Lakukan 3 Tradisi saat Gerhana Matahari

Tidak dapat dipungkiri badan astronomi mengungkapkan bahwa gerhana matahari cincin terjadi pada tanggal 26 Desember 2019. Hal tersebut menjadi bukti kekuasaan Tuhan yang Maha Agung.

Fenomena ini terjadi setelah sehari perayaan Hari Natal agama Kristiani. Tak kalah menariknya, bahwa gerhana matahari cincin terjadi di sebagian  negara Indonesia.

Gerhana Matahari Cincin disebutkan sebagai "cincin api" atau "cincin bercahaya". Matahari seperti cincin, pada bagian tengah gelap dan bagian pinggir yang terang. 

Tentu, adanya gerhana matahari cincin bukanlah hal euforia semata, namun BMKG menghimbau kepada masyarakat umum tidak melihat gerhana matahari cincin dengan mata telanjang. Ada alat khusus gerhana untuk melihat fenomena yang menakjubkan ini, karena bisa menyebabkan kebutaan pada mata.

1. Sholat Sunah Gerhana

Gambar sholat sunnah gerhana(iniku.id)

 

Sebagaimana tradisi Nabi Muhammad SAW sejak dahulu, bahwa beliau dan pengikutnya selalu melaksanakan sholat gerhana, baik gerhana bulan atau gerhana matahari. Dengan tujuan berserah diri kepada Allah dan merasa takut terhadap kekuasan-Nya yang Agung.

Hal ini, sebagaimana sejarah saat kematian putra Baginda Nabi Saw bernama Ibrahim meninggal dunia. Maka, muncullah gerhana matahari cincin sebagai saksi kepiluan putra Nabi yang dikagumi seluruh manusia. 

2. Bangunkan Hewan dan Tumbuhan

Mungkin sebagian orang gak percaya dengan tradisi ini. Namun,  bagi orang yang memegang tradisi nenek moyang, membangungkan hewan dan tumbuhan saat gerhana bertujuan agar sang hewan bisa berkembang biak dan tumbuhan segera berbuah. Hal ini dilakukan para nenek moyang Madura, saat terjadinya gerhana. Mereka meyakini, bahwa Tuhan akan memberikan keserakahan pada siapa pun yang melihat kekuasaannya termasuk hewan dan tumbuhan.

Biasanya masyarakat membangunkan hewan di kandangnya, dan memukul tumbuhan sambil lalu mengucapkan, "Bangun, ada gerhana matahari." Hal tersebut, agar seluruh makhluk Tuhan melihat dan menyaksikan gerhana matahari serta takut pada kekuasaan-Nya. 

3. Doa Menolak Balak

Gambar doa tolak bala(Twitter.com)

 

Semua orang tidak akan lepas dari Balak atau masalah. Namun, manusia hanya bisa memohon perlindungan sama Tuhan dari masalah. Maka, di waktu gerhana inilah Tuhan akan mengabulkan segala permintaan termasuk juga Balak.  

Bagi masyarakat, doa menolak balak sangat dibutuhkan. Sebab, tidak ada semua meminta untuk dihinggapi masalah atau cobaan. Karena manusia, makhluk yang ingin bersenang-senang. Oleh karena itu, mereka memanfaatkan gerhana matahari ini untuk berdoa kepada Tuhan sebagai bukti bakti kepada-Nya. 

Oleh karena itu, adanya gerhana matahari besok, sebagai bukti dan bakti hamba kepada sang Penguasa Alam. Manfaatkan waktu untuk beribadah dan selalu berdoa kepada-Nya.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Pemuda yang bersemedi tulisan setiap waktu

Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu