyaknya pembaca, bisa lebih mudah naskah untuk masuk kepenerbit dan tercetak Buat kamu sang author di wattpad simak tips yang aku kasih di bawah Ini ya, semoga bermanfaat buat kita semua

1. Buatlah cerita yang sedang tranding

Apa sih, yang dimaksud cerita yang tranding. Misalnya tahun Ini lagi banyak cerita tentang anak sekolah yang ada bad boy dan bad girlnya. Nah coba kalian buat cerita itu, tapi ingat jangan nyontek punya orang ya he he, atau kalian mau membuat cerita kisah nyata, atau kisah diri kalian sendiri, itu juga boleh banget. Yang pasti itu hasil karya sendiri dan bukan plagiat.

2. Judul yang berkesan

Untuk pemula, aku menyarankan buat kalian bikin judul pakai bahasa Indonesia aja, yang menurutku gampang di pahami orang. Tapi jika kalian lebih nyaman menggunakan bahasa inggris ya gapapa juga. Yang terpenting, judul dan cerita itu nyambung. Judul itu juga bisa membuat pembaca kalian menambah, jika judulnya berkesan apa lagi ceritannya

3.Membuat cover yang menarik

Cover adalah hal penting juga, walaupun banyak yang bilang " jangan liat buku dari covernya." Tapi gak sedikit dari kalian yang kalo baca buku, pasti liat covernya dulu. Jadi aku sarankan buat kalian buat cover semenarik mungkin, karena jaman sekarang lebih mudah membuat cover fan kalian bisa buat di Canva, fotor, snappa. Dll.

Dan kalian bisa minta bantuan sama teman, yang mahir dalam ngedesign cover buku, karena membuat cover yang bagus itu lumayan sulit. Jadi setidaknya sebagai imbalan ya traktir jajan di kantin hehe

4. Merapihkan tulisan

Merapihkan tulisan itu penting, karena banyak pembaca suka sama tulisan yang rapih. Gimana sih rapihnya? Jadi gini setiap bab tulisan kalian di buat sama, jangan yang part pertama pake paragraf tengah yang part kedua paragraf pinggir, itu membuat tulisan kalian jadi berantakan, dan juga jangan dempet-dempet sama paragraf yang berikut minimal kasih tiga longkapan biar pembaca tau Ini udah beda cerita. Buat pembaca lebih nyaman lagi, kalo bisa hilangkan typo. Karena typo membuat feel pembaca jadi buyar. Apa lagi kalo typonya kejauhan yang ada malah lucuu danjangan lupa untuk menempatkan tanda baca di tempat yang benar.

5. Selalu promosi

Promosi Ini juga hal terpenting, kalo cerita kalian gak di kasih tau orang, mana ada yang tau. Promosinya gak perlu berat-berat kok, cukup kamu ajak teman dekat kamu aja buat baca, satu pembaca udah lumayankan. Kalo bisa kamu minta teman kamu buat promosiin di storynya kan lumayan kalo Temen kamu punya 200 kontak mungkin 10 orang mau ngintip cerita kamu, Dan lama kelamaan akan membukit. Sekarang banyak group kumpulan Penulis wattpad, di sana kalian bisa saling feed back karya kalian, saling follow, vote dan lainnya. Yang penting usaha dulu biar orang tau cerita kamu. 

6. Rajin update. 

Kalo pembaca kalian udah mulai naik, bukan berarti kamu boleh leha-leha dalam menulis, karena kalo pembaca udah lama nunggu penulisnya buat up part berikutnya suka males baca lagi, jadi rajin-rajin buat update minimal satu minggu dua Kali. Atau kalian bisa membuat perjanjian sama pembaca kalian. Misal update setiap hari Jumat dan Sabtu. Dengan seperti itu, pembaca kalian akan menunggu di hari yang udah kalian janjikan.

7. Ramah terhadap pembaca.

Pembaca itu juga manusia loh, kalo dia komen ya di bales gitu, ya walaupun cuma terima kasih atau apapun itu, semampu kita bikin sang pembaca kalian betah di karya kalian. Berinteraksi lewat aktifitas di wattpad juga patut banget buat dilakukan. Karena dengan seperti itu, pembaca kalian bisa tau ternyata authornya masih aktif.

Baca juga : Lakukan 5 Tips ini agar otak tidak buntu ide!

Ya, mungkin segitu yang bisa aku kasih tau. Yang terpenting usaha dan berdoa, semoga karya kalian bisa sukses dan bisa di terbitkan. Dan selamat mencoba tips dari aku.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar
andreas waluyo - Jan 20, 2020, 6:02 AM - Tambahkan Balasan

trimakasih kak pengetahuannya... sangat membantu kak... berkunjung juga ya kak

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

I'm scolioser

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah