Keunggulan dan Kelemahan dari Kuliah Online

Era digital membuka peluang besar untuk pendidikan tinggi tingkat universitas, melalui kuliah online. Kuliah ini dapat berlangsung di tengah kesibukan atau pekerjaan. Kuliah online ternyata menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang memiliki beban kerja yang sibuk, tetapi masih ingin belajar di tingkat yang lebih tinggi. Ini semakin didukung oleh perkembangan teknologi modern seperti internet. Kuliah yang dulu hanya dilakukan secara tatap muka antara mahasiswa dan dosen sekarang dapat dilakukan secara online. Dosen dan mahasiswa hanya disatukan melalui internet.

Begitu juga dengan sistem pembelajaran serta diskusi dan ujian. Ini membuat belajar lebih mudah, lebih efektif dan tentu saja efisien. Namun, terlepas dari banyak keuntungan yang diperoleh dengan menghadiri kuliah online, ada beberapa kelemahan yang dimiliki sistem pembelajaran ini. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari kuliah online.

Keuntungan dari Kuliah Online

Ada begitu banyak keuntungan yang dimiliki oleh kuliah online. Itu sebabnya banyak orang yang lebih menyukai metode pembelajaran ini daripada konvensional, terutama bagi mereka yang memiliki kegiatan lain dalam jam kerja. Berikut ini beberapa keunggulannya:

1. Siswa dapat mengambil pembelajaran ini di mana saja dan kapan saja mereka inginkan, selama mereka memiliki akses internet.

2. Belajar dapat dilakukan dengan menghemat lebih banyak uang dan waktu.

3. Siswa dapat memilih bahan belajar mereka sendiri sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.

4. Siswa lebih fleksibel dalam melakukan tanya jawab, baik kepada teman sekelas maupun pembimbingnya, melalui media obrolan yang disediakan.

5. Waktu belajar lebih singkat daripada kuliah konvensional, asalkan siswa disiplin dan sungguh-sungguh.

6. Siswa dapat meninjau pembelajaran berulang kali jika mereka tidak mengerti karena materi tersebut disimpan di komputer.

7. Siswa mendapatkan pengalaman gaya belajar yang berbeda dengan berbagai kegiatan pembelajaran online.

8. Siswa memiliki keterampilan TIK ketika melakukan semua kegiatan belajar.

9. Belajar tidak tergantung pada kehadiran dosen atau mentor.

10. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengeksplorasi pengetahuan.

11. Siswa menjadi terlatih untuk lebih mandiri, kreatif, bertanggung jawab dalam studi mereka, sehingga mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

 

Kelemahan Kuliah Online

Tidak ada gading yang tidak retak. Begitu pun dengan kuliah online ini. Meskipun ada banyak keuntungan yang dimilikinya, metode pembelajaran ini tidak dapat dipisahkan dari beberapa kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangannya:

1. Itu sangat tergantung pada disiplin siswa. Siswa yang tidak memiliki motivasi tinggi dan tidak disiplin, pasti akan ketinggalan dalam pembelajaran mereka.

2. Siswa menjadi bermasalah dalam interaksi sosial karena mereka terbiasa hidup sendiri.

3. Karena sangat tergantung pada internet, maka begitu koneksi internet lambat atau bahkan terputus, itu membuat siswa frustrasi, yang pada gilirannya membuat pembelajaran diabaikan.

4. Siswa diharuskan untuk mempelajari aplikasi yang disediakan oleh bimbingan online yang mereka ikuti. Ini akan menempatkan beban lain selain dari materi kuliah itu sendiri.

5. Tingginya biaya peralatan komputer atau gadget untuk beberapa kalangan, membuat pembelajaran ini tidak dapat diakses oleh semua yang membutuhkannya, terutama di daerah terpencil yang jauh dari sinyal internet.

6. Beberapa kursus tidak dapat diterapkan online. Ini berarti, pembelajaran ini tidak dapat mencakup semua program yang harus diterima oleh siswa.

Namun, apa pun itu, metode kuliah online adalah metode pembelajaran yang cukup membantu bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk menambah pengetahuan Anda. Jadi, bagi yang ingin mengembangkan diri, jangan ragu untuk mengikuti metode kuliah online.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 24, 2019, 1:44 AM - Penyair Muda
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani