Jangan Terkejut! 7 Perubahan Sikap Wanita Hamil Wajib diketahui Calon Papa Muda

 

Istri yang hamil adalah anugerah. Anugerah Tuhan kepada wanita pilihan. Buat kamu yang memiliki istri yang sedang hamil maka bersyukurlah, karena dia pilihan Tuhan yang dititipkan bersamamu untuk bahagia. Coba kamu ingat-ingat, tidak semua wanita yang sudah menikah mendapatkan kesempatan hamil. Walaupun banyak wanita yang hamil tanpa perlu menikah, namun hal itu adalah kontra yang tak akan pernah saya setujui.

Melalui artikel ini saya ingin berbagi dengan kamu para suami yang sebentar lagi akan jadi papa muda. Artikel ini penting untuk kamu pahami demi si dia dan calon si buah hati yang akan menjadi penenang di kemudian hari.

Perlu kamu tahu wanita yang sedang hamil sangat perlu untuk kamu pelajari karena bisa berefek pada janin yang sedang dikandungi. Ketika wanita sedang hamil ada beberapa perubahan yang terjadi pada dirinya. Baik itu perubahan secara psikologi maupun fisiologis. Poin – poin yang akan saya kupas nanti bersifat relatif ya, namun sebagian besar wanita hamil pasti merasakan salah satu atau duanya.

Sensitif terhadap bau

Pada dasarnya wanita sangat biasa dengan bau apa saja, bahkan bau yang kurang sedap pun tidak pernah mengganggu aktifitasnya. Misal, kamu lihat ibu atau nenek dirumah, dia mampu membersihkan wc, selokan, membuang nasi basi hingga mencuci popok bayi yang bau amis. Namun hal ini bisa berbeda pada ibu hamil. Istri kamu yang sedang hamil bisa jadi tidak sanggup mencium sebagian besar bau yang sudah sering ada dirumah. Bahkan ada wanita hamil yang tidak mampu mencium badan suaminya. Jika ini terjadi pada istrimu, kamu harus paham kalau hal tersebut adalah hal yang lumrah terjadi.

 

Mudah mengantuk

Pada tubuh wanita hamil terjadinya perubahan hormon. Istri kamu yang sedang hamil mengalami perubahan hormon progesteron, peningkatan hormon inilah yang membuat badan wanita terasa lemas yang berujung mengantuk. Kadang-kadang sebagian wanita juga mengalami susah bangun pagi, namun hal ini biasanya terjadi hanya pada tiga bulan pertama kehamilan atau dikenal dengan trisemester awal. Untuk mengatasi hal ini kamu harus lebih sigap, misalnya bangun lebih cepat dari istri mu untuk menyiapkan sarapan pagi sehingga suasana dalam keluarga kalian tetap disiplin dan harmonis.

 

Morning sickness

morning sickness adalah gejala muntah yang dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Kamu akan melihat istri mu muntah-muntah sepanjang hari. Biasanya rentan terjadi ketika pagi, sore dan malam. Walaupun sedikit banyaknya akan mengganngu aktifitas, namun kamu tidak perlu khawatir karena keadaan seperti ini normal dialami oleh wanita hamil. Morning sickness biasanya juga akan berakhir setelah tiga bulan pertama kehamilan.

Gejala yang terjadi ketika morning sickness adalah rasa mual, muntah dan merasa sangat lelah. Sebagai orang yang paling dekat dengannya, kamu harus memberikan perhatian yang penuh ketika istri sedang mengalami situasi ini, karena dia akan sangat terbantu secara psikologis. Misalnya kamu usap minyak kayu putih di bagian pundaknya atau kamu usap bagian badan yang lain ketika dia sedang muntah-muntah.

 

Malas-malasan

Sikap malas-malasan yang terjadi pada wanita hamil adalah sesuatu yang tidak disengaja. Rasa malas muncul disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuhnya sehingga bawaanya mengantuk. Kondisi badan yang mudah terasa lelah membutuhkan waktu untuk istirahat. Jadi kamu bisa sarankan kepada istri mu untuk tidur lebih awal ketika malam dan mengurangi konsumsi air putih menjelang tidur supaya tidak mengganggu tidur karena buang air kecil. Mulai sekarang selaku pasangan hidupnya, kamu jangan pernah menjudge wanita hamil itu pemalas ya, karena perubahan sikap ini terjadi secara alamiah, hanya saja kamu dan istri mu harus menyusun waktu istirahat yang tepat agar kesehatan istri kamu bisa lebih fit.

 

Gerah

Lagi, perubahan hormon pada wanita hamil menyebabkan istri kamu merasa gerah. Ketika hal ini terjadi kamu hanya perlu menyarankan istri kamu melakukan beberapa hal misalnya,  makan buah-buahan, menggunakan pakaian yang longgar ketika keluar rumah, dan menghindari aktifitas di terik matahari. Memperbanyak konsumsi air mineral juga sangat bagus supaya badannya menjadi lebih segar. Jika ingin jalan-jalan santai lebih baik dilakukan dipagi hari setelah subuh atau sore hari ketika matahari tidak terlalu panas.

 

Sering BAK (Buang Air Kecil)

Masalah kencing yang terjadi pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa faktor. Namun hal ini kemungkinan besar adalah hal yang normal. Seperti saya tulis dipoin sebelumnya, wanita hamil sering merasa gerah akan banyak mengkonsumsi minuman. Banyak minum dapat menyebabkan sering BAK. Ataupun faktor lain adalah karena membesarnya uterus sehingga memperkecil kantong kencing. Sebaiknya tidak terlalu banyak minum air ketika hendak tidur karena dapat mengganggu jam tidur.

Baca juga : Ini 8 tips memelihara kesehatan mental yang perlu kamu terapkan dalam hidupmu

Pilih-Pilih Makanan

Mengkek, mungkin itu yang akan terpikirkan pertama kali oleh suami. Kamu para papa muda mesti tahu, wanita hamil itu kadang sangat bingung menentukan makanan yang sesuai dengan seleranya. Bisa jadi cocok dibaunya, gak cocok di rasanya, atau bentuk makanannya. Jadi kamu selaku pendamping setianya harus maklum jika udah pesan nasi di rumah makan, eh tidak jadi makan karena terasa sedikit asin. Kalau sudah begini, pesan aja lain sebagai sarapannya. Dan bungkusin saja yang sisanya. Gampang kan? J

Demikian beberapa gejala yang menurut saya perlu kamu tahu, agar kamu dan istri tercinta tidak terjadi miskomunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjuang papa muda J

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah