Ciri-ciri Kanker Getah Bening yang Merenggut Ustaz Arifin Ilham

Beberapa peneliti menyatakan bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kematian. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan waspada jika terjadi sesuatu pada bagian tubuh. Kanker getah bening merupakan salah satu jenis kanker yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan karena terbilang sangat berbahaya pada tubuh meski masih bisa diobati dengan cara medis.  

Ternyata, kanker getah bening ini bisa menyerang secara tiba-tiba. Nah karena itu, penting sekali untuk mengetahui beberapa ciri-ciri kanker gerah bening yang bisa menyerang siapa saja.  

1. Lelah yang Berlebihan 

Foto: dokter sehat

 

Memperbanyak istirahat merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa lelah, tetapi jika rasa lelah yang muncul terlalu berlebihan, wajib kita waspadai. Ihwalnya, rasa lelah berlebih adalah salah satu ciri-ciri awal dari kelenjar getah bening yang mulai menyerang. 

 

2. Turunnya Berat Badan Secara Drastis 

Foto: Alodokter

Selain merasa lelah yang berlebih, ciri-ciri kelenjar getah bening juga bisa memengaruhi berat badan yang turun secara drastis. Hal ini terjadi karena tubuh yang kehabisan kalori akibat berjuang melawan sel-sel kanker dan berat badan pun turun sampai 10% dalam satu bulan.  

 

3. Ruam di bagian Kulit 

Foto: Hipwee

Ciri-ciri kelenjar getah bening lainnya ialah munculnya ruam di kulit seperti kemerahan yang berwarna sedikit biru, seperti luka. Jika dipandang sekilas, ruam tersebut seperti eksim. Ternyata ruam itu disebabkan karena tubuh mengalami penyakit kanker kelenjar getah bening.  

 

4. Terasa Nyeri dan Sesak 

Foto: hallosehat

Penyakit kanker getah bening biasanya akan mempengaruhi bagian timus, yaitu organ kecil yang berada di antara paru-paru dan tulang dada. Akibatnya penderita akan merasakan sesak napas dan ini harus segera diatasi. 

 

5. Demam Tinggi

Foto: kumparan.com

Bagi sebagian orang, sering mengalami demam tinggi merupakan salah satu ciri-ciri kanker kelenjar getah bening. Jadi kita wajib waspada jika mengalami demam tinggi.  

 

6. Perut Membesar

Foto: Hallosehat

Kanker kelenjar getah bening tidak hanya menyerang bagian pernapasan. Ciri-ciri lain juga bisa dilihat dari perut yang buncit karena menyerang bagian pencernaan. 

 

7. Terdapat Benjolan

Foto: pfimegalife.co.id

Adanya benjolan pada beberapa bagian tubuh merupakan ciri-ciri kanker kelenjar getah bening. Biasanya paling sering di bagian leher,  tetapi anehnya benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit.  

Baca juga : 7 Macam buah untuk terobosan diet sehat dan tepat

Nah, jika mengalami ciri-ciri di atas, kita wajib untuk berkonsultasi ke dokter agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.  

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah