Cara mengatasi Kecanduan handphone atau gadget di usia dini

Mengatasi Kecanduan Handphone atau Gadget di Usia Dini

Handphone atau Gadget menjadikan sebuah kebutuhan manusia pada umumnya baik kalangan bawah menengah maupun atas semuanya dapat memilikinya oleh karena itu perlu adanya pengelolan handphone atau gadget tersebut agar terhindar dari bahayanya.

Di dalam perkembangannya hanphone atau gadget menduduki tingkat pertama untuk mengetahui berita aktual dari online setelah koran/ majalah sekalipun, diantaranya juga tak lain dan tak bukan anak-anak usia remaja menggandrungi hingga kecanduan gadget.

Indonesia sendiri 142% dari populasi yang angkanya mencapai dua ratus enam puluh dua juta, adapun beberapa rincian penggunaannya yang terdaftar mencapai tiga ratus tujuh puluh satu koma empat juta dengan pengguna internet kurang lebih seratus tiga puluh dua koma tujuh juta, pengguna sosial media atau sosmed aktif seratus enam juta dan pengguna mobile aktif sekitar sembilan puluh dua juta. Kenaikan yang signifikan dari Januari 2016.

Perlu diketahui juga menggunakan handphone atau gadget sah-sah saja tetapi tidak perlu adanya berlarut-larut dan tentunya harus sesuai prosedur yang ada, sebuah penelitan juga mengemukakan bahwan kecanduan hal ini diusia di bawah dua belas tahun sangat mengganggu kinerja otak lainnya.

Sedikit tips agar terhindar dari handphone atau gadget:

1.      Berikan batasan kepada anak usia dini

Hal ini perlu diketahui banyak orang tua untuk memberikan batasan kepada anak, memang dengan memberikan handphone atau gadget ini anak bisa saja dikelabui dan bisa diam tetapi bahaya cukup mengancam.

2.      Berikanlah mainan alternatif

Mainan alternatif  bisa diberikan dengan tanpa adanya handphone atau gadget, misalnya saja boneka atau robot yang bisa berbunyi suara

3.      Luangkan banyak waktu kepada anak-anak

Perlu sekali hal ini terlebih anak-anak suka banyaknya bergerak sana sini dan banyak bicara, karena itu para orang tua agar meluangkan banyak waktu kepada anak-anak agar ia tidak merasa kesepian.

4.      Biarkanlah anak bermain di luar rumah

Masa anak-anak adalah masa yang mudah bosan dengan itu anak-anak bisa diajak bermain di luar selama itu tidak membahayakan dirinya sendiri.

5.      Sibukan waktu anak-anak

Memang tidak mudah cara ini namun perlu ketekunan di dalamnya, misalnya kita ajak anak-anak kita untuk menggambar atau menulis meskipun itu hanya coret-coret saja tetapi cukup bisa menghilangkan kecanduan pada gadget.

6.      Berikanlah contoh sederhana

Anak kecil biasanya identik dengan meniru, karena itu para orang tua juga harus bisa memberikan contoh sederhana kepada anak-anaknya. Jika situasai dimana orang tua ingin angkat telpon atau hal penting lainnya sah saja tetapi ada waktu agar tidak ditiru buah hatinya.

Nah itulah penjelasan dan sedikit tips agar anak-anak kita diusia dini agar terhindar dari kecanduan, semoga bermanfaat. Terima kasih

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Saya hanya seorang penulis, pembisinis, dan motivator muda yang penuh energik untuk selalu semangat dan sukses di masa depan.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah