Mungkin Kamu Enggak Sadar, Ini Kesalahan yang Kamu Lakukan Saat Memasak Sayur

Mungkin Kamu Enggak Sadar, Ini Kesalahan Yang Kamu Lakukan Saat Memasak Sayur

Gambar Sedang Memasak sayuran(blibli.com)

 

Mengonsumsi sayur merupakan makanan yang sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh dan mental kita. Berbagai macam sayuran memiliki kandungan gizinya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Mengonsumsi sayur identik dengan orang dewasa yang menyukainya, sedangkan anak-anak lebih banyak menolak untuk mengonsumsi dengan alasan tidak enak, pahit, maupun tampilannya tidak menarik. Beragam cara dilakukan oleh seorang Ibu dalam memasak sayuran agar anak-anak dapat mengonsumsi tanpa menolak. Namun beberapa cara memasak sayur dibawah ini merupakan kesalahan yang dilakukan saat memasak sayur. Apa sajakah itu?

 

1.        Memasak Sayur sampai Lunak

Jujur aja deh kamu, apakah kamu salah satu orang yang memasak sayur sampai benar-benar lunak kalau dirumah? Kesalahan ini terjadi karena memasak sayur sampai lunak akan menghilangkan kandungan gizi yang ada didalam sayur tersebut. Sebaiknya masaklah sayur hingga setengah matang atau mendekati matang asalkan belum terlalu lunak. Hal ini membantu sayur tetap terjaga kandungan gizinya.

 

2.        Memasak Sayur Terlalu Lama

Kesalahan memasak sayur yang kedua ini enggak jauh beda dari yang pertama. Selain karena sudah lunak, pasti memasak sayur dengan cara ini adalah karena terlalu lama dipanaskan dan tidak segera diangkat. Memasak sayur terlalu lama juga dapat mengubah zat gizi menjadi racun sehingga dapat memberikan pengaruh buruk pada tubuh. Bukannya sehat malah jadi sakit nih.

 

3.        Memanaskan Kembali Sayur yang Sudah Matang

Sayur dirumah masih banyak, tapi sayang kalau harus basi karena belum habis dimakan? Hindari memanaskan sayur kembali untuk dimakan esok hari. Cara ini merupakan sebuah kesalahan yang tidak seharusnya kamu lakukan ya, karena sayur yang dipanaskan sudah tidak sehat dan berubah menjadi racun jika dikonsumsi oleh tubuh kamu.

 

4.        Memasak Sayur dengan Api Besar

Kalau kamu adalah orang yang sibuk dan ingin cepat selesai memasak makanan supaya bisa dibawa untuk bekal, coba diingat kembali apakah kamu orang yang memasak sayur di kompor dengan api besar supaya cepat matang? Jika kamu menjawab iya, maka waktu kamu untuk memasak makanan perlu lebih awal nih. Alasannya karena memasak sayur dengan api besar juga dapat merusak kandungan gizi didalamnya. Masaklah sayur dengan tingkat kebesaran api setengahnya saja. Bukan masak dengan api kecil ya, kelamaan jadinya enggak matang-matang nanti.

 

5.        Air Rebusan Terlalu Banyak

Air rebusan untuk memasak juga perlu diperhatikan agar sayur yang dimakan tetap menyehatkan untuk dikonsumsi. Pastikan sebelum memasak sayur, ukur berapa banyak sayur yang kamu gunakan dan seberapa air yang dibutuhkan. Jika air yang kamu masukkan terlalu banyak dan tidak seimbang dengan sayurnya, hal ini dapat mengakibatkan gizi yang terkandung dalam sayuran akan terurai oleh air rebusan tersebut.

 

6.        Memotong Ukuran Sayur Terlalu Kecil

Seberapa besar ukuran sayur yang dipotong untuk dimasak juga ada tolok ukurnya lho. Seperti halnya brokoli dan bunga kol, potong ukuran sewajarnya jika sudah kecil jangan dipotong kembali menjadi dua bagian dan menjadikan sayur tersebut rontok. Sayur lainnya seperti bayam, disarankan untuk dipotong masih menempel dibatang kecilnya dan bukan hanya sekedar daunnya, karena hal tersebut membuat bayam akan cepat mengurai dan hilang gizi saat direbus dalam air.  

 

7.        Dikukus Lebih Baik

Apakah selama ini kamu memasak sayur dengan cara direbus? Mungkin sebagian besar cara ini dilakukan oleh semua orang ya. Namun perlu kamu ketahui nih, memasak sayur paling direkomendasikan adalah dengan cara dikukus atau dipanaskan dalam microwave. Hal ini dipercaya mampu mengikat gizi dalam sayuran tetap ada dan tidak terurai jika dibandingkan dengan dimasak dalam air.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memasak sayur ya. Pastikan kamu makan-makanan yang bergizi dan baik untuk tubuh kamu maupun keluarga, supaya kamu bisa terus menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat dan pastinya enggak cuma bisa dimakan tapi bisa memberi manfaat untuk tubuh kamu.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Saya menyukai dunia menulis dimana saya sangat tertarik tentang psikologi. Saya dapat menulis banyak hal tentang psikologi maupun hal-hal menarik lainnya. Saya ingin bisa membukukan ide-ide saya tentang psikologi.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah