Orang Tua Harus Tahu, Berikut Penyebab Diare pada Balita!

Diare merupakan sebuah penyakit saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair. Biasanya terjadi paling sedikit 24 jam. Diare bisa menyerang siapa saja, mulai orang dewasa, anak-anak bahkan pada bayi dan balita. Sebagai orang tua, sangat diharuskan mengenali berbagai ciri-ciri diare pada buah hati dan cara tepat untuk memberi pertolongan pertama. Tidak perlu panik ya bunda. berikut penyebab diare pada anak yang perlu orang tua ketahui:

 

Keracunan zat tertentu pada makanan yang dikonsumsi

Beberapa kasus yang sudah-sudah, menyebutkan bahwa salah satu pemicu diare adalah disebabkan oleh keracunan makanan. Biasanya, ditandai dengan dibarengi muntah-muntah dan si kecil rewel. Bisa jadi disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi buah hati terkontaminasi oleh berbagai kuman, seperti Salmonella.

Infeksi

Bayi memang ketahanan imun tubuhnya masih belum sekebal orang dewasa. Sudah wajar jika mudah terserang penyakit seperti mudah sakit, batuk dan lain sebegainya. Begitupun dengan diare yang salah satunya di sebabkan oleh infeksi yang dialami budah hati. Yang seringnya diakibatkan oleh infeksi virus, bakteri dan parasit.

Metode penularan infeksi penyebab diare ini beragam. Bisa secara langsung maupun tidak langsung. Namun seringnya, jalur masuknya kuman penyebab diare diawali melalui mulut. Hal ini dikarenakan, balita suka sekali memasukkan apapun kedalam mulutnya, baik mainan, atau benda-benda lainnya. Yang kadang tanpa disadari, tangan si buah hati dalam keadaan kotor. Kadang juga sering menggigit kuku. Selain itu kadang juga disebabkan karena ibu atau pengasuh lupa tidak mencuci tangan terlebih dahulu saat menyuapi buah hati makan.

 

Mengonsumsi obat-obatan

Kadang kala, diare disebabkan karena si kecil tidak cocok dengan obat yang ia konsumsi. Seperti antibiotik dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, jika ternyata si buah hati diare disebabkan mengonsumsi obat antibiotik segera hubungi dokter. Dan jangan menghentikan memberi obat kepada si buah hati atau mengubah dosisnya tanpa petunjuk resep dokter.

 

Itulah sahabat tulisanku, artikel tentang penyebab diare pada balita. semoga bermanfaat.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Menulislah seperti bernafas

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah