Daun sirih si daun hijau yang berguna bagi kesehatan.

Hai ... jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya mau berbagi mengenai kesehatan. Ada yang tahu namanya daun sirih? Biasanya nenek kita sering menggunakan daun hijau ini untuk dijadikan kunyahan dalam mulut. Sirih dimakan bersama gambir, pinang dan kapur. Mengunyah daun sirih sudah merupakan warisan yang diturunkan oleh nenek moyang kita jaman dulu. Kegunaannya adalah memperkuat gigi dan memutihkan biar tampak cantik. Itu kata nenek saya.

 

Selain hal tersebut, ternyata ada beberapa manfaat lainnya yang kita harus tahu. Saya peroleh dari informasi Almh nenek. Dulu waktu kecil, saya tidak percaya jika daun sirih memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan manusia. Maklum dulu mana ada informasi mengenai internet. Itu tahun 90-an dan masih belum paham yang nama google. Ternyata setelah saya cari di google beberapa tahun kemudian, ucapan nenek benar. Oke ... di bawah ini informasi yang saya peroleh dari nenek. Di simak, ya.

 

1. Menghilangkan rasa gatal

 

Rasa gatal itu sangat mengganggu ketika beraktifitas. Benar, kan? Kalau kita minum obat, tentunya ada dampak yang ditimbulkan yaitu mengantuk. Menghilangkan rasa gatal bisa menggunakan rebusan daun sirih lalu dipakai mandi. Rebus 5 lembar daun sirih yang tua dan setelah mendidih, tunggu hingga hangat. Pakailah untuk mandi sehari dua kali hingga rasa gatal berkurang. Kalau saya, cukup dua hari saja. Terbukti memang khasiatnya loh.

 

2. Sakit gigi

 

Nah ini yang sering dikeluhkan orang yang sakit gigi. Sudah berapa cara dilakukan tetap tidak kunjung sembuh. Pengobatan sakit gigi sering dilakukan orang jaman dulu sebelum mengenal dokter. Menurut mereka, takut jika ke dokter. Rebus 2 lembar daun sirih hingga mendidih. Tunggu hangat lalu gunakan untuk kumur. Diulang sampai sembuh. Sehari cukup satu kali saja. Kalau saya tidak menggunakan ini waktu sakit gigi karena buat mual. He...he...

 

3. Diare

 

Susah ya kalau kita mengalami hal ini. Bolak-balik ke kamar mandi dan perut terasa sakit. Daun sirih juga bisa dijadikan obat alami untuk diare. Caranya ambil 4 lembar daun sirih, 2 biji pala yang sudah halus dan 1 sendok minyak kelapa. Kalau tidak ada minyak kelapa bisa gunakan minyak kayu putih. Lumatkan semua bahan tersebut hingga halus lalu gosokkan ke perut. Ulangi beberapa kali hingga merasa enakan.

 

4. Keputihan

 

Ini yang banyak dialami oleh wanita. Rasa gatal dan tidak nyaman terkadang mengganggu aktifitas untuk bergerak. Caranya dengan merebus 5 daun sirih hingga mendidih lalu tunggu hangat. Kemudian basuh pada daerah kewanitaan. Gunakan sehari dua kali selama tiga hari. 

Baca juga : Dijamin berhasil!!! diet sehat dan mudah dilakukan

Oke ... memang tidak banyak yang saya tulis di sini karena ini dari nenek. Jika di antara kalian ada yang tahu lagi manfaat daun sirih. Silakan beri komentarnya. Sekian dari saya semoga bermanfaat.

 

=Selesai=

 

Surabaya, 17 Januari 2020

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Jan 19, 2020, 4:07 AM - andreas waluyo