Cukup! Terapkan 6 sikap sederhana ini agar karirmu membaik.

Gambar meniti karrir

Meniti karir di dunia perusahaan tidak selamanya mulus dan indah. Banyak tantangan dan rintangan yang bisa membuat kamu putus asa.

Melihat teman sekantor atau tetangga naik jabatan seakan kebahagiaan sirna tanpa harapan. Apalagi calon mertua menunggu kamu mapan baru disetujui kepelaminan.

Ada juga dua bulan kerja jabatan naik begitu cemerlang. Ada pamannya yang jadi bos sehingga dia pun ikut-ikutan. Bagitulah kadang dunia pekerjaan berjalan tanpa keadilan.

Namun kamu yang bermental pejuang jangan pernah ciut dengan dunia hitam di perusahaan. Kamu bisa mencapai apapun yang kamu impikan dengan cara yang berperi kemanusiaan.

Melalui artikel ini saya akan berbagi langkah-langkah jitu yang bisa kamu lakukan agar karir mu cepat cemerlang. Simak baik-baik sobat.

 

Niat

Niat harus menjadi poin utama dalam kamu bekerja. Karena dengan niat dapat memunculkan kreatifitas, kenyamanan hingga kekuatan dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor. Kamu harus memperbaiki niat kamu bekerja, semakin baik niat yang kamu tanamkan dalam hati maka semakin baik pula efek psikologi yang akan kamu rasakan.

Misalnya kamu niatkan bekerja untuk memcari nafkah buat keluarga, atau supaya kamu memiliki uang dan bisa berbagi dengan orang lain. Maka poin-poin yang kamu tanamkan dalam hati kamu akan memunculkan motivasi positif dan semangat kerja yang tanpa batas dalam diri kamu demi tercapainya target yang kamu impikan.

Atau coba deh kamu ingat-ingat sekarang, apakah selama ini kamu sudah memiliki tujuan yang jelas atau visi misi yang bagus untuk perusahaan tempat kamu bekerja? atau adakala kamu bekerja hanya untuk gaji pribadi belaka, maka kamu harus mulai waspada terhadap dirimu karena kamu sudah berada jauh dari memiliki niat yang baik bergabung dengan tempat kamu bekerja sekarang.

 

Usaha

Kamu harus memastikan pada dirimu sendiri, kalau kamu adalah salah satu karyawan yang terus berusaha tanpa ada kata menyerah. Mencari berbagai solusi ketika menemukan masalah dalam pekerjaan. Kamu akan melakukan sharing dengan teman sekantor, membaca buku sebanyak-banyaknya, atau bahkan kamu akan menelpon teman sekolah mu yang memiliki dunia kerja yang sama dengan mu. Intinya kamu harus menjadi karyawan yang siap melakukan apapun untuk kemajuan perusahaan.

Gambar ilustrasi berusaha

Disaat kamu mampu memecahkan sebuah kasus atau memunculkan sebuah ide yang cemerlang, maka disaat itulah karir mu akan ikut membaik. Apalagi kamu mampu memecahkan masalah atau memiliki ide brilliant bersama beberapa teman mu akan menunjukkan kamu memiliki kemampuan leadership yang baik.

 

Jujur

Jika kamu mengerti tentang integritas maka kamu pasti tahu, aspek terpenting integritas ketika bekerja adalah kejujuran. Banyak orang menyelesaikan dunia pendidikan yang tinggi namun sedikit orang yang bisa jujur. Kamu harus membentuk habbits kamu menjadi karyawan yang jujur. Kapan pun, dimanapun dan berhadapan dengan kondisi apapun.

Banyak bos mencari tahu tingkat kejujuran karyawannya dengan mengajak menipu atau memanipulasi data. Kamu jangan sungkan untuk mengatakan tidak pada hal yang tidak benar atau berbohong. Jujurlah kamu walaupun dalam kondisi yang sulit karena sikap itu akan menyelamatkanmu selamanya.

Dan percayalah, jangan pernah kamu berbohong karena kebohongan kali pertama akan memaksa kamu untuk berbohong untuk yang kedua dan ketiga kali hingga seterusnya. Jadi berlakulah jujur karena itu cara terbaik agar kamu berhasil dalam dunia kerja.     

 

Disiplin

Karakter yang terlihat simple namun memunculkan efek yang luar biasa adalah disiplin. Coba kamu ingat, pernahkan kamu kesal dengan teman mu yang tak datang tepat waktu ketika janjian? Itu adalah hal sederhana. Namun jika kamu mampu menjadi karyawan yang disiplin disegala aktivitas, baik itu rapat, pertemuan dengan kolega atau mitra kerja. Mampu disiplin ketika ada meeting internal akan menjadi nilai tambah yang luar biasa. Jika kamu mampu mempraktekkan kedisiplinan dalam pekerjaan, tunggu saja karir mu dalam pekerjaan akan segera melejit tinggi.

 

Ikhlas

Orang yang ikhlas bukan berarti tidak membutuhkan gaji. Karena gaji identik dengan uang yang merupakan kebutuhan setiap manusia. Namun Ikhlas tetap menjadi poin penting ketika kamu bekerja karena ikhlas dapat memunculkan totalitas. Totalitas inilah yang akan membuat kamu terlihat lebih berbobot daripada karyawan yang lain.

Kalau kamu beragama islam, sikap ikhlas ketika bekerja sangat menguntungkan kamu. Dengan ikhlas Allah ridha terhadap pekerjaan mu. Allah akan berikan nilai pahala atas setiap langkah pekerjaan yang kamu kerjakan atas dasar karena Allah dan beribadah. Dunia bahagia, akhirat masuk syurga.

 

Doa

Gambar orang yang sedang berdoa

Kamu yang pintar dan ahli dalam bidang pekerjaan bisa jadi stress karena beban pikiran yang tidak karuan. Namun jika kamu iringi dengan berdoa, hati bisa tenang karena kita telah melepaskan semua beban pikiran melalui doa. Muslim berdoa kepada Allah sebagai wujud tawakkal. Menyerahkan semua hasil dari yang di usahakan kepada Allah. Allah yang menentukan kamu yang mengusahakan. Bahasa lainnya, tugas kamu hanya merencakan namun Tuhan yang menentukan.

Baca juga : Pekerjaan ini bisa kamu lakukan untuk menambah uang jajan sambil kuliah

Demikian trik sederhana dari saya, tanpa modal uang hanya butuh komitmen dan kemauan. Siapa saja kamu pasti bisa mempraktekkannya asal kamu punya kemauan. Semoga karir mu melejit, sobat.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah