5 Tips Ampuh Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kita

Pada zaman sekarang ini persaingan di dunia pekerjaan semakin ketat. Jadi, ada baiknya bagi kita pula untuk mempersiapkan diri kita agar kita bisa bersaing di masa depan. Nah salah satu cara bagi kita untuk bisa bersaing dalam dunia pekerjaan kita adalah dengan memperdalam dan memperkaya kemampuan (skill) Bahasa Inggris kita.

 

Mengapa demikian? Karena Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang hampir digunakan di seluruh dunia dan tentunya penting bagi kita untuk menguasai berBahasa Inggris.

 

Pasti kita bertanya-tanya mengapa Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional dan kenapa Bahasa Inggris juga sangat berguna di masa depan. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa tertua di dunia yang muncul pada abad 8 dari dataran britania. Kosa kata bahasa tertua ini pun terus bertambah 8.500 kata setiap tahunnya dan hingga kini telah mencapai 1.022.000 kata. Jumlah itu pun jauh lebih banyak dibandingkan dengan kosa kata negara  kita yang hanya terdapat  91.000 kosa kata. Selain itu Negara Inggris merupakan negara yang maju. Hal itu terlihat dari inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan yang banyak dari Negara barat. Ilmuwan-ilmuwan, essay-essay, penemuan-penemuan baru, dan inovasi yang di Negara barat sana perkembangannya sangat cepat. Pada zaman dahulu pun Kerajaan Inggris adalah kerajaan dengan wilayah jajahan terluas di dunia dengan luas  26.000.000 km persegi dan disebut sebagai "kerajaan dimana matahari tidak pernah tenggelam". Oleh karena itu Bahasa Inggris sangat familiar di berbagai negara terutama di negara-negara bekas jajahan Inggris. Makanya Bahasa Inggris sangat berkembang dengan cepat di dunia.

 

Lalu mengapa Bahasa Inggris sangat penting dalam dunia pekerjaan? Jika kita mahir berBahasa Inggris maka kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak pun terbuka sangat lebar.  Terutama bagi kalian yang ingin sekali bekerja di luar negeri. Ya, itu Karena Bahasa Inggris banyak digunakan dalam bahasa sehari-hari di banyak negara. Jadi jika kalian menguasai Bahasa Inggris maka seolah-olah anda sudah menggenggam kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan di bagian bumi manapun dan dengan mahir berbahasa Inggris anda akan mudah diterima di mata dunia. Selain itu anda juga akan dipandang lebih tinggi dan pasti akan sangat dibutuhkan dalam bekerja karena kemampuan berBahasa Inggris anda.

 

Lalu bagaimana cara kita untuk meningkatkan kemampuan berBahasa Inggris kita? Berikut adalah tips-tips yang sekiranya bisa meningkatkan kemampuan berBahasa Inggris kita. Dan beberapa diantaranya bahkan bisa dilakukan sambil rebahan di kasur loh kalian pasti penasaran, berikut tips-tips nya

 

1. Membaca Buku/Artikel Dalam Bahasa Inggris

Tuh kan bisa sambil rebahan hihihi

Dengan membaca buku/artikel dalam Bahasa Inggris kita bisa banyak memahami kosa kata dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kita juga bisa banyak mendapatkan informasi dan pengetahuan yang mungkin kita belum ketahui sebelumnya di dalam buku/artikel yang kita baca tersebut.

 

2. Menonton Film

Menonton film ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan berBahasa Inggris kita loh. Dengan menonton film kita tidak hanya belajar berbagai kosa kata baru dalam Bahasa Inggris. Tapi kita juga bisa belajar cara pengucapan (pronunciation) kata dalam Bahasa Inggris dengan ekspresi yang sesuai. Lalu dengan menonton film, kita juga bisa mengetahui lebih dalam kultur/budaya di negara-negara barat sana.

Baca juga : Tips sukses kuliah di tahun pertama

 

3. Mendengarkan Musik

Kita semua pasti suka mendengarkan musik kan? Kita bisa merasa lebih tenang dan bahkan kita bisa menemukan jati diri kita dengan mendengarkan musik. Nah mendengarkan musik pun juga bisa untuk meningkatkan kemampuan berBahasa Inggris kita. Dengan mendengarkan musik, kita bisa melatih meningkatkan kemampuan pendengaran (listening) kita dalam Bahasa Inggris dengan baik. Dan biasanya dalam musik-musik zaman sekarang terdapat sekali musik yang liriknya terdapat bahasa gaul (slang), keren kan?

 

4. Mengikuti Kursus/Les Bahasa Inggris

Nah ini mungkin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berBahasa Inggris kita. Kita tidak hanya akan diajarkan untuk belajar kosa kata, listening, atau pronunciation saja. Tapi disini kita akan diajarkan untuk menulis dalam Bahasa Inggris sepertu menulis teks, paragraf, cerita dengan penggunaan tata bahasa (grammar) dan struktur kata yang benar. Selain itu, kita juga diajarkan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tapi jangan khawatir dengan biaya karena sekarang banyak tempat les/kursus Bahasa Inggris dengan biaya yang terjangkau. Anda juga bisa mengambil kelas dengan guru yang datang langsung dari luar negeri (native speaker).

Baca juga : Mahasiswa semester akhir wajib tahu, Tips jitu menyelesaikan skripsi tepat waktu

 

5. Membawa Kamus

Oh iya pastikan anda tidak lupa membawa kamus ketika belajar Bahasa Inggris entah di rumah ataupun di sekolah. Karena pasti kita akan menemukan banyak kosa kata yang kita tidak ketahui arti/maksudnya kan? Kalau anda membawa smartphone anda bisa menggunakan Google Translate.

 

Nah itu tadi beberapa tips yang sekiranya bisa meningkatkan kemampuan berBahasa Inggris kita. 

Belajar Bahasa Inggris memang sangat penting untuk zaman sekarang ini terutama dalam dunia pekerjaan yang semakin tahun semakin meningkat persaingannya. Dengan menguasai Bahasa Inggris kita dapat mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk melamar kerja. Jadi ada baiknya kita harus meningkatkan kemampuan berBahasa Inggris kita dari sekarang meski dari hal terkecil sekalipun. Dan tentunya itu semua untuk kebaikan kita semua untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan. Jadi tunggu apa lagi mari kita persiapkan diri kita untuk menghadapi masa depan dengan belajar Bahasa Inggris lebih giat!!

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah