Cara Pemijahan Ikan Cupang Dengan Benar

Cupang merupakan ikan terpopuler di daerah indonesia, tampilan nya yang sangat indah dan banyak orang yang terpincut dengan warna dan gerakan nya.

 

Cupang adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar, salah satu karakteristik nya terlihat dari gerak gerik dan ekor nya yang berbentuk kipas. Habitat ikan yang satu ini berada di sekitar asia tenggara seperti indonesia, malaysia, thailand, dan brunei darusallam.

Cupang merupakan salah satu ikan yang di jadikan peluang bisnis, karena ikan hias terpopuler di indonesia.

Sebelum ke pembahasan, yukkk kita kenalin dahulu lebih dekat tentang ikan yang satu ini.

Habitat asli ikan cupang adalah sungai yang berarus tenang, rawa-rawa, dan danau.

Selain itu cupang terkenal larena sifat keagresifannya dalam menahankan teritori (wilayah) mereka sehingga tidak jarang orang membeli ikan yang satu ini untuk di adukan.

Dengan perawatan yang benar ikan cupang bisa bertahan selama 3-6 tahun dengan panjang tubuh 5cm-10cm.

Sekali bertelur ikan cupang betina bisa sampai ratusan atau ribuan telur.

Menurut pengiat hobby ikan cupang atau betta fish indonesia, ikan ini dibagi 2jenis yaitu cupang aduan, dan cupang hias.

Daya tarik ikan cupang hias dilihat dari warna, bentuk sirip, bentuk ekor dan gerakan nya yang indah.

Sedangkan ikan cupang aduan dipelihara untuk di adukan dengan ikan cupang lain, sebagai catatan di beberapa negara sudah di anggap tanggapan ilegal.

Baiklah sekarang kita ke intinya saja kawan

 CARA PEMIJAHAN IKAN CUPANG

1. Pilihlah indukan yang mau sahabat pijahkan, usahakan pilih ikan cupang yang berkualitas dan punya nilai harga yang tinggi. Sebaiknya kalian mengambil dari turunan yang unggul Serta bebas dari penyakit.

2. Siapkan tempat untuk pemijahan

Tempat minimal 20x20 cm agar tidal terlalu sempit, selain itu siapkan juga botol bekas untuk penyimpanan ikan cupang betina, terakhir siapkan tumbuhan air seperti eceng gondok, apu-apu, frogbit, atau mata lele.

Gambar Pemijahan Ikan Cupang(diakui.com)

 

Dalam sekali pemijahan ikan cupang dapat menghasilkan 1000-2000 telur. Setelah pembuahan, telur cupang akan menetas dalam kurun waktu 24 jam. Menurut saya jika telur cupang kalian menetas semua diharapkan jaga kondisi air jangan terlalu dingin dan juga jangan terlalu panas agar tingkat kematian burayak tidak terlalu tinggi, dan biasanya ikan cupanh dipanen hanya 50-100 saja.

LANGKAH-LANGKAH PEMIJAHAN IKAN CUPANG.

 

          MENGISI AIR

- Isi air setinggi 10-15 cm kedalam tempat pemijahan, usahakan isi air dengan air sungai atau tanah yang sudah di endapkan selama 24jam agar larutan ph nya tidak terlalu tinggi

          MENEMPATKAN TANAMAN AIR

Masukan tanaman air ke dalam wadah sebagai tempat persembunyian burayak, pastikan penempatan nya tidak terlalu padat agar oksigen nya tidak terlarut kedalaam tanaman air tersebut.

          MASUKAN IKAN CUPANG PEJANTAN.

Masukan ikan jantan yang sudah siap kawin kedalam wadah pemijahan, biarkan selama sehari di dalam wadah tersebut agar ikan cupang jantan membuat busa busa untuk penyimpanan telur nya nanti, untuk memancing ikan cupang jantan membuat busa busa tersebut masukan lah ikan cupang betina tetapi jangan di langsungkan. Caranya masukan dahulu kedalam botol bekas dan simpan di tengah wadah pemijahan tersebut selama 24 jam, jika dalam kurun waktu 24 jam belum membuat busa busa atau gelembung angkat lah betina nya dan ganti betinya nya sama yang lain.

          MASUKAN IKAN CUPANG BETINA

Setelah busa busa atau gelembung terlihat, satukan lah ikan cupang betina nya, waktu pemijahan biasa nya pukul 8-10 pagi atau 4-6 sore, tutup wadah pemijahan dengan koran atau pun kain, dan jauhkan dari suara bising serta hilir mudik manusia.

          PISAHKAN IKAN CUPANG BETINA DENGAN IKAN CUPANG JANTAN.

Setelah pembuahan telur selesai, pisahkan ikan cupang betina dari ikan cupang jantan karena ikan cupang jantan lah yang bertanggung jawab menjaga telur telur tersebut hingga burayak usia 14 hari.

          TELUR MENETAS 

Dalam jangka kurun waktu kira kira 24jam, telur telur tersebut akan menjadi burayak hingga 3hari kedepan. Kamu bisa memberi pakan ketika umur 4 hari karena jika sebelum umur 4 hari dalam perut burayak masih ada nutrisi kuning telur nya.

 Saya cukupkan sekian semoga anda bisa berhasil dalam pemijahan ikan cupang. Salam Betta Fish Indonesia

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah