Ini 8 Tips Memelihara Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Terapkan dalam Hidupmu

Ini 8 Tips Memelihara Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Terapkan dalam Hidupmu

Akhir-akhir ini dunia K-POP ramai diberitakan dengan berita meninggalnya beberapa artis dengan cara bunuh diri. Para penggemar sekaligus dunia ikut geger dalam membahas tentang kesehatan mental yang lemah dapat menjadi penyebab keinginan bunuh diri seseorang.

Disebutkan penyebab artis k-pop bunuh diri salah satunya karena mendapat komentar kebencian yang dituliskan haters di media sosialnya semasa hidupnya. Perkembangan teknologi di dunia melesat dan meciptakan berbagai kemudahan untuk dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Mengikuti perkembangan tersebut, berbagai penelitian besar-besaran dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia sehingga dapat menyebabkan kesehatan mental seseorang terganggu.

Hal ini tentu saja membawa ketakutan yang besar bagi banyak orang, disamping kebutuhan sehari-hari memang memerlukan adanya bantuan alat-alat dari hasil teknologi dan juga merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari untuk tidak ikut masuk dalam perkembangan zaman. Maka dari itu, sebenarnya apa saja hal yang perlu dilakukan untuk memelihara kesehatan mental tetap terjaga?

 

1. Bangun Pagi Diawali dengan Rasa Syukur

Pernahkah kamu mendengar sebuah kalimat dimana ketika kita bangun pagi dengan mood yang bagus, maka aktivitas yang kita lakukan sepanjang satu hari tersebut juga akan bagus? Usahakan saat bangun tidur duduklah sejenak selama 10 menit dan katakan hal-hal positif yang kamu syukuri dalam hidup kamu. Kamu bisa mengatakan apa saja yang telah kamu capai dalam hidupmu dan mulai memuji diri sendiri akan kelebihan yang kamu miliki.

 

2. Rajin Berolahraga

Selama ini apakah kamu berpikir bahwa olahraga hanya baik bagi kesehatan tubuh? Tentu saja tidak. Selain membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, berolahraga juga membantu kamu dalam menjaga kesehatan mental terutama dalam menangani perasaan stres yang sedang melanda kamu. Jadi, mulailah berolahraga setidaknya satu kali dalam seminggu ya.

 

3. Makanan Bergizi

Selain berolahraga, makanan bergizi juga dapat membantu kamu dalam memelihara kesehatan mental. Sebut saja salmon yang kandungan omega 3-nya mampu meningkatkan mood dan menangkal depresi. Makan bayam juga bagus untuk menurunkan resiko depresi dan meningkatkan stamina tubuh lho. Buah pisang, beri, rempah-rempah seperti kunyit juga mampu menurunkan resiko depresi.

 

4. Berteman dengan Orang Yang Positif

Dalam hidup kamu mungkin memiliki banyak teman, tapi coba koreksi apakah teman-temanmu itu membawa pengaruh yang positif? Jika teman-temanmu lebih banyak mengajak kamu dalam melakukan hal-hal yang buruk dan selalu merendahkan kamu, sebaiknya kamu mulai mencari teman yang dapat memotivasi kamu untuk meraih cita-cita dan membawa pengaruh positif dalam hidup kamu.

 

5. Ikuti Kegiatan Kelompok

Selama ini kegiatan apa saja yang pernah kamu ikuti untuk mengisi waktu luang? Jika tidak ada, mulailah memberanikan diri mengikuti organisasi di sekolah atau kampus tempat kamu menimba ilmu. Kamu bisa juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, les musik, ikut serta kompetisi dance, kelas renang, maupun kelas seni yang ada di kotamu. Hal ini bagus untuk kamu agar memiliki suasana baru dan terhindar dari stres.

 

6. Batasi Penggunaan Smartphone

Seiring dengan berkembangnya teknologi di dunia, sosial media mungkin sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk kamu menjalin komunikasi dengan teman maupun banyak orang. Namun penggunaan sosial media maupun Smartphonemu untuk kebutuhan lainnya bisa kamu batasi hanya sekitar 3-4 jam saja dalam sehari. Hal ini mampu membantu kamu dalam memelihara kesehatan mental untuk tidak terus-menerus terpaku dengan Gadget dan mulai berinteraksi dengan orang-orang disekitarmu.

 

7. Menulis Diary dan Katarsis

Di era teknologi serba canggih sekarang dengan menjamurnya sosial media membuat kamu lupa caranya menulis diary? Menulis diary di malam hari setelah beraktivitas baik buat kamu lho. Kamu bisa menulis kekesalan maupun hal menyenangkan disana. Kamu juga bisa melakukan hal katarsis lain dengan mempunyai samsak tinju dirumah untuk melampiaskan kekesalanmu saat sedang stres.

 

8. Beribadah

Dalam kehidupan beragama, beribadah kepada Tuhan adalah suatu hal yang wajib bukan? Selain itu beribadah juga membantu meringankan bahkan dapat menghilangkan stres yang kamu alami. Hal ini karena beribadah juga bagian dari melakukan relaksasi atau meditasi untuk menenangkan pikiran dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Baca juga : Daun sirih sidaun hijau yang berguna bagi kesehatan

Kunci dari memelihara kesehatan mental yang paling penting adalah hindari stres dengan melakukan kegiatan apapun yang positif dalam hidup kamu. Sebisa mungkin selalu berada di lingkungan yang menyenangkan dan berada di sisi orang-orang yang mendukung kamu. Jadi kapan kamu mau mulai nih?

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Saya menyukai dunia menulis dimana saya sangat tertarik tentang psikologi. Saya dapat menulis banyak hal tentang psikologi maupun hal-hal menarik lainnya. Saya ingin bisa membukukan ide-ide saya tentang psikologi.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah