Lendot salah satu makanan khas provinsi kepri

Masyarakat melayu yang ada di pulau kundur kepulauan Riau mempunyai keberagaman budaya bahasa dan suku, tidak berbeda di pulau- pulau lainya pulau kundur yang mayoritas bahasa yang di gunakan adalah bahasa melayu, meskipun sebagian kecil masyarakat pulau kundur mempunyai bemacam suku. Dari suku jawa, bugis, batak, sunda, dan banyak lagi.

Nah, dalam artikel kali ini saya tidak membahas apa berapa banyak suku yang ada di pulau kundur, namaun ada yang lebih menarik Di pulau kundur Kepulauan Riau yaitu Kulinernya yang khas Namanya Lendot.

Hmm, pernahkah kalian mendengar kata lendot? Ya! Bagi sebagian orang mungkin tau dan sebgaian orang lainya banyak yang belum tau. Nah , mak dari itu yuk mari kita ulas apa sih makanan yang khas yang satu ini.

Makanan khas kundur kepuluan riauLendot

 

Lendot adalah mkanan khas dari pulau kundur kepulauan riau, namun ada juga nama lain dari lendot yaitu Sampolet yang di sebut oleh kebanyakan orang di daerah tembilahan RIAU.

Lendot biasanya menggunakan bahan baku tepung kanji yang di campur dengan rempah khusus dan daun pakis/paku. Namun, jika tidak ada daun pakis masyarakat sebagai penggantinya adalah sayur kangkung, kemudian campuran khasnya adalah siput jantan yang sudah di cincang bagian cangkang ujunganya agar mudah mentdot isi dalam siput.

Biasanya Lendot teksturnya berlendir dan sedikit berkuah, rasanya khas bau bumbu tumis dan bau khas mercia kemudian paduan pedasnya cabe rawit dan sedikit panas merica membuat lidah bergoyang saking nikmat rasanya, di tambah lagi sedutan siput dan kenyalnya gigitan dari isi dalam siput hingga sangat berkesan rasa lemaknya kuah dan paduan siput.

Gambaran dari artikel yang saya buat mewakili pemirsa yang sudah membaca dan penasaran untuk mencobanya kan !!? 

Tenang saja jika anda berminat dan penasaran untuk mencobanya silahkan datang aja ke kampungku di kepulauan riau, kundur, tanjung batu. Warga disini tidak sedikit yang menjual nya karena makan khas yang satu ini adalah makanan yang paling banyak di buru orang loh. 

Baca Juga : Kuliner indonesia ini sering diburu para pelancong

Hehe demikian singkat thread dari saya, dan salam dari kami masyarakat pulau kundur, kepulauan riau. 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah