Solusi Buat yang Minder sama Masa Lalu

Pernah merasa gak sih kalo dirimu yang dulu itu gak banget? Pokonya beda 180 derajat sama yang sekarang. Jadinya ketika orang lain ngomongin tentang kamu yang dulu, kamu merasa minder dan malu. Sejak saat itulah kamu merasa bahwa masa lalu adalah sebuah aib yang harus disembuyikan.  

Rasanya bahasan masa lalu di masa yang sekarang ini pantang banget buat diomongin. Sadar atau gak sadar, kamu lebih menutupi kekuranganmu di masa lalu dengan tidak membahasnya sekarang ini. Tentu itu bukan hal yang keliru, karena manusia itu selalu ingin tampil sempurna di hadapan orang lain, terkadang bukan karena dia ingin dipuji melainkan karena tidak ingin dikasihani.

Tapi perasaan itu malah membuat kamu menyudutkan masa lalu dan akhirnya seperti ingin memusnahkannya dari dunia ini. Padahal kalau kita lebih jeli, ternyata masa lalu itu menyimpan sebongkah pelajaran berharga khususnya bagi kita sendiri dan umumnya bagi orang lain.

 

1. Masa lalu adalah sebuah alasan tentang adanya kita yang sekarang

(kompasiana.com)

 

Masa lalu adalah sebuah bagian dari proses kehidupan. Gak ada asal usulnya seseorang bisa jadi sukses tanpa sedikit pun merasakan sebuah kepahitan hidup sebelumnya. Semuanya pasti punya masa lalunya masing-masing yang menjadi alasan dirinya seperti sekarang ini.

Itu berarti ketika kamu gak punya satu pun pengalaman hidup di masa lalu, kamu yang sekarang gak bakal ada. Singkatnya ada sebuah kesinambungan antara masa lalu dan masa yang sekarang kamu jalani. Gak bisa dipisah-pisahin.

Hal yang harus dilakukan adalah bersyukur. Bersyukur karena masih bisa merasakan kepahitan masa lalu dan menghirup udara segar hari ini. Karena dengan kepahitan masa lalu, kamu bisa mengambil pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang sekarang ini.

 

2. Jangan pernah berpikir untuk menghapus masa lalu

Kalau kamu pernah berpikir untuk menghapus masa lalu, buru-buru sadar deh karena hal itu bukan pilihan yang tepat. Menghapus masa lalu sama dengan merubah masa yang sekarang dan masa depan, tepat seperti yang kita bahas tadi. Masa lalu dan masa yang sekarang ini gak bisa dipisah-pisahin.

Dengan artian kalau kamu pengen merubah masa lalu itu artinya kamu yang sekarang gak bakal ada, padahal mungkin keadaan kamu yang sekarang itu jauh lebih baik dibandingkan dulu. Lagipula kamu harus tahu bahwa kenyataannya seberapa ingin kamu merubah masa lalu, garis waktu gak bakal berjalan mundur kan?

 

3. Jangan menganggap masa lalu seperti musuh

Sifat alami kita ketika bertemu musuh adalah menghindar, cenderung menjauhi dan menganggap semuanya negatif. Nah, jangan sampai kamu menganggap masa lalu itu seperti musuh. Menganggap semuanya negatif, seakan gak ada hal positif didalamnya.

Padahal kalau kita pikirkan lagi ternyata dengan adanya masa lalu kita bisa tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Itu semua yang dinamakan pelajaran dan di masa yang sekarang kamu bisa menjadikan masa lalu sebagai tolak ukur apakah kamu sudah menjadi pribadi yang lebih baik atau belum.

 

4. Genggam masa lalu dan terus berjalan ke depan

Terkadang ini yang membuat kita jadi minder sama masa lalu: ocehan orang! Rasanya geram ketika mendengar orang lain lagi ngebahas tentang masa lalu kita, iya kan?

Tapi tenang, memang banyak orang di luar sana yang gak tahu seberapa berat kamu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari pribadimu di masa lalu. Jadinya gak heran mereka yang mengomentari masa lalumu dengan sesuka hati.

Bahkan gak jarang mereka melontarkan ejekan-ejekan yang membuatmu ingin lari ke belakang dan menyerah atas semua usaha yang kamu lakukan. Tapi perlu kamu tahu, ketika kamu menyerah maka semuanya akan sia-sia. Kamu yang akan menanggung rugi, bukan mereka.

Pikirkan tentang untuk siapa kamu berubah, pastinya bukan untuk mereka, tapi untuk dirimu sendiri. Jadi, teruslah berjalan ke depan dan genggam masa lalu di tanganmu.

 Baca juga : 4 Perubahan pada diri supaya menjadi lebih baik

Nah, sekarang udah tahu kan kalau masa lalu itu gak seburuk apa yang kamu pikirkan? Ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari masa lalu dan hanya kamu aja yang tahu itu.

Selain itu, pelajaran-pelajaran berharga dari setiap kisah masa lalumu, bisa kamu share ke semua orang sebagai sebuah motivasi bagi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Lihat, betapa berharga banget kan masa lalu itu? Jadi, apa masalahnya dengan masa lalu ketika kamu masih punya masa depan yang bisa kamu perjuangkan? Let’s move up!

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Mahasiswa Bahasa Jepang

Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu