Langkah-langkah mengatasi rasa malas yang berlebihan

Malas merupakan salah satu sifat negatif yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Rasa malas memang sangat sulit untuk dihilangkan apabila tidak diiringi dengan kemauan yang sangat kuat dari dalam diri sendiri. Malas dapat menghambat kita untuk  meraih masa depan yang cerah dimasa yang akan mendatang.

Gambar ilustrasi rasa malas yang berlebihan(arah.com)

 

Berikut ini beberapa cara ampuh untuk menghilangkan rasa malas :

 

1. Cari tahu penyebab malas

Cobalah cari tahu apa yang menyebabkan rasa malas dalam diri Anda itu muncul. Penyebab malas itu beragam penyebabnya mulai dari rasa bosan dengan rutinistas, hilangnyamotivasi diri , serta takut terhadap suatu hal.

2. Ingat tujuan awal

Ingatlah tujuan awalmu, hal apa yang akan kamu lakukan dimasa yang akan mendatang. Ingat betul apa tujuan awalmu dan temukan makna dan tujuan dari hal yang kita inginkan dimasa mendatang untuk mengembalikan rasa malas kita.

3. Jangan Menunda Sesuatu

Jangan pernah untuk menunda sesuatu, dan coba untuk melakukannya sekarang. Menunda akan membuat beban lebih berat sehingga sesuatu yang ditunda mengerjakannya akan semakin menumpuk dan akhirnya kita semakin malas untuk menyelesaikannnya. Usahakan untuk segera mengerjakannya walaupun itu hanya hal kecil. Karena jika anda terbiasa mengerjakan sesuatu secara langsung niscaya anda akan terhindar dari rasa malas.

4. Buat target

Coba buat target dalam hidup Anda. Dengan adanya taarget tersebut anda akan berusaha untuk menyelesaikannya. Target itu bisa berupa hal yang akan Anda kerjakan dalam waktu dekat dan jangan lupa prioritaskan target yang harus selesai dalam waktu dekat. Dengan demikian Anda akan merasa semangat dalam melakukan suatu hal karena Anda telah menyusunnya dengan rapi.

5. Olahraga dan pola hidup yang sehat.

Malas dapat disebabkan kurangnya faktor nutrisi dalam tubuh. Jika nutrisi kurang pasti Anda akan merasa lemas dan akhirnya malas untuk melakukan sesuatu. Dengan demikian coba ajak diri Anda untuk olahraga dan mengatur pola hidup sehat agar tubuh lebih segar dan tentunya akan membangkitkan semangat.

6. Buat jadwal

Buat jadwal hidup Anda yang akan Anda lakukan dari bangun tidur hingga sebelum tidur. Dengan itu Anda memiliki manajemen waktu yang baik. Dengan pembuatan jadwal tersebut hidup Anda pasti lebih tertata dengan baik dan aktivitas apapun akan terlaksana dengan cepat, tepat,dan hasil yang maksimal.

7. Berikan reward pada diri sendiri

Jika semua target dalam list bhidup Anda tuntas, Anda dapat memberikan hadiah pada diri Anda. Hadiahnya tidak perlu terlalu mewah, yang terpenting hadiah itu bermanfaat bagi diri Anda. Dengan begitu Anda dapat menyelesaikan target target selanjutnya dengan semangat sehingga membuahkan hasil yang maksimal.

8. Motivasi diri

Tanamkan kepada diri Anda bahwa Anda adalah orang yang giat, rajin, enrgik. Sehingga secara otomatis tubuh Anda akan memberikan perlawanan jika rasa malas itu datang kembali.

9. Hindari tempat tidur

Jika belum waktunya istirahat jangan sampai Anda mendekati area tempat tidur, karena jika anda melakukannya biasanya tubuh anda akan tersugesti dan akhirnya anda akan bemalas malasan dan menikmatinya.

Baca juga : 22 cara mengatasi efek patah hati

10. Hargai waktu malas Anda

Setiap orang selalu membutuhkan waktu untuk istirahat dari aktivitas rutinnya. Hargai lah waktu senggang yang anda miliki dengan cara melakukan hal yang bermanfaat dan membuat Anda bahagia. Jika Anda dapat memanfatakan waktu santai dengan tepat maka anda dapat melakukan aktivitas rutin dengan semangat

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah