Jangan Panik Melawan COVID-19

Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Corona virus merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Corona virus memiliki masa inkubasi selama 14 hari dan memiliki tanda-tanda seperti batuk, pilek, pusing, demam, sesak napas, dan merasa lelah. Corona virus menular melalui kontak antarmanusia dan cairan yang keluar saat batuk atau bersin sehingga perlu dilkukan social distancing (menjaga jarak dengan orang lain) antara 0,5 - 2 meter.

Saat ini di Indonesia per 20 Maret 2020 telah terkonfirmasi sebanyak 369 kasus dengan total kematian 32 orang. Sementara pada tingkat global terkonfirmasi 246.275 kasus dengan total kematian 10.038 atau 4,076%. Angka ini cukup kecil dibanding dengan kasus SARS yang total kematiannya mencapai 8,1%.

Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah untuk meminimalisir penyebaran Corona virus yang tergolong cepat dengan menerapkan beberapa hal seperti:

1. Menjaga kebersihan.

Tidak perlu benar-benar menutup diri, hanya saja lebih diperhatikan lagi kebersihan tubuh terutama tangan. Setelah menyentuh berbagai hal, bersihkan tangan sesuai dengan cara mencuci tangan yang baik untuk menghindari adanya virus di tangan.

2. Hindari kontak langsung dengan seseorang yang sakit.

Dengan menerapkan sosial distancing terlebih terhadap orang yang sedang sakit dapat membantu kita menghindari paparan dari penyakit yang mungkin ditularkan kepada kita.

3. Jaga perilaku saat sedang sakit.

Maksudnya, gunakan masker untuk menghindari penularan penyakit dan menutup mulut saat sedang batuk. Disarankan kepada orang yang sakit untuk menjaga jarak dengan orang lain untuk sementara waktu.

4. Rajin olahraga dan istirahat dengan cukup.

Olahraga yang seimbang dan istirahat yang cukup mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebagan besar kasus meninggal karena Corona virus disebabkan oleh adanya penyakit lain dan kurangnya sistem imun dalam tubuh.

5. Konsumsi makanan yang bergizi secara seimbang.

Makanan bergizi saja tidak cukup. Perlu diperhatikan keseimbangan kandungan gizi dalam makanan sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Selain itu, hindari mengonsumsi daging yang belum matang sempurna sebab Corona virus diduga dapat bertahan hidup pada daging mentah.

6. Hindari keluar rumah untuk kegiatan yang tidak mendesak.

Pada masa inkubasi banyak terjadi kasus tanpa mengalami gejala-gejala seperti orang sakit. Sebab itu pemerintah mengeluarkan himbauan untuk tetap beraktivitas tetapi dalam rumah. Dengan menjaga diri dari kontak luar diharapkan penyebaran virus dapat diminimalisir hingga terhenti.

Itulah tips yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari paparan virus. Jangan panik terlebih dahulu. Tetap tenang dan ikuti himbauan dari pemerintah agar rantai penyebaran virus cepat terhenti. Informasi mengenai pemantauan kasus secara real-time dapat diakses salah satunya dari web resmi John Hopkins University: https://coronavirus.jhu.edu/map.html

Sumber gambar: https://www.ctvnews.ca/polopoly_fs/1.4837302.1583273084!/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_960/image.jpg

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar
Wanda Hijriani - Mar 29, 2020, 12:43 PM - Tambahkan Balasan

Halo kak, tulisannya menarik.. yuk baca tulisanku juga.

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Hai hai!

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah