Cara sembuhkan sakit gigi secara alami

Sakit Gigi

Pernah membayangkan rasanya sakit gigi yang teramat sangat sampai ingin membenturkan kepala ke dinding? Ah, pasti ada yang mengatakan kalau sakit hati lebih nyeri daripada sakit gigi. Belum merasakan, sih? He...he...

 

Beberapa minggu lalu, saya sakit gigi dan bengkak. Awalnya hanya terasa tidak nyaman dan ada yang mengganjal ternyata itu permulaan gusi bengkak. Gusi yang bengkak dapat disebabkan banyak hal salah satunya kita jarang menggosok gigi, minum atau makan yang panas dan dingin juga sering mencongkel sisa makanan dengan tusuk gigi sehingga menyebabkan luka. Kalau sudah sakit dan nyeri, rasanya mau melakukan apa saja terasa malas, dengar suara berisik saja bisa menyebabkan rasa nyut-nyut di kepala. Karena saya sering minum dingin jadinya gusi dan gigi terasa sangat nyeri. 

 

Berhubung belum terjadi pembengkakan sampai pipi menjadi melembung, mama menyarankan untuk terlebih dulu mengompres dengan air hangat di sekitar pipi. Kemudian saya disuruh memakai resep nenek.

Ini ramuan yang diberikan nenek saya sejak dulu. Namanya rebusan jahe dan bawang putih.

 

Sediakan beberapa ruas, kalau saya butuh 5 ruas jahe lalu digeprek atau terserah kalian saja. Masukkan jahe tersebut ke air yang akan dimasak sampai mendidih lalu berubah warna. Dari putih hingga warnanya agak kuning akibat jahe tersebut. Tunggu hingga agak hangat lalu kumur dua kali sehari. 

 

Paling mujarab ada lagi, tetapi karena saya mual untuk menggunakannya jadi saya tidak mengikuti resep nenek. Jadi begini, haluskan bawang putih. Setengahnya saja kalau besar. Lalu tempelkan di gigi yang berlubang. Kata Paman saya itu yang ampuh. 

 

Memang sedikit demi sedikit rasa nyeri sudah reda dan bengkak berkurang. Namun, jika kalian merasakan sakit yang sangat hebat dan belum kunjung sembuh. Baiknya langsung bawa ke dokter gigi untuk dibersihkan luka nanah di gusi kalian. Karena kata dokter langganan saya, jika sakit gigi lebih dr lima hari tidak kunjung sembuh dan bengkak jangan dibiarkan. Hal tersebut dapat menyebabkan infeksi di gusi lalu dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Jangan anggap enteng sakit gigi, ya Sahabat. 

Baca juga : Tips persiapan persalinan ibu muda

Lebih baik kalau gigi kalian sudah berlubang, cabut atau tambal. Gigi yang rusak dapat merusak jaringan syaraf lainnya dan menyebabkan sakit tertentu. Resep dari nenek saya ini diberikan bagi mereka yang mengalami gejala awal sakit gigi, ya. Tahu kan awal-awal jika gusi kalian merasa tidak nyaman? Nah, gunakan rebusan jahe untuk mengantisipasi karena  Jangan menunggu sampai bengkak dan pipi melembung akibat pembengkakan, ya. 

 

Itu sedikit ulasan saya mengenai sakit gigi. Semoga bermanfaat, Sahabat.

 

=Selesai=

 

Surabaya, 09 Januari 2020

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah