Seni Kreatif Hasilkan Duit

Era digitalisasi ciptakan banyak peluang,dari informasi sampai teknologi,dari karya seni kreatif sampai dengan ekonomi.Semua memberikan peluang terbaik bagi siapa saja yang mau untuk lebih menggali potensi,mau sedikit berusaha dan bersusah payah merealisasikan peluang yang tercipta.

kontes custom carnival

Salah satu dari banyak hal dengan perkembangan pesatnya adalah karya seni kreatif.Bagaimana mereka mampu menciptakan peluang ekonomi dari karya-karya seni mereka,menjadikan karya itu sebagai landasan kehidupanya sekaligus memberikan penghasilan yang tak terkira.

Perkembangan seni kreatif memang tak luput dari kemajuan ekonomi masyarakat kita.Tingkat perekonomian yang berkembang sekaligus memberikan kesempatan bagi bidang usaha tersier untuk mencapai tingkat kemajuanya.Mulai dari seni rupa,seni tari,seni musik,dan eksplorasi imajinasi menciptakan karya seni kreatif tak ternilai.

South Malang Custom Carnival adalah salah satu komunitas bagi para kreator dan pecinta karya seni kreatif khususnya kostum karnaval di daerah Malang Selatan.Mereka mendesain dan membuat kostum-kostum unik untuk kegiatan event karnaval maupun event-event lain.Ketekunan mereka mengkreasikan hobi dan minatnya menjadikan karya-karya seni mereka sebagaiĀ  lahan mendapatkan duit untuk kemajuan ekonomi mereka.

Keseriusan mereka dimulai sekitar 2 tahun yang lalu.Bermula dari event Agustusan di desa setempat,mereka menampilkan berbagai macam kostum karnaval berpawai bersama.Event perdana mereka ternyata menarik perhatian beberapa pengunjung sehingga gayung pun bersambut dengan masuknya beberapa orderan untuk membuat kostum karnaval.

Dari hari ke hari semakin banyak event yang mereka ikuti,berpartisipasi dalam beberapa kontest baik lokal maupun luar daerah.Dari keikutsertaan dalam beberapa event menjadikan mereka semakin berbenah dalam proses pembuatan maupun peningkatan skill mereka.Semakin banyak melihat keunggulan dan kelemahan dari karya mereka serta mengolah dan meningkatkan informasi untuk peningkatan kualitas serta perfoma dari karya seni kreatif mereka.

Sekarang,2 tahun berlalu dari pertama mereka berkreasi.Semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan mereka,membuat bertambah juga order kostum mereka.Beberapa dari luar kota bahkan hingga Solo sampai Jogjakarta.Order dari luar pulau pun berdatangan,Kalimantan,Sulawesi bahkan Maluku pun juga datang.Karya seni kreatif mereka benar-benar mendatangkan penghasilan,duit pun mengalir dari tangan-tangan terampil mereka.

Banyak hal yang bisa kita lakukan agar bisa membuka peluang kemandirian,mencari sedikit celah untuk tetap eksis,menjaga daya saing sekaligus kompetitif dalam usia muda.Pekerjaan bukan saja terpatok pada hal-hal umum dan formal tapi ada banyak hal yang bisa kita ciptakan.Seni kreatif seperti apa yang mereka kerjakan telah membuka peluang baru bagi terciptanya peluang kerja sekaligus peluang peningkatan ekonomi.

Kini dengan segala pengalaman,keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru,berusaha keras dalam setiap prosesnya menjadikan karya mereka semakin bernilai.Bukan hal yang mustahil mendapatkan peluang serta keuntungan ekonomi dari sebuah karya seni.Bukti nyata bahwa mereka bisa produktif dan lebih dari sekedar menghasilkan duit dari seni kreatif.

Tidak ada kemudahan dalam setiap awal perjalanan,selalu membutuhkan pengorbanan baik waktu,keringat,materi bahkan kemapanan diri.Hanya dengan bekerja keras,maksimal dalam setiap prosesnya menjadikan karya seni mereka bisa dihargai.Bukan hanya duit tapi kebanggaan diri serta kemapanan mental dari proses perjalanan usaha mereka yang akan membuat mereka yakin akan dapat melalui proses kesulitan dan halangan.

Motivasi dan ide serta keberanian untuk mencoba mengerjakan sesuatu adalah kunci dari sebuah arti kesuksesan,peluang perlu diciptakan bukan ditunggu untuk menghilang.Begitu kira-kira pelajaran yang bisa kita petik dari perjuangan mereka.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Pedagang makanan,berumah tangga,home city malang,seneng bgt nulis kesusastraan,puisi khususnya..pernah jadi guru privat untuk anak SD,pernah kerja jd admin..nginput data proyek..nyoba nulis artikel mg cocok dgn style saya

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah