Desa Wisata Pujon Kidul, Destinasi Instagenic di Malang, Jawa Timur

Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk Desa Wisata Pujon Kidul agar banyak wisatawan berkunjung ke Malang. Ditambah hawa sejuk pegunungan akan membuat Anda betah berada di sini. Tempat ini saat ini pun sangat mudah ditemukan karena sudah banyak petunjuk arah yang dipasang di setiap belokan.

Liburan akhir pekan maupun liburan panjang sangat cocok ke tempat ini bersama seluruh anggota keluarga, teman, atau sahabat. Berikut informasi lengkap tentang aktivitas dan fasilitas yang bisa Anda coba di Pujonkidul.

 

Awal Mula Desa Wisata Pujon Kidul

Wisata Pujon Kidul Malang

Awalnya kawasan ini memiliki banyak pengangguran. Sejak dijadikan Desa Wisata tahun 2016 banyak yang berprofesi sebagai pengusaha. Masyarakat berinisiatif untuk menjadikan desanya sebagai Desa Wisata. Semua sudut dikelola murni oleh masyarakat setempat.

Sekarang penghasilan masyarakat bisa mencapai Rp14 Miliar per tahun. Hal positif yang didapat yakni penurunan angka kemiskinan, sebab semua pekerja adalah masyarakat Desa Pujon Kidul. Dana untuk pengembangan wisata di tempat ini tidak lain yaitu dari dana desa.

Fasilitas dan Aktivitas di Desa Wisata Pujon Kidul

Sejak ditetapkan sebagai Desa Wisata, masyarakat sudah berusaha memperbaiki fasilitas dan jumlah objek wisata di Desa Pujon Kidul. Dulunya tempat ini belum banyak menyediakan toilet umum namun sekarang sudah maju. Berikut beberapa fasilitas dan aktivitas yang bisa Anda coba.

1. Cafe Sawah

Cafe Sawah

Wisata Cafe sawah ini mengangkat tema alam sehingga menu-menu yang disajikan di tempat ini masih tradisional. Anda akan menemukan nasi jagung, urap-urap, ayam goreng, rempeyek, bakso, dan masakan khas rumahan lainnya. Menu di tempat ini dibanderol mulai Rp10.000,- saja.

Bagi Anda yang pertama kali ke tempat ini, Anda akan merasakan makan di saung dari bambu dengan sajian makanan prasmanan. Pengelola juga mentiapkan westafel di setiap saung untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Uniknya, tatanan tanaman dan kolam-kolam buatan tertata rapi dan sangat pas untuk swafoto.

Wisata Cafe Sawah buka pukul 08.00 – 22.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp30.000,-. Anda juga akan mendapatkan voucher Rp8000,- yang bisa digunakan sebagai potongan harga saat makan di dalam Cafe Sawah. Tentunya makan di sini bisa lebih hemat dengan voucher potongan makan tersebut.

2. Berkeliling Menunggang Kuda

Sebelum pintu masuk Cafe Sawah, Anda akan melihat banyak kuda yang disewakan. Anda bisa menikmati pemandangan alam dengan menunggangi kuda. Tak perlu panik jika masih awam dengan berkuda, seorang pemandu akan mengawal Anda berkeliling.

3. Belajar Beternak Sapi

Sebagai penghasil susu yang cukup populer, Pujon Kidul juga menawarkan pengalaman beternak sapi kepada setiap pengunjung. Anda akan diajari bagaimana memerah susu sapi yang benar, memberi makan sapi, dan memandikan sapi.

Jika beruntung, Anda bisa melihat pengolahan susu sapi menjadi yougurt atau olahan lainnya. Para peternak biasanya menyerahkan hasil perahan susu sapi ke koperasi dan langsung didistribusikan.

4. The Roudh 78

Desa Wisata Pujon Kidul

Bagi Anda yang suka memicu andrenalin, tempat ini sangat cocok. The Roudh 78 menyuguhkan aneka kegiatan seru seperti off road dengan jeep tempur. Selain itu, pengunjung bisa main perang bersenjata paintball.

5. Belanja Oleh-Oleh

Susu Sae Pujon Kidul

Di Wisata Pujon Kidul banyak dijajakan makanan khas desa ini. Anda bisa membeli hasil kebun yang baru saja dipetik sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. Di tempat ini juga banyak jajanan lezat dari hasil pertanian masyarakat setempat misalnya ubi cilembu yang dioven, Jasuke, Yogurt, Susu Sapi Murni, dan aneka keripik dari ubi maupun bayam.

Sayuran segar baru petik juga jumlahnya sangat melimpah. Anda bisa menemukan bayam, wortel, kentang, dan ubi hasil Pujon Kidul. Semua sayuran dan buah tersebut dijual dengan harga terjangkau. Dijamin Anda tidak akan mengalami kantong kering saat berbelanja di sini. 

Baca juga : Destinasi wisata terpopuler di magetan

Lokasi dan Akses Menuju Desa Wisata Pujon Kidul

Wisata Pujon Kidul berada di sisi barat, melewati Kota Batu jika Anda berangkat dari Kota Malang. Jarak tempuhnya dari pusat kota sekitar 30 kilometer, dengan waktu perjalanan 1,5 jam. Anda bisa menggunakan kendaraan pibadi atau sewa mobil.

Keadaan jalan yang cukup menanjak, membuat jarang ada kendaraan umum di sini. Sehingga bagi Anda yang berasal dari luar kota sebaiknya menyewa kendaraan sebelum berangkat ke sini. Bagi solo traveling, kemungkinan ada ojek di sekitar Cafe Sawah, namun hanya untuk akses masuk ke objek wisata.

Keberadaan Desa Wisata Pujon Kidul ini tidak hanya menjadi kebanggaan buat semua para wisatawan. Siapkan kamera yang bagus karena Anda tidak akan mau ketinggalan pemandangan yang memesona di tempat ini. Selain bisa makan di pinggir sawah tentunya hal terpenting adalah posting di Instagram tentang keseruan saat berada di sini. Selamat liburan!

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Blogger dan Content Writer Blog pribadi: www.anggiputri.com Instagram: @anggi_putri7

Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu