Inilah Fungsi Dari Smartphone Dengan Dual Kamera

Dual Kamera

Tulisanku.co.id | Mungkin anda berpikir bahwa yang dimaksud dengan dual kamera adalah satu di depan yakni yang biasa kita pakai untuk foto selfie atau video call dan satu lagi di bagian belakang, namun kenyataannya tidak. Jika smartphone tersebut memiliki spesifikasi kamera belakang dual rear camera itu artinya setidaknya terdapat 3 buah lensa di smartphone tersebut, yakni satu didepan dan dua dibelakang. Lalu untuk apa ada dua kamera di bagian belakang? Apakah akan menghasilkan dua gambar berbeda antara kanan dan kiri? Tidak, dual kamera pada bagian belakang smartphone bekerja secara terintegrasi. Jadi memang keduanya berfungsi untuk mengambil satu gambar saja dan satu kamera lainnya memiliki fungsi yang berbeda di setiap pabrikannya. Namun setidaknya fungsi yang dimiliki saling menunjang.

Salah satu fungsi dual kamera di belakang adalah untuk mengukur depth of field sehingga dapat membedakan mana objek utama dan mana backgroundnya. Hasil yang didapatkan dari pengukuran tambahan dari kamera tambahan ini juga terlihat lebih ciamik karena menghasilkan bokeh atau blur pada background yang lembut dan terlihat alami. Meskipun masih belum setajam hasil dari jepretan DSLR namun setidaknya hasil foto yang didapat dari smartphone dual kamera lebih baik daripada yang hanya menggunakan single camera saja.

Salah satu fungsi lain dari dual kamera adalah mempercepat auto focus. Kecepatan autofocus dari kamera tambahan disamping kamera utama ini diklaim mampu bersaing dengan kamera yang mengandalkan pengukuran jarak dengan menggunakan sinar laser. Meskipun demikian, autofocus yang dihasilkan tetap lebih cepat dan menghasilkan bokeh yang fantastis dan kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk melakukan refocus sehingga anda bisa merubah focus dari sebuah foto, cukup ajaib bukan? Apalagi jika anda secara tidak sengaja memfoto objek yang gelap sehingga tidak dikenali sebagai fokus utama, anda dapat mengedit setelahnya dan melakukan perubahan fokus sama seperti ketika anda memainkan teropong untuk mendapatkan objek yang tajam.

Dual kamera smartphone setidaknya memiliki resolusi yang berbeda antara kamera utama dan kamera tambahan. Seperti pada contohnya untuk kamera dari Xiaomi Redmi Pro yang memiliki kamera utama sebesar 13 MP dan kamera tambahnya hanya sebesar 5 MP. Banyak yang berkata bahwa dual camera smartphone akan menjadi the next big thing, namun sepertinya belum semua pabrikan besar mau mengaplikasikannya di produk mereka. Beberapa pabrikan yang sudah mengaplikasikan sistem dual camera tersebut adalah

1.       Xiaomi pada Xiaomi Redmi Pro

2.       LG pada LG G5

3.       Huawei pada Huawei P9 yang bekerja sama dengan pabrikan kamera terkenal Leica

Jika anda sangat mengutamakan fungsionalitas kamera pada smartphone, maka ketiga smartphone diatas dapat menjadi pilihan anda untuk menemani petualangan anda dalam jepret menjepret.

Baca Juga artikel lainnya: 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah