Cara terbaik meredakan rasa sakit gigi yang berlubang

Sakit gigi memang sudah tidak asing ditelinga kita, karena setiap orang memiliki potensi mengalaminya sekali seumur hidup. Sakit gigi juga dikenal bukan hanya menyebabkan ngilu saat makan tetapi juga menyebakan pusing kepala dan meriang meriang karena demam. Dan inilah alasan kenapa orang suka mengatakan “ Lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi :D “. Karena memang sakit gigi ini sakitnya tak tertahankan bisa bikin anda guling guling.

Solusi terbaik saat anda mengalami sakit gigi adalah memerikasakan dulu ke dokter, namun biasanya dokter gigi menyarankan anda kembali dilain waktu jika gigi anda masih sakit, karena dokter gigi tidak bisa melakukan tindakan apapun jika kondisi gigi anda sedang sensitif rasa sakit.

Namun anda tidak perlu khawatir, sambil menunggu kembali ke dotker anda bisa melakukan cara dibawah ini untuk meredam rasa sakit gigi yang sudah tidak tertahankan.

 

1. Kumur-kumur menggunakan air garam

Kumur menggunakan air garam

Cara ini terbilang cukup cepat dan ampuh karena saya sendiri sudah mencobanya dirumah.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam dapur  pada 1 gelas air, lalu kumur-kumur kurang lebih selama 15 detik.

Garam akan bekerja membunuh berbagai bakteri penyebab sakit gigi dan menyerap kelembaban dalam mulut anda.

2. Kompress menggunakan es batu

Kompress menggunakan es batu

Masukan beberapa bongkah es pada kantung plastic kemudian tempelkan pada area pipi yang terkena sakit gigi. Es yang dingin akan membuat saraf gigi menjadi kebas/bal sehingga rasa ngilu akan hilang saat itu juga.

3. Menggunakan minyak cengkeh

Gambar Menggunakan minyak cengkeh

Cara yang satu merupakan cara yang sudah lama sekali digunakan oleh orang jaman dulu untuk menghilangkan sakit gigi, karena minyak cengkeh sendiri mengandung senyawa eugenol sebagai zat anetesi alami yang berguna sekali untuk mematikan syaraf penyebab sakit gigi namun untuk sementara.

Harap hati hati sebelum menggunakan minyak cengkeh ini, jika sembarangan menggunakannya bisa bisa rasa sakitnya makin parah jika meneteskannya pada gusi yang sensitive.

Cara yang aman jangan langsung tetes, anda bisa menggunakan bola kapas dan teteskan minyak cengkeh pada bola kapas tersebut secukupnya lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

 

4. Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu Biji

Selain untuk menghilangkan sakit perut daun jambu biji juga ternyata bisa meredam rasa sakit pada gigi berlubang anda. Karena pada daun jambu biji sendiri mengandung sifat anti radang, anti mikroba, dan predam nyeri (analgesik).

Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengambil 1 – 2 lembar daun jamu biji muda, kemudian kunyah hingga extrak air daun jambu biji keluar. Usahakan extrak air itu mengenai gigi anda yang sakit.

 

5. Menggunakan Obat

Gambar Menggunakan Obat

Jika cara alami diatas tidak berhasil, maka tidak ada salahnya anda mencoba cara ini yaitu menggunakan obat yang biasanya dijual di apotek. Nah berikut ini beberapa obat yang bisa kalian gunakan untuk meredakan rasa sakit gigi berlubang anda : Hidrogen Peroksida 3% , Paracetamol , Ibuprofen , Naproxen.

Baca Juga : Obat paling ampuh mengobati insomnia

Jika menggunakan obat juga tak kunjung reda dokter biasanya akan merekomendasikan obat antibiotic yang dosisnya lebih kuat atau melakukan tindakan medis tertentu seperi menambal gigi, perawatan saluran akar gigi, bahkan mencabut gigi jika sudah parah kondisinya.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah