Cara Mudah Bikin Artikel Bahasa Inggris

Bagi yang suka nulis artikel lewat hape baik untuk blog,web,freelance job atau karya tulis lain,ada baiknya cara berikut dijadikan bahan referensi untuk mendukung karya tulis anda dalam bentuk bahasa Inggris.

Jika anda seorang profesional freelancer,mungkin cara ini sudah biasa tapi bagi penulis pemula,menulis artikel dalam bentuk bahasa Inggris adalah tantangan tersendiri,terlebih anda yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris pas-pasan.Menulis satu artikel dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar saja sudah merupakan tantangan besar bagi pemula,apalagi dalam bahasa Inggris...gimana caranya???

Banyak cara dalam membuat satu artikel bahasa Inggris untuk kita para pemula,untuk yang merasa kurang jago dalam bahasa Inggris dan yang hanya mempunyai hape sebagai alat bantu penulisanya.Salah satunya adalah dengan mencoba salah satu apk translater berikut,kali ini kita akan mencoba menggunakan apk translater bernama Google Translate.  Berikut langkahnya :

1.Download aplikasi Google Translate 

Aplikasi ini bisa kalian download gratis lewat Playstore untuk android kalian atau lewat market aplikasi lainya.Hape cukup android versi 6.0 untuk dapat menginstalnya.Jika hape kalian lebih rendah versi androidnya coba cari versi lama dari Google Translate.File aslinya sekitar 60.08 MB.Setelah didownload lanjutkan dengan menginstalnya pada hape anda.

2.Setelah diinstal,buka aplikasinya dan lihat tampilanya yang sederhana.Cukup dengan mengetik satu kata berbahasa Indonesia maka anda akan mendapatkan satu kata terjemahan bahasa Inggrisnya dengan cara menyeting "detect language" di pojok kiri atas layar tampilan utama menjadi "Indonesian",dan translate languages di pojok kanan atas tampilan utama menjadi "English".

3.Sesuai dengan judul diatas,untuk kepentingan penulisan karya tulis atau artikel berbahasa Inggris untuk kita para pemula,sebaiknya tuliskan dulu ide kalian dalam format artikel berbahasa Indonesia di aplikasi semacam office/note pada hape anda.Ingat jangan pernah mengcopy karya tulis orang lain karena para editor dengan mudah menganalisa tulisan anda melalui software-software canggih yang mereka punya.Lagipula kita memang belajar untuk menjadi penulis profesional yang mempunyai ciri keoriginalanya,bukan plagiat ataupun tukang contek belaka.

4.Jika sudah menyelesaikan artikel berbahasa Indonesia anda,cobalah mensetting Google Translate anda.Masuk ke menu setting,kemudian tap pada "Tap to translate" dan ubah status menjadi "Enable".Di bawahnya pilih "Preffered Languages" menjadi "English,Indonesian" karena kita mencoba mengubah artikel berbahasa Indonesia tadi menjadi bahasa Inggris bukan sebaliknya.

5.Langkah terakhir cara mudah bikin artikel bahasa Inggris kita adalah dengan masuk pada  aplikasi dimana artikel berbahasa Indonesia tadi kita tuliskan.Kemudian kita copy tulisan tersebut dengan terlebih dahulu memblock semua atau per bagian dari tulisan itu.

Tidak perlu berpindah aplikasi,lihatlah munculnya ikon Google Translate pada pojok kanan atas.Tap ikon tersebut dan...selamat !!! anda berhasil membuat satu artikel berbahasa Inggris.Untuk mengcopy hasil tadi cukup tap pada tanda "titik tiga" disebelahnya.Tap pada "copy" dan salin/pastekan pada halaman kosong apk office/note anda.

Untuk menyempurnakan struktur ataupun grammar dari hasil translate tadi maka kita bisa menggunakan aplikasi checker lain yang akan kita bahas di lain tulisan dan lain kesempatan.

Tentunya dengan aplikasi ini kita sebagai penulis pemula semakin dipermudah dalam pembuatan artikel berbahasa Inggris,lewat hape pula.Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan jangan pernah berhenti untuk belajar dan memperbaiki diri.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Pedagang makanan,berumah tangga,home city malang,seneng bgt nulis kesusastraan,puisi khususnya..pernah jadi guru privat untuk anak SD,pernah kerja jd admin..nginput data proyek..nyoba nulis artikel mg cocok dgn style saya

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah