Pendakian Gunung Prau Via Kali Lembu

 

GUNUNG PRAU - Banyak yang sudah tau bahkan datang ke Prau. Apalagi tempat ini sudah tidak asing bagi para pendaki. Selain jalur treknya yang mudah dilalui baik pemula atau ahlinya, Prau juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Ketinggian gunung prau yaitu 2565 MDPL yang terletak dikawasan Dieng Wonosobo. Namun Letak sesungguhnya yaitu berada diantara Kabupaten Batang, Kendal dan Wonosobo. 

Gambar Selamat datang gunung prau(Tenda-inspirasi.com)

 

Ada beberapa jalur menuju puncak prau namun disini saya bercerita tentang treking via Kali Lembu. Kenapa via Kali lembu ? Karena menurut rekan mendaki saya Kali Lembu termasuk treking yang mudah dilalui untuk pemula. Dan saat itu saya baru pertama kali ke gunung prau walaupun ke gunung lainnya sudah pernah namun kita coba yang mudah terlebih dulu.

Dan benar yang saya alami kalau via Kali Lembu treknya masih bersahabat, tidak banyak kesulitan untuk melewatinya, pemandangan juga sangat indah dan lebih tenang serta sejuk. Saya tidak mengerti dan tidak bercerita jalur lain karena belum paham, dari basecamp Kali Lembu kita melewati perkampungan warga, kemudian perkebunan lalu masuk hutan.

Jarak Basecamp menuju hutan tidak cukup jauh, kita hanya berjalan kurang lebih 15 menit jika itu dilakukan secara santai. Setelah itu akan memasuki hutan yang tidak terlalu lebat, jalan juga biasa tidak terlalu bergelombang. Kanan kiri selama perjalanan seperti pada umumnya hutan sesekali menemukan jurang diperjalan namum tidak terlalu berbahaya tapi tetap safety aja.

Keindahan Puncak gunung prau(donaeprtw.wordpress.com)

 

Tidak lama kemudian akan berada di Pos 1. Menuju puncak gunung prau akan menemui 3 pos yaitu Pos 1 Pelerenan, Pos 2 Ngetuk, dan Pos 3 Nganjir. Menurut saya via Kali Lembu tidak banyak dijamah para pendaki sebab saat itu sangat sepi hanya menjumpai beberapa orang saja. Berbeda dengan via Patak Bantengyang terkenal lebih ramai. Jadi jika ingin benar-benar menikmati perjalanan dengan pemandangan yang indah dan udara sejuk kamu bisa melalui jalur ini terutama pemula. 

 

Apa Yang Perlu Disiapkan Saat Akan Mendaki Via Kali Lembu ?

Tidak jauh berbeda dengan pendakian jalur mana saja, yang perlu disiapkan sebelum registrasi pastikan perlengkapan mendaki lengkap dan logistik cukup. Karena keselamatan dan kenyaman lebih penting. Apabila tidak membawa perlengkapan atau ketinggalan maka di basecamp Kali Lembu juga menyediakan, nah kamu bisa rental disana.

Setelah perlengkapan lengkap pastikan kesehatan tubuh juga fit, jangan memaksa mendaki jika kurang sehat atau sudah sangat lelah karena akan merugikan diri sendiri maupun tim. Yang terkahir sebelum pendakian kita melakukan simaksi atau registrasi. Tidak ada syarat yang aneh-aneh, sama halnya simaksi digunung manapun.

Mengisi data diri atau formulir, memberikan kartu identitas dan terpenting menaati aturan yang ada jangan sampai melanggar karena akan ada sanksi. Perhatikan barang apa saja yang tidak boleh dibawa maka harus dihindari.Titipkan barang yang tidak perlu dibawa ke penjaga. Untuk biaya simaksi kisaran Rp. 15.000 per/orang dan untuk parkir Rp. 10.000 permotor. 

Puncak Gunung Prau

Perlu diketahui bahwa puncak gunung prau via Kali Lembu tidak sama dengan puncak via Patak Banteng. Menurutku puncak via Kali Lembu lebih sepi dan tidak banyak dikunjungi mungkin sebab dari jalurnya tidak banyak dilewati. Jadi menuju puncak dengan view hitsnya Prau kita perlu berjalan lagi kurang lebih 15 menit.

Sebab puncak itu berada di puncaknya via Patak Benteng. Melewati bukit teletabis dan padang gurun. Maka disitu akan menemukan banyak pendaki dan camp area. Di prau banyak camp area yang disediakan jadi tidak perlu khawatir ketika penuh. Suhu dingin di gunung prau masih batas wajar namun kadang juga sangat dingin. maka tetap waspada jika terjadi badai. 

 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Semua manusia tidak sempurna namun bagaimana caranya membuat kesempurnaan dengan apa yang ada pada dirinya.

Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu