Berjualan di Instagram dan Raup Untung Jutaan dengan 5 Aplikasi Gratis Ini

Berjualan online shop di Instagram

Siapa yang tak mengenal aplikasi sosial media Instagram? Sejak diluncurkan tahun 2010, kehadirannya kian diganderungi masyarakat dari segala usia. 

Bahkan kini, Instagram tak hanya berkembang menjadi platform media sosial saja namun juga sebagai e-commerce favorit masyarakat untuk berbelanja. 

Fitur-fitur pendukung pun turut ditambahkan untuk menunjang para pelaku bisnis online shop di Instagram. Misalnya Instagram bisnis. 

Meski begitu, menjamurnya seller online shop menjadi salah satu tantangan yang harus dilalui agar seller tak kehilangan pembeli. 

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara agar bisa bersaing dengan para seller lain sekaligus meningkatkan omset penjualan. Salah satunya dengan menggunakan 5 aplikasi marketing tools ini. 

1. Hastag Inspector-Instagram

Aplikasi Marketing Tools Instagram

Salah satu cara untuk menarik pembeli dan agar produk kita dikenal banyak orang ialah dengan menyematkan hastag di unggahan foto atau video di Instagram. 

Nah, aplikasi ini berguna untuk mencari hastag-hastag terpopuler di Instagram sesuai dengan produk yang anda jual. Misalnya, anda menjual kaos kaki.

Maka tinggal ketik kata kuncinya di aplikasi tersebut dan secepat kilat Hastag Inspector akan memberikan puluhan daftar hastag terpopuler dan paling banyak digunakan oleh pengguna Instagram. 

Selain mencari hastag terpopuler di Instagram, Hastag Inspector juga bisa mencari hastag dari sosial media lainnya seperti Twitter, Facebook, hingga Tik Tok. 

Hastag ini berguna untuk meningkatkan interaksi dengan para user Instagram lain. Misalnya menaikkan followers dan like. 

2. Apphi- Schedule Posts for Instagram 

Aplikasi Marketing Tools Instagram

Sesuai namanya, aplikasi Apphi ini mempermudah para seller atau user Instagram untuk mengatur jadwa upload foto. Hal ini penting agar anda bisa konsisten mengunggah foto di jam-jam aktif pengguna Instagram. 

Pengaturan jadwal juga bisa disesuaikan dengan hari dan jam tertentu. Selain itu, aplikasi ini berguna untuk membuat feeds Instagram anda terlihat lebih menarik sebelum di unggah. Sehingga meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil yang berdampak besar bagi followers bahkan omset penjualan anda. 

3. Crowdfire: Social Media Manager 

Aplikasi Marketing Tools Instagram

Nah, aplikasi ini berguna untuk mengetahui pengguna mana yang berhenti mengikuti anda di Instagram dan mengirim pesan otomatis ke setiap followersmu. 

Sehingga kamu bisa memantau mana user Instagram yang tepat untuk pangsa pasar mu dan mana yang tidak. 

4. VSCO dan Pinterest 

Aplikasi Marketing Tools Instagram

Produk sudah murah, kualitas baik, pelayanan juga bagus, lalu mengapa masih sepi pembeli? Mungkin jawabannya ada pada kualitas foto produk yang anda miliki. Sebagai pelaku bisnis online shop, kualitas foto produk menjadi hal yang sangat penting. Sebab, pembeli olshop tak bisa melihat dan memegang langsung produk yang akan ia beli. Satu-satunya cara untuk meyakinkan pembeli ialah dengan kualitas foto,angle dan pemilihan filter yang baik.

Ada banyak filter edit foto yang diganderungi banyak orang, namun VSCO menjadi salah satu yang paling banyak dimiliki hampir oleh semua user Instagram. Sebab, filternya yang banyak dan penggunaannya yang mudah menjadikan VSCO diminati banyak kalangan. 

Nah, jika anda belum mengerti akan memfilter foto anda seperti apa? Bisa menggunakan aplikasi penunjang seperti Pinterest. Di Pinterest, anda akan melihat banyak referensi filter foto menarik yang sesuai dengan produk anda. 

Selain itu, di Pinterest, anda juga bisa mencari rumus-rumus filter-filter unik yang bisa anda tiru agar foto-foto anda lebih menarik.

5. Iklan Sponsor di Facebook

Aplikasi Marketing Tools Instagram

Iklan berbasis sponsor ini memerlukan aplikasi Facebook. Namun sebelum itu, pastikan akun Instagram olshop anda sudah di-setting menjadi Instagraam Bisnis ya. 

Selanjutnya tinggal mempromosikan produk yang memiliki engagement terbanyak agar bisa diiklankan. Nah, nantinya iklan bersponsor ini akan muncul di akun-akun user Instagram lain yang sesuai dengan wilayah serta demografi minat dan hobi yang anda pilih. 

Sayanganya, untuk beriklan sposnsor ini anda harus membayar mulai dari Rp 5 ribu hingga tak terbatas tergantung target user anda. 

Baca juga : Langkah-langkah mendapatkan penghasilan dari hobi menulis

Nah itu tadi lima aplikasi marketing tools yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan omset online shop anda di Instagram. Semua aplikasi tersebut tersedia di Apple Store maupun Play Store ya. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang masih berusaha tetap menulis.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah