Dari Template Hingga Penyimpanan, Inilah Tips Seputar Dokumen Word di WPS Office Android

Diluncurkan pada 2011 lalu, WPS Office diunduh lebih dari 700 juta unduhan di seluruh dunia. Aplikasi android besutan Kingsoft ini memudahkan pengguna untuk membuka berbagai macam dokumen seperti words, excel, maupun power point dengan berbagai ekstensi. Tidak hanya membuka dokumen, aplikasi ini juga mendukung untuk membuat/mengedit file serupa.

Tentunya, WPS Office versi android memiliki beberapa kelemahan dibanding versi PC. Meski begitu, beberapa diantaranya bisa disiasati dengan cara lain. Jika Anda adalah pengguna baru WPS Office, tips  berikut patut untuk Anda simak. Perlu diketahui bahwa tips berikut berlaku untuk WPS Office Versi 9.9.9.

Penggunaan Template

Urgensi mengatur template memang tidak begitu terasa. Akan tetapi, template membantu menghemat waktu bila Anda membutuhkan lembar kerja dengan format tampilan sama untuk waktu berkesinambungan. Membuat template dokumen word tidaklah sulit. Setelah masuk ke aplikasi dan menekan tombol tambah (+). Pilih dokumen baru, kemudian tinggal menekan opsi template custom.

Dari sana, Anda bisa mengatur format yang diinginkan seperti ukuran dan jenis font, ukuran margin, ukuran halaman, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menyimpan template. Template pun siap digunakan.

Berikut adalah contoh tampilan template dokumen khusus untuk rubrik di media online. Untuk menggunakannya, klik template tersebut dan jika ingin membuat yang baru, tinggal lakukan langkah yang sama (tambah dokumen baru - klik template yang sudah diatur). WPS Office versi ini menyediakan maksimal dua template untuk digunakan.

Pemanfaatan Fitur 'Bungkus Teks'

Bungkus Teks memiliki fungsi menyederhanakan tampilan sehingga lebih enak untuk dibaca tanpa menggeser layar dan lebih mudah untuk mengetik. Adakalanya fitur ini justru menghambat dalam pembuatan/penyuntingan dokumen. Beberapa fitur seperti menu pengesetan halaman dan tabel, otomatis tidak bisa diakses. Untuk mengembalikan fungsinya, anda hanya perlu menonaktifkan bungkus teks. Dengan demikian, kapan mengaktifkan/menon-aktifkan bungkus teks tergantung pada kebutuhan.

Menambah Font Diluar Font Bawaan (Default)

Pilihan font di WPS Office cukup banyak, tetapi tidak semua yang dibutuhkan tersedia. Banyak pengguna WPS Office baru yang belum mengetahui cara menambah font. Untuk melakukannya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan folder Fonts di penyimpanan yang dipilih untuk menginstall, misalnya di penyimpanan perangkat. 

Selanjutnya unduh font yang diinginkan di google. Setelah font yang diunduh disimpan di folder Fonts, buka kembali aplikasi WPS Office. Pilih tanda (+), klik dokumen baru. Masuk ke menu Alat > Font > Kolom Jenis Font (tampilan default: Calibri).

Lalu gulung layar ke bawah (scroll down) hingga menemukan tulisan; Tidak ada font yang diinginkan? Klik di sini untuk membuatnya. Ikuti perintah dan ketikkan nama font yang telah diunduh. Sistem akan otomatis menambahkan font baru.

Penambahan tidak selalu langsung berhasil. Biasanya membutuhkan waktu beberapa saat. Anda bisa menutup aplikasi terlebih dahulu, lalu buka kembali dan font baru siap digunakan.

Menyimpan Dokumen

Meski auto-save WPS Office tergolong cukup optimal, tidak ada salahnya untuk sering menekan tombol save di pojok kiri. Anda dapat menyimpan dengan format docx ataupun doc. Format docx lebih disarankan (jika selanjutnya tidak dibuka di Microsoft Word 2003). Anda juga bisa memilih tempat penyimpanan dokumen yang diinginkan.

Disarankan untuk meninjau penyimpanan yang paling optimal. Setiap ponsel memiliki karakteristik berbeda. Pada satu kasus, untuk dokumen yang berpotensi disunting kembali, akan bagus disimpan di penyimpanan internal karena lebih ringan ketika dibuka. Namun hal itu kembali pada pengaturan dan karakteristik ponsel. 

File dibuka di PC Menjadi Berantakan?

Pada kasus ini, perlu diketahui bahwa versi software tertentu mempengaruhi tampilan berkas yang dipindah dari android. Seperti yang telah ditekankan di atas, format docx dianjurkan karena format ini terbaru dan memiliki keunggulan. Akan tetapi dokumen yang disimpan dengan format docx ketika dibuka di Microsoft Word 2003 akan tampak berantakan.

Tidak ada spasi antar kata sehingga menyulitkan pembaca dan akan merepotkan jika harus memisahkan kata perkata. Solusinya adalah dengan mengubah format yang disimpan. Tampilan dokumen akan aman dibuka di Microsoft Word 2003 jika disimpan dengan format doc.

Baca juga : Trik supaya akun facebook tidak mudah dibobol orang

Adapun untuk kasus lainnya, bisa dicoba dengan mengubah ke format lain yang disediakan di WPS Office. Jika tetap berantakan, pilihan terakhir adalah dengan mengekspor ke pdf terlebih dahulu melalui menu 'berkas'. Sayangnya opsi ini hanya diperuntukkan bagi berkas yang sudah siap cetak karena tidak bisa diedit lagi.

Itulah beberapa tips seputar dokumen word di WPS Office. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki banyak manfaat. Terlepas dari kekurangan yang ada, WPS Office layak untuk dipilih sebagai penunjang kebutuhan pengguna akan dokumen.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu