Mengenal Apa itu Nelpon Pakai VoLTE?

Tulisanku.co.id - Teknologi LTE mungkin sudah mengalami penetrasi yang cukup signifikan di tanah air sehingga banyak pengguna smartphone yang merubah jaringan berbicaranya melalui jaringan VoLTE. Tapi sebelumnya, apa sih VoLTE itu? Apa kelebihan dan kekurangannya? Mari kita bahas bersama sama dibawah ini.

Apa itu VoLTE

VoLTE adalah singkatan dari Voice Over LTE atau yang dalam bahasa sederhanya adalah panggilan suara melalui LTE. Lalu apa bedanya dengan panggilan yang menggunakan jalur atau jaringan biasa? Penjelasnnya berawal dari LTE itu sendiri. Jaringan LTE di Indonesia saat ini paling banyak dan dominan baru digunakan sebagai arus internet saja. Karena memang LTE memiliki kecepatan yang luar biasa untuk berselancar di dunia maya. Namun sebenarnya, jaringan LTE ini juga mampu digunakan untuk melakukan panggilan atau telepon. Hanya saja, mayoritas operator di Indonesia hanya menggunakan jaringan GPRS, 2G hingga 3G biasa saja tidak menggunakan jalur khusus yang berada di jaringan LTE. Di jaringan LTE, terdapat sebuah jalur khusus atau dedicated barrier sehingga berbeda dengan jalur yang digunakan dengan internet. Dampaknya? Suara yang dihasilkan sangat jauh lebih jernih dan berkualitas daripada jaringan telepon biasa. Selain itu, proses sambungan hanya membutuhkan 2 detik saja sehingga sangat cepat untuk melakukan panggilan darurat.

Untuk menggunakan jalur khusus pada jaringan LTE ini, setidaknya harus dipenuhi 3 persyaratan yang utama yakni gadget bagi kedua sisi, simcard yang sudah mendukung jaringan LTE dan jaringan LTE itu sendiri yang sudah diijinkan oleh operator untuk melakukan panggilan via LTE. Lalu apa kelamahannya? Kelemahan dari VoLTE adalah jika salah satu pihak tidak memenuhi salah satu syarat diatas maka keduanya tidak akan menikmati panggilan dengan kualitas yang terbaik untuk saat ini. Contohnya, jika A sudah memiliki semua syarat dari VoLTE ingin menelpon B, namun B ternyata berada di lokasi yang tidak mendukung jaringan LTE maka kualitas telepon yang dihasilkan tidak akan berbeda dengan kualitas telepon di jaringan biasa.

Baca Juga: Cara Root Hp Android Dengan Mudah Dan Cepat Tanpa Menggukan Pc

Satu satunya operator di Indonesia yang pertama kali dan sudah mendukung VoLTE ini adalah Smart. Namun setelah jaringan tersedia anda pastinya membutuhkan dua syarat lainnya yakni perangkat dan SImcard terbaru yang support jaringan LTE. Tertarik untuk menggunakannya? Cara penggunaanya juga cukup mudah, karena Smart telah menyediakan aplikasi khusus yang bisa diunduh di Playstore secara gratis yakni dengan nama Smart VoLTE. Ukurannya hanya 21.6 MB saja dan tampilan serta cara penggunaannya tidak berbeda dengan menelpon dengan cara biasa. Hanya saja aplikasi Smart VoLTE ini akan menyaring nomor mana saja yang bisa dijadikan sasaran untuk telpon di jaringan VoLTE. Menarik bukan? Yuk ngobrol jernih.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah