Inilah Sejarah Berenang Yang Belum Kalian Ketahui

sejarah renangSumber gambar resaja.com

Sejarah Singkat Berenang 

Berenang merupakan  kegiatan kuno yang telah terjadi sejak air dan manusia ada di bumi. Gambar prasejarah dari bagian barat daya di Mesir telah menunjukkan dokumentasi asli tentang orang yang berenang.

Pada petunjuk itu kelihatannya menunjukkan dayung atau gaya dada anjing, tetapi ini mungkin lebih ritualistik daripada apa pun. Tentu saja, secara kuno, berenang dilakukan karena itu diperlukan untuk bertahan hidup. Apakah orang perlu menyeberangi sungai ke tempat yang aman di sisi lain atau sekadar tahu cara menapak air untuk mencegah tenggelam, berenang sudah pasti jauh sejak zaman dahulu. Inilah sejarah berenang dalam arti kompetitif seperti yang dikenal saat ini.

Mengenali Olahraga Renang 

Inggris diakui sebagai negara pertama yang berpartisipasi dalam renang sebagai rekreasi dan olahraga kompetitif. Pada tahun 1837, kompetisi diadakan di kolam buatan manusia di London.

National Swimming Society di Inggris mengorganisasi kompetisi yang tumbuh dengan cepat dalam popularitas. Kolam renang indoor pertama dalam sejarah renang dibangun pada tahun 1862 di Inggris.

Segera, lebih banyak kolam dibangun dan organisasi renang lain didirikan pada tahun 1880. Itu dikenal sebagai Asosiasi Renang Amatir Inggris Raya, sebuah organisasi dengan lebih dari 300 klub anggota. Gaya renang utama yang digunakan dalam kompetisi adalah gaya dada dan gaya samping yang baru dikembangkan.

Memasuki Masa Olimpiade

Renang menjadi perlombaan Olimpiade pada tahun 1896 sebagai olahraga dalam kategori laki-laki. Para atlet renang berkompetisi di kategori Freestyle 100 meter dan 1500 meter.

Lebih banyak acara Olimpiade segera ditambahkan selama sejarah renang, termasuk gaya:

  • Gaya dada.
  • Gaya punggung.
  • Gaya kupu-kupu.
  • Gaya ganti individu.

Beberapa Olimpiade pertama yang menampilkan renang tidak termasuk wanita.

Baru pada tahun 1912 renang para wanita memulai debutnya. Sekarang ada 16 perlombaan yang diadakan untuk pria dan wanita, total 32 semuanya, di setiap Olimpiade Musim Panas. Olimpiade Khusus juga memiliki 22 kategori renang untuk pria dan wanita, total 44 seluruhnya.

Baca juga : 5 Hal yang tidak boleh dilakukan, saat melakukan aktivitas olahraga

Memodifikasi Dalam Kecepatan Renang

Modifikasi dalam teknik berenang terjadi melalui titik ini dalam sejarah renang karena berbagai negara mengubah cara mereka mencapai gaya punggung dan gaya dada. Ini terjadi antara 1935 dan 1945 hingga 1950-an, menciptakan kontroversi di Olimpiade.

Sekitar waktu yang sama ini, kekurangan perang menuntut pengurangan kain untuk membuat pakaian renang. Dengan demikian, pakaian renang dua potong pertama diciptakan pada tahun 1943.

Tata cara untuk memenangkan medali emas di Olimpiade berubah pada saat ini karena perenang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah air untuk mendapatkan keuntungan kecepatan. Dan teknik ini merupakan teknik yang masih digunakan hingga sekarang.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 24, 2019, 1:44 AM - Penyair Muda