Lakukan 5 Tips Ini Agar Otak Tidak Buntu Ide!

Ketika membuat karya, apapun bentuknya, pasti membutuhkan ide atau gagasan. Mulai dari membuat tulisan, lagu, ilustrasi, cetak biru arsitektur, dan lain sebagainya.

Namun, ada kalanya kita kesulitan untuk mendapatkan ide tersebut. Padahal, sudah banyak yang menantikan karya kita untuk segera terpublikasi atau sudah dikejar oleh deadline.

Gambar Tips Ini Agar Otak Tidak Buntu Ide!(Cnnindonesia.com)

 

Kebuntuan ide atau gagasan itu kiranya sangat mengganggu, terlebih bagi mereka yang bekerja di dunia kreatif. Kebuntuan itu membuat berantakan semua rencana dan pekerjaan.

Sebenarnya, menghadapi kebuntuan ide atau gagasan itu ada beberapa caranya lho! Cara-cara itu pun bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk mengetahui cara-cara mendapatkan ide atau gagasan, maka perlu menyimak tulisan ini. Yuk, disimak!

 

Membaca Buku

Ide atau gagasan itu lahir dari imajinasi. Untuk bisa selalu mengeluarkan suatu ide atau gagasan, maka perlu mengasah kemampuan imajinasi diri.

Salah satu cara paling ampuh untuk mengasah kemampuan imajinasi diri ialah dengan membaca buku. Ya, membaca buku, apapun bentuk dan jenisnya, dapat melatih imajinasi dalam diri kita.

Hal tersebut lantaran, ketika membaca buku, otak kita akan diransang untung menggambarkan tiap diksi yang ada sehingga dapat dipahami. Semakin sering membaca buku maka kemampuan mengulik imajinasi itu akan semakin terasah.

Adapun, semua buku bisa menjadi pemicu ide atau gagasan. Tak perlu membatasi hanya perlu membaca buku-buku tertentu.

Sebab, pada dasarnya membaca buku membuka cakrawala berpikir. Oleh sebab itu, ketika kebuntuan ide atau gagasan melanda maka bacalah buku.

Meski begitu, bila memang belum terbiasa dalam melahap buku maka disarankan untuk membaca buku-buku ringan terlebih dahulu. Novel bisa menjadi salah satu buku yang bisa dicoba untuk membiasakan diri membaca buku.

 

Diskusi Santai Sembari Kongkow

Diskusi dengan teman sejawat pastinya akan memberikan banyak informasi baru. Berbagai informasi itu bisa menjadi pemicu ide atau gagasan.

Ya, informasi baru pastinya akan memberikan pengetahuan baru dalam otak. Pengetahuan baru itulah yang kemudian bisa diolah menjadi sebuah ide baru.

Apalagi, bila kawan diskusi berasal dari berbagai macam latar belakang yang berbeda. Tentu akan menghadirkan suatu perspektif unik.

Hal itu akan memicu ide baru yang segar dari otak dan kemungkinan tak terpikirkan sebelumnya. Ide itu bisa menjadi sangat unik dan fresh.

Selain bisa memicu ide, diskusi bersama teman lama memberikan perluasan jaringan. Dengan begitu, ide yang baru saja muncul bisa saja dieksekusi bersama dengan mereka.

Atau, bisa saja, dari diskusi tersebut lahir solusi dari proyek yang tengah dijalankan. Dengan kata lain, diskusi santai bersama kawan lama tidak ada ruginya.

 

Mendengarkan Musik

Musik bisa mempengaruhi suasana hati. Ketika mendengar musik yang bersemangat, membuat hati menjadi bersemangat. Atau, ketika mendengarkan musik sendu, bisa saja membuat hati melankolis.

Selain bisa mempengaruhi suasana hati, musik mampu merangsang otak untuk bekerja. Relung imajinasi dalam otak lumrahnya terketuk oleh musik.

Musik akan menggugah otak kita dengan serangkaian imajinasi. Terkadang, musik mampu memproyeksikan kenangan dalam diri.

Berbagai imajinasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan ide atau gagasan. Apalagi, bila mendengarkan lagu yang tepat, maka ide atau gagasan bisa mengalir lebih deras.

Mendengarkan musik sembari bekerja juga akan membuat mood menjadi lebih baik. Kondisi seperti itu akan membuat diri menjadi lebih produktif.

Oleh sebab itu, ketika kebuntuan ide melanda, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu solusi untuk memancing ide atau gagasan. Cobalah dari yang paling mudah, yakni mendengarkan musik dari pemusik kesukaan.

Pasti, tiap lirik dan nadanya akan menginspirasi diri kita. Dengan begitu, akan muncul ide atau gagasan yang tentunya sesuai dengan kondisi hati.

 

Berpergian Ke Tempat yang Baru

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memancing kembali ide atau gagasan ialah datang ke tempat baru. Berkunjung ke tempat yang baru tentunya akan memberikan pengalaman baru.

Apalagi, tempat tersebut sama sekali belum pernah dikunjungi. Itu akan sangat mengesankan bagi diri kita.

Pengalaman itu tentunya dapat menyemangati hati dan raga yang tengah lelah dengan rutinitas. Kondisi diri menjadi lebih segar.

Hati dan raga yang segar tentu akan memiliki kemampuan memproduksi ide yang baru. Selain itu, kondisi segar itu pun membuat otak lebih mudah menyerap berbagai macam inspirasi.

Hal itu akan membuat otak menjadi lebih mudah memproduksi ide. Jangan kaget, ketika hati dan ragamu segar, akan banyak ide-ide berlian yang tak mungkin pernah terpikirkan sebelumnya.

 

Berolahraga

Tak banyak yang mengira bahwa berolahraga bisa menjadi wadah mendapatkan ide atau gagasan. Ya, melalui olah raga, tubuh akan menjadi segar.

Saat tubuh segar, maka secara tak langsung kondisi otak pun segar. Dengan begtu, otak dapat memproduksi ide dengan maksimal.

Tak hanya itu, beberapa jenis olah raga melatih diri untuk bisa tenang dan konsentrasi. Olah raga seperti bela diri, memanah, dan catur menuntut pemainnya untuk konsentrasi.

Dengan terbiasa berkonsentrasi tersebut maka kemampuan otak bisa menjadi lebih ciamik. Dengan demikian, akan lahir ide-ide cemerlang dari otak kita.

Meski disebutkan tiga jenis olah raga tersebut bukan berarti olah raga lainnya tidak bisa memicu datangnya ide. Pada dasarnya, setiap ragam olah raga dapat memicu datangnya ide atau gagasan.

Hanya saja, tinggal seberapa peka kita dalam menangkap ide yang datang. Semakin peka kita maka semakin cepat pula ide atau gagasan itu muncul.

 Baca juga : Bagaimana cara menghasilkan rupiah di tulisanku?

Itulah beberapa tips untuk memicu ide atau gagasa di tengah kebuntuan. Selain tips-tips itu, sebenarnya masih banyak tips lainnya yang bisa diaplikasikan.

Hanya saja, tips-tips itu akan dibahas pada artikel selanjutnya. Untuk itulah, selalu nantikan artikel selanjutnya ya!

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Alumni Sastra Jawa UI, Penulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah