Kesalahan yang dilakukan oleh pejuang PTN

Bagi kalian yang sudah masuk kelas 12 maka disibukkan untuk ujian,baik itu ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi.

Kalian juga ingin mendapatkan pendidikan terbaik dengan mencari perguruan tinggi negeri terbaik dengan beberapa jalur yaitu SNMPTN,SBMPTN dan MANDIRI.

Nah taukah kamu beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pendaftar seleksi PTN berikut ini.

Jangan diikuti ya !

1.Memilih karena universitas

Bagi kebanyakan pendaftar faktor utama penentuan pilihan adalah gengsi !

Mereka mempertimbangkan universitas keren yang telah memiliki nama dengan tujuan "Saya telah berhasil untuk masuk di kampus A"

Oke,hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah namun kalian juga harus menimbangkan faktor lain seperti Akreditasi Jurusan.

Percuma saja masuk universitas bergengsi,namun akreditasi jurusan kalian masih rendah.Malah-malah proses belajar mengajar kalian malah terhambat karena infrastruktur yang kurang memadai,dosen yang tidak berkompeten dan penyerapan ke dunia kerja yang rendah.

2.Memilih karena teman

"Aku ambil Akuntansi sih,kalo kamu pilih apa?."

"Belum ada pilihan nih,ikut kamu aja deh."

Kalau ini sih berbahaya kalau kalian memilih jurusan hanya karena ikut teman.

Gimana gak bahaya,hidupmu sebagai mahasiswa bisa kacau kalau memang nggak sesuai sama minat kamu.Kamu minat ke sastra tapi ikut teman ke Akuntansi,waduh bisa-bisa stress dan berujung DO.

Nggak waktu jadi mahasiswa aja,kalau udah lulus kamu lamar pekerjaan lewat ijazah itu,kalau nggak sesuai dengan kamu rasanya sih sia-sia kuliah lama.

Jadi,berhenti memilih jurusan untuk kuliah hanya karena teman.

3.Terlalu takut untuk berpindah haluan

Misalnya kamu anak SMA MIPA nih,kamu udah ngerasa udah nggak sreg lagi sama pelajaran MIPA tapi kamu masih pilih rumpun SAINTEK karena sia-sia belajarmu 3 tahun.

Saranku sih, Pindah Haluan.

Sama seperti poin kedua,memang benar akan sia-sia belajarmu di SMA,tapi jika kamu tetap kekeuh untuk mempertahankan siap-siap saja jadi mahasiswa abadi.

Yup,setidaknya di tahap mahasiswa ini kamu mulai dibentuk,branding mau dibawa kemana pekerjaan kamu kelak.

Jadi daripada stress terus terusan karena salah jurusan,lebih baik pindah haluan deh,gak seserem yang dibayangin kok.

Baca juga : Mengubah paradigma sex education

4.Kutu Loncat

Di tahun pertama kamu sudah diterima di universitas,tapi kamu merasa bahwa ini bukan level kamu,kamu bisa meraih yang lebih tinggi lagi.

Itu adalah kesalahan fatal, jangan mementingkan gengsi bahwa kamu bisa naik level dengan berpindah universitas.

Pertama,kamu menyia-nyiakan waktu dan uang,kamu sudah menghabiskan waktu selama setahun dan sudah bayar spp tiba-tiba pengen pindah jurusan?Coba pikir-pikir kembali

Kedua,belum tentu kamu dapat beradaptasi dengan jurusan yang baru.Ingat,masuk universitas itu susah,lebih susah lagi keluarnya

Nah itulah beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pejuang PTN yang harus kamu hindari

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu