Tips Digital Marketing Via Instagram

Bagaimana cara memasarkan produk kita menggunakan media sosial seperti instagram? Semua orang tampaknya saat ini sudah mulai beralih dari media sosial facebook ke Instagram, meskipun IG sendiri adalah kepunyaan dari Facebook. Kita semua tentunya masih ingat facebook benar-benar mengubah cara kita berinteraksi satu sama lain. Karena semua orang menggunakan Instagram saat ini, merupakan impian bagi para marketer untuk memasarkan produk mereka, begitu juga kamu

 

Pengguna Facebook beralih ke Instagarm

 

Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna sekarang dan tumbuh setiap hari. Ini berarti bahwa jika bisnis mutidak ada di Instagram, kamu tidak hanya melewatkan kesempatan emas untuk menjual, tetapi Kamu juga tidak berkomunikasi dengan calon konsumen mu sebagai pendukung potensial yang akan membagikan setiap photo yang Kamu bagikan di timeline

 

Tips Bisnis Via Instagram

 

Instagram mengakui nilai yang dapat diberikannya untuk bisnis sangat besar dan mereka telah meluncurkan beberapa fitur yang sangat lengkap, spesifik untuk akun bisnis dan membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk membangun profil perusahaan Instagram mu

 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan profil bisnis di Instagram dengan c bara erikut:

 

Buatlah Foto profil - gunakan logo perusahaan atau bisnis mu sebagai foto profil mu, karena ini akan memungkinkan brand milik mu mudah diidentifikasi oleh Follower mu.

 

Nama Akun - ini harus nya adalah nama bisnis mu dan harus nama yang sama seperti yang Kamu gunakan di profil sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Youtube dan LinkedIn

 

Nama Pengguna - sekali lagi, gunakan nama perusahaan mu, tetapi perlu diketahui bahwa nama pengguna Instagram tidak dapat menampilkan spasi apa pun.

 

Situs web - karena ini akan menjadi satu-satunya tautan yang dapat diklik yang ditampilkan pada halaman Instagram mu, ini harus berupa tautan ke halaman landing page bisnis mu, atau ke halaman promosi terbaru milik mu.

 

Jangan khawatir apabila kamu memilih LINK  yang salah karena cukup mudah untuk mengubah tautan menggunakan fitur "Edit Profil"

 

Bio - merupakan bagian deskripsi teks yang akan mencuri perhatian pengguna Instagram dengan menampilkan slogan merek mu serta menjelaskan bisnis dan produk mu secara mendetail.

 

Kamu harus menjelaskan siapa Kamu dan apa yang Kamu lakukan dan tambahkan kata kunci spesifik yang akan menargetkan audiens mu. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memberi audiens mu cara untuk berhubungan dengan perusahaan atau bisnis mu.

 

Baca juga : Cobain Peluang Bisnis Jualan Online Via Instagram di Daerah

 

Kiat Pemasaran

 

Ingat setiap saat bahwa pemasaran adalah tentang audiens, bukan tentang mu, jadi kamu perlu membuat posting Instagram yang ingin diikuti pengguna. Buatlah jadwal postingan instagram yagn terprogram untuk lebih memilih gambar daripada teks, sehingga informasi yang ingin Kamu berikan kepada audiens mu harus visual untuk menarik perhatian mereka.

 

Hindari gaya "penjualan keras" karena ini dapat mengganggu pengguna Instagram. Kamu perlu memposting beberapa visual yang menawan dari produk mu tanpa mengoceh tentang betapa hebatnya produkt tersebut, karena sekarang pengguna IG itu adalah kaum menengah keatas, yang sudah pintar dan pandai membaca isi postingan.

 

Gambar memungkinkan audiens untuk membuat keputusan pembelian sendiri tanpa merasa tertekan dari pihak penjual seperti mu. Jadi kreatifitas lebih menarik perhatian mereka ketimbang berkoar koar tentang kualias produk mu yang belum teruji

 

Foto produk adalah salah satu alat pemasaran  yang paling kuat di Instagram, jadi pastikan itu adalah gambar kreatif yang disediakan oleh fotografer profesional. Fotografi produk adalah keahlian khusus dan Kamu perlu menyewa seorang fotografer yang dapat menceritakan sebuah kisah dengan setiap gambar.

 

Semua gambar produk harus berkualitas tinggi dan resolusi tinggi sehingga produk mu mencari yang terbaik untuk debut Instagram mereka.

 

Format Instagram akan secara otomatis membuat gambar mu menjadi persegi dalam bingkai 612 x 612-pixel, jadi Kamu perlu mempertimbangkan ini saat membuat dan memilih foto untuk memastikan bahwa tidak ada hal penting yang terpotong.

 

Kamu tidak perlu jutaan Follower  untuk sukses berbisnis di Instagram - Kamu hanya perlu pengikut yang tepat dan loyal. Mulai dari yang kecil dan menjalin hubungan dengan terlibat dengan pengguna secara satu-ke-satu.

 

Ikuti balik atau follback para follower mu, ikuti merek lain yang relevan, tetapi tidak bersaing dengan bisnis mu. Ikuti merek yang juga diikuti pengikut mu.

 

Masuki komunitas dengan menggunakan tagar. Hashtags berfungsi sebagai pembantu memfilter pencarian di Instagram untuk menemukan pengikut dan Brand yang relevan, jadi manfaatkan kekuatan dari tagar dan buat itu berfungsi untuk bisnis mu.

 

Daripada menggunakan tagar yang "penuh sesak" (seperti #beauty, atau #hair), pikirkan tagar yang lebih kecil dan niche (seperti #weddingmakeup, atau #unicornhair) yang dapat digunakan untuk menonjol dari kerumunan. Di Instagram, niche dan detail efektif dalam menargetkan orang yang tepat yang ingin membeli jenis produk yang Kamu jual.

 

Kata Penutup

 

Dan bagiamana pun yang namanya bisnis online seperti Instagram, harus dilakukan secara benar benar konsisten dan terjadwal setiap hari. Jangan sampai kamu tidak memposting hingga beberapa hari lamanya, karena ini akan merusak citra akun IG mu di mata follower.

 

Semoga bisnis diatas bermanfaat, dan jangan lupa untuk Klik Share dan bagikan artikel ini di sosial media milik mu ya, seperti di Instagram, Facebook, Whatsapp dan Twitter. Terimakasih!

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah