Penyebab jerawat dan cara mengatasinya secara alami

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu gangguan kulit yang sering muncul di area wajah ini. Betul skali jerawat, jerawat ialah salah satu gangguan yang menyerang kulit terutama pada wajah. Jerawat sendiri disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang menyebabkan tersumbanya saluran rambut dan juga pori-pori.  Selain minyak berlebih, penyebab munculnya jerawat juga hormon dalam tubuh, tumpukan minyak yang berkolaborasi dengan bakteri. Selain itu, ada juga gejala saat jerawat ini akan muncul, diantaranya adalah:

jerawat

 

1. Tumbuhnya benjolan bewarna kemerahan atau kekuningan.

2. Adanya rasa gatal pada benjolan tersebut.

3. Biasanya timbul rasa panas akibat dari peradangan.

Siapa sih yang ingin mempunyai gangguan kulit seperti jerawat tentu hal itu akan sangat mengganggu kepercayaan diri khususnya kaum hawa. Jika kalian tidak ingin jerawat muncul mari lakukan pencegahan ini. Yuk simak pembahasannya:

1. Selalu bersihkan make-up saat akan tidur.

2. Cuci muka maksimal 2 kali sehari dengan menggunakan facial foam (sabun wajah) yang bebas minyak.

3. Usahakan mengelola stress dengan baik. Karena ternyata stress juga menjadi faktor penyebab tumbuhnya jerawat lo.

4. Hindarilah memakai pakaian yang ketat, karena itu dapat menyebabkan kulit sulit untuk mendapatkan oksigen.

5. Hindari produk-produk kosmetik yang mengandung banyak minyak.

6. Dan tentunya harus menjaga kebersihan tubuh.

Nah, berikut ini adalah bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan alami dan bahan bahannya pun pasti mudah ditemui, yuk simak teman teman:

1. Gunakan Masker soda kue dan air

Soda kue atau sudah biasanya disebut dengan baking soda ini tidak hanya menjadi bahan pembuat kue saja, anda juga bisa menggunakan soda kue ini untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Selain jerawat yang sifatnya biasa, menggunakan masker berbahan dasar soda kue ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat batu lo. Soda kue atau baking soda ini memiliki manfaat dapat penyeimbang PH kulit untuk mencegah jerawat tersebut. Bahkan tidak menjadi penyeimbang, soda kue ini juga bisa dijadikan antiseptik dan juga anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat yang sifatnya membandel.

Caranya adalah:

  •  Campurkan 2 sdm soda kue dengan air secukupnya dan aduk hingga mngental.
  •  Sebelum diaplikasikan ke wajah sebaiknya anda mencuci wajah terlebih dahulu, agar tidak ada sisa-sisa kotoran dan debu.
  •  Aplikasikan soda kue ke seluruh wajah secara merata.
  • Tunggulah selama 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat

Setelah pemakaian masker wajah tersebut, wajah anda akan menjadi cukup kering dari sebelumnyya, sehingga dapat mengurangi produksi minyak berlebih dikulit.

2. Menggunakan masker alpukat dan madu

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin E yang bisa menembus pori-pori kulit sehingga bisa meredekan peredangan akibat jerawat. Sedangkan si madu sendiri mengandung banyak hidrogen peroksida yang bisa menghilangkan bekas jerawat dengan alami dan cepat.

Caranya adalah:

  • a. Ambilah setengah bagian dari alpukat dan haluskan sampai benar-benar halus.
  • b. tambahkan 1 sdm madu.
  • c. aplikasikan masker ini ke seluruh bagian wajah hingga merata, lalu diamkan selama 15 menit.
  • d. Setelah itu, bilas mnggunakan air hangat. 

 

3. Menggunakan masker yogurt

Yogurt mengandung banyak bakteri baik, asam laktat dan juga asam alfa hidroksi yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Caranya:

  • .      Campur  satu sdm madu dan 2 sdm yogurt
  • .      Aduk hingga rata
  • .      Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  • .      Lalu bilas dengan air hangat.

4. Menggunakan masker Jeruk nipis

Jeruk nipis hamper memiliki efek dan manfaat yang sama dengan lemon lo. Caranya potong jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras kemudian campurkan dengan 2 sdm madu. Lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Menggunakan bawang putih

Kalian harus tau bahwa bawang putih tidak hanya berkhasiat untuk bumbu dapur saja lo. Tetapi juga dapat membantu menghilangkan dan mengurangi peradangan pada kulit karena bawang putih merupakan anti-virus, ati-jamur, anti-oksidan dan juga anti-septik. Oleh karena itu kesahatan kulit terus terjaga. Selain itu, bawang putih memiliki zat sulfur yang sangat ampuh di dalam proses pembasmian masalah kulit seperti jerawat. 

Caranya cukup siapkan 1 siung bawang putih. Anda dapat menggunakannya dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan membagi menjadi 2 kemudian gosoklah pada jerawat. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat atau anda dapat menghaluskannya lalu mengaplikasikannya pada wajah sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. masker putih telur

           Putih telur Mengandung banyak sekali enzim lysozim yang bisa mengahancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga dapat mengecilkan dan menyamarkan pori-pori serta dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat. Baunya memang sedikit amis. Oleh karena itu, anda bisa menambahkan sedikit person jeruk nipis ataupun lemon.

Dengan cara ambil 1 butir telur yang sudah dipisahkan dengan kuning telurnya lalu kocok putih telur hingga mengembang campurkan 1 sdm air perasaan jeruk nipis atau lemon tadi , aplikasinya pada wajah secara merata lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga : Tips sukses menurunkan berat badan ala arya 109kg dalam tiga tahun

7. Menggunakan es batu

Es batu memiliki mafaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Lancarnya peredaran darah bisa membantu menghilangkan jerawat yang sifatnya membandel.

Caranya ambil es batu secukupnya, bungkuslah dengan kain bersih lalu letakkan pada jerawat dan diambkan beberapa detik. Lakukan cara ini secara rutin sampai jerawat terlihat mengempis.

 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah